Berbagai Manfaat Dari Gula Merah

manfaat gula merah untuk kesehatan

manfaat gula merah untuk kesehatan

Gula merah atau disebut juga dengan nama gula jawa, merupakan gula yang terbuat dari getah atau cairan dari tanaman tertentu yang cukup banyak mengandung gula. Sekarang ini ada banyak sekali bahan yang bisa dijadikan gula, seperti tebu, aren, kelapa sawit serta kurma.

Gula merah tidak banyak dikenal di negara bagian barat. Umumnya gula merah banyak terdapat di Pakistan, India, Sri Lanka, Bangladesh,  Malaysia, Indonesia dan Myanmar.

Gula merah memiliki rasa yang manis seperti gula. Bahkan ada yang rasanya lebih manis dan lebih legit daripada gula putih biasa. Dibalik rasanya yang manis, gula merah juga mengandung banyak manfaat yang baik untuk kesehatan kita.

Berbagai manfaat yang bisa kita dapatkan dari mengkonsumsi gula merah, meliputi:

  • Mengandung serat

Gula merah mengandung lebih banyak serat, jika dibandingkan dengan gula putih. Setelah getah maupun cairan dikumpulkan akan langsung diproses sampai berubah menjadi kental. Setelah mengental, gula merah ditempatkan dalam wadah dan kemudian disimpan. Sementara gula putih harus melalui proses penghalusan, Semakin halus bentuknya maka seratnya akan semakin berkurang.

  • Kaya akan mineral

Ada begitu banyak mineral yang terkandung dalam gula merah. Semakin gelap warna dari gula merah, maka kandungan mineralnya juga semakin banyak. Gula merah mengandung banyak sekali zat besi dan selenium yang baik untuk kesehatan.

  • Baik untuk kesehatan

gula merah thumbKarena gula merah mengandung serat, maka gula merah lebih baik dari pada gula biasa. Gula putih mampu meningkatkan kadar gula darah dengan sangat cepat. Sementara gula merah perlu waktu yang lebih lama untuk diproses, sehingga tidak mempengaruhi kadar gula darah.

  • Membersihkan saluran pernapasan

Sejak zaman dahulu gula merah digunakan untuk memperbaiki dan membersihkan lendir berlebihan pada saluran pernapasan, tenggorokan serta paru-paru di India. Gula merah juga digunakan sebagai bahan baku ramuan untuk mengobati pilek dan batuk.

  • Memiliki efek mendinginkan tubuh

Gula merah yang terbuat dari aren memiliki efek mendinginkan tubuh secara alami. Di India gula merah sering dilarutkan dengan air dan diminum secara rutin selama musim panas. Cara seperti ini dipercaya secara turun temurun mampu mendinginkan tubuh.

  • Meningkatkan suhu tubuh

Ketika ramuan dari gula merah diminum pada musim dingin, justru mampu meningkatkan serta menghangatkan tubuh. Hal ini terjadi karena kandungan glukosa dalam gula merah merangsang metabolisme tubuh, sehingga suhu tubuh ikut meningkat.

  • Mendinginkan perut

Selain digunakan sebagai pemanis, gula merah juga dapat mendinginkan sekaligus menenangkan perut. Anda bisa melarutkan gula merah dengan air hangat dan diminum secara rutin. Hal cocok sekali untuk mengurangi kram maupun nyeri pada bagian perut.

  • Memiliki efek menenangkan tubuh

Gula merah juga memiliki efek menenangkan tubuh. Gula merah mengandung mineral selenium yang cukup tinggi. Mineral selenium dapat melemaskan otot maupun saraf dalam tubuh kita, sehingga membuat kita merasa lebih rileks. Mengkonsumsi gula merah pada malam hari sebelum tidur juga mampu mencegah terjadinya insomnia.

  • Rendah kalori

Meskipun memiliki rasa yang manis, gula merah mengandung sedikit kalori. Kandungan kalori gula merah lebih rendah daripada gula biasa. Gula pasir mengandung glukosa dalam bentuk yang sangat sederhana, sehingga mudah sekali diserap oleh tubuh. Gula merah mengandung glukosa dalam bentuk yang lebih padat, sehingga lebih lambat untuk diserap.

  • Kaya zat besi

Gula merah mengandung banyak zat besi yang penting sekali artinya dalam proses pembentukan sel darah merah. Tingginya kadar zat besi dalam tubuh kita, nantinya akan mencegah terjadinya penyakit anemia maupun darah rendah.

  • Mencegah kanker

0001400_jaggeryGula merah juga mengandung berbagai senyawa yang bersifat antioksidan alami. Antioksidan sangat dibutuhkan dalam mengurangi kadar radikal bebas dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi gula merah secara rutin, maka anda akan terhindar dari kanker maupun penuaan dini.

  • Baik untuk ibu-ibu setelah melahirkan

Kebanyakan para ibu-ibu yang usai melahirkan akan dianjurkan untuk mengkonsumsi gula merah. Gula merah mampu memberikan energy yang cukup untuk memulihkan tenaga serta mempercepat proses penyembuhan setelah melahirkan. Selain itu gula merah juga mampu mencegah terjadinya pembekuan darah. Namun sebaiknya jangang mengkonsumsi gula merah secara berlebihan.

  • Mencegah kram

Kandungan selenium dalam gula merah juga mampu mencegah serta mengurangi kram. Hal ini tentunya sangat baik sekali untuk mencegah serta mengurangi kram pada wanita yang sering mengalami kram maupun nyeri saat menstruasi.

  • Meningkatkan kekebalan tubuh

Karena rasanya yang manis, maka gula merah mampu meningkatkan suhu tubuh. Tubuh yang lebih hangat nantinya akan membuat sirkulasi darah menjadi lebih lancar, mengurangi nyeri dan ikut memperkuat limpa. Hal ini nantinya akan meningkatkan kekebalan tubuh secara alami.

  • Mengandung niacin

Gula merah juga mengandung mineral niacin yang penting sekali artinya bagi kesehatan. Niacin mampu menstabilkan kadar kolesterol dalam tubuh kita, sehingga nantinya akan ikut memperbaiki kerja dari organ jantung. Selain itu niacin juga ikut menjaga kesehatan kulit serta kesehatan system pencernaan. niacin juga ikut berperan dalam mencegah terjadinya bibir pecah-pecah maupun sariawan.

  • Sumber energy tubuh

Gula merah mengandung sedikit kalori, namun cukup untuk memberikan tambahan energy yang kita butuhkan ketika cadangan energy dalam tubuh kita telah habis. Ketika kita mulai merasa lelah, ada baiknya untuk mengkonsumsi gula merah untuk meningkatkan cadangan energy dalam tubuh kita.