Berbagai Manfaat Dari Cordycep Untuk Kesehatan

manfaat cordycep untuk kesehatan

manfaat cordycep untuk kesehatan

Cordyceps merupakan nama untuk jamur kantung yang memiliki sekitar 400 spesies yang berbeda. Sebenarnya cordycep hidup dengan cara memangsa serangga maupun hewan kecil lainnya.

Salah satu spesies cordycep yang paling terkenal memiliki nama ilmiah Cordyceps sinensis. Nama cordycep berasal dari kata kordyle dari bahasa Yunani yang artinya “tongkat”, dan akhiran cep dari bahasa Latin yang berarti “kepala”.

Tumbuhan jamur yang berbentuk batang ini banyak ditemukan di benua Asia, khususnya di Nepal, China, Jepang, Bhutan, Vietnam, Korea serta Thailand. Spesies cordycep tumbuh dengan sumur di hutan-hutan subtropics serta tropis yang lembab.

Cordycep telah menjadi bagian dari kehidupan orang-orang Asia. Jamur ini telah banyak digunakan dalam berbagai ramuan untuk menunjang kesehatan selama berabad-abad lamanya. Cordycep memiliki banyak komponen kimia alami serta berbagai macam senyawa yang membuatnya sangat baik untuk dijadikan bahan ramuan dalam ilmu pengobatan tradisional.Karena sudah terkenal sejak berabad-abad, maka cordycep sering dijadikan bahan suplemen herbal untuk menunjang kesehatan. Ada yang dikemas dalam bentuk serbuk, cair, maupun kapsul. Sebaiknya belilah cordycep yang sudah dikeringkan dalam bentuk utuh.

Cordycep kering yang masih utuh juga banyak dijual dipasaran, khususnya di toko-toko yang menyediakan bahan-bahan alami untuk kesehatan. Anda bisa menambahkan cordycep kering ke dalam sup maupun diseduh dengan air hangat seperti minum teh.

Berbagai manfaat dari cordycep untuk kesehatan, meliputi:

  • Meningkatkan energy dan stamina
gambaran cordicep

gambaran cordicep

Salah satu manfaat dari cordycep adalah meningkatkan energy dan stamina. Hal inilah yang membuat cordycep banyak dicari-cari di pasaran. Khasiatnya dalam meningkatkan energy dan stamina telah digunakan sejak zaman dahulu kala. Banyak atlet maupun olahragawan yang menggunakan ramuan cordycep untuk mempertahankan energy dan staminanya. Cordycep mampu meningkatkan jumlah oksigen dalam tubuh, sehingga membuat tubuh memiliki cukup banyak energy dan stamina dalam menjalankan berbagai macam rutinitas sehari-hari.

  • Menjaga kesehatan jantung

Ada sebuah studi yang menyatakan bahwa cordycep juga baik untuk menjaga kesehatan jantung. Bahkan ada penelitian yang mengungkapkan bahwa mengkonsumsi cordycep mampu memperkecil kemungkinan seseorang mengalami gagal jantung. Hal ini terjadi karena cordycep memiliki banyak senyawa yang bersifat anti-inflamasi serta mempu mengurangi kejang otot. Hal ini nantinya akan mencegah anda mengalami aritmia jantung maupun berbagai komplikasi lainnya.

  • Menjaga kadar kolesterol dalam tubuh

Cordycep juga mampu menjaga kadar kolesterol dalam tubuh kita. Berbagai komponen dan senyawa dalam cordycep mampu menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL dengan cara memperbanyak jumlah kolesterol baik atau HDL. Hal seperti ini nantinya akan ikut melindungi jantung dan berbagai macam organ lainnya yang terkena kolesterol, seperti system metabolism serta system endokrin. Dengan mengkonsumsi teh cordycep, anda akan terhindar dari atehrosclerosis, serangan jantung serta stroke.

  • Memperbaiki fungsi pernapasan

Cordycep mampu meningkatkan jumlah oksigen yang diambil oleh paru-paru. Selain sangat baik untuk para olahragawan dan pekerja keras, hal seperti ini tentunya juga baik sekali untuk orang-orang yang pengidap gangguan pernapasan, seperti bronchitis maupun asma. Dengan semakin meningkatnya asupan oksigen dalam tubuh kita, maka kita akan terhindar dari gangguan pernapasan serta kelemahan kronis. Semakin banyaknya kadar oksigen dalam tubuh akan meningkatkan kerja system organ secara lebih optimal.

  • Mencegah kanker

Mengkonsumsi cordycep mampu mencegah terjadinya penyakit kanker maupun tumor. Berbagai senyawa alami dalam cordycep akan memperlambat penyebaran sel kanker serta membuat sel kanker menjadi lebih mudah dibasmi. Selain itu, cordycep juga mengandung antioksidan yang mempu mengurangi kadar radikal bebad dalam tubuh kita.

  • Meningkatkan system kekebalan tubuh

Mengkonsumsi cordycep akan merangsang produksi sel yang bertugas untuk membunuh berbagai macam pathogen penyebab penyakit dalam tubuh. Hal seperti ini nantiny akan mencegah terjadinya berbagai macam penyakit maupun infeksi. Dengan begitu, maka anda akan terhindari dari penyakit seperti flu dan juga kanker.

  • Mencegah penuaan dini
teh cordicep

teh cordicep

Ada beberapa penelitian yang mengungkapkan bahwa cordycep mampu membantu dalam hal meremajakan kulit, membuang sel kulit mati serta mempebaiki kondisi kulit dari gejala penuaan dini. Mengkonsumsi cordycep akan membuat kulit anda menjadi lebih sehat dan terbebas dari keriput, noda serta bintik-bintik karena usia.

  • Detoksifikasi tubuh

Meskipun masih belum diketahui mekanismenya, namun banyak penelitian yang menunjukkan bahwa mengkonsumsi cordycep mampu meningkatkan system detoksifikasi dalam tubuh kita. Kemungkinan cordycep memiliki sifat diuretic alami yang akan membuang berbagai macam racun dalam tubuh kita keluar melalui urin. Hal ini nantinya akan membuat tubuh kita menjadi lebih sehat dan organ ginjal dalam tubuh kita juga tetap dalam kondisi bersih dari racun.

Meskipun cordycep memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, sebaiknya jangan dikonsumsi secara berlebihan. Mengkonsumsi cordycep mampu menurunkan kadar gula dalam darah. turunnya kadar gula secara drastic akan sangat berbahaya bagi pengidap diabetes.

Cordycep juga memiliki kemampuan untuk mengencerkan darah. hal ini nantinya akan mempengaruhi kekentalan darah dalam tubuh kita. Sebaiknya jangan mengkonsumsi cordycep setelah maupun sebelum mengkonsumsi obat pengencer darah. Karena nantinya akan justru menyebabkan bahaya bagi kesehatan anda.