Berbagai Manfaat Dari Kacang Almond Untuk Kesehatan

buah badam

buah badam

Almond memiliki nama ilmiah Prunus dulcis, merupakan tanaman asli dari Timur Tengah. Sebenarnya, almond bukanlah dari tanaman jenis kacang-kacangan. Almond merupakan buah berbiji yang terdiri dari kulit luar yang diselubungi oleh cangkang luar yang keras.

Meskipun almond disebut dengan nama kacang, namun tanaman almond merupakan tanaman yang berbentuk pohon seperti buah-buahan, tidak seperti tanaman kacang yang lain yang umumnya merambat.

Kacang almond berasal dari Timur Tengah, tanaman ini sudah banyak dibudidayakan di negara-negara lain seperti Spanyol, Siria, Amerika Serikat, Iran, Maroko, Turki serta China. Di Indonesia sendiri, almond lebih dikenal dengan nama kacang badam.

Kacang almond merupakan salah satu jenis kacang yang banyak dikonsumsi di seluruh penjuru dunia. Banyak ahli gizi maupun ahli kesehatan yang menyatakan bahwa almond merupakan salah satu jenis makanan super yang banyak mengandung nutrisi penting untuk menunjang kesehatan kita.

Almond merupakan sumber nutrisi penting bagi tubuh kita, seperti vitamin, mineral, asam lemak serta serat makanan yang diperlukan oleh tubuh serta organ otak kita agar tetap sehat. Selain bisa dikonsumsi secara langsung, kacang almond juga bisa dikonsumsi sebagai bahan campuran dalam makanan, contohnya taburan untuk salad.

Almond, mengandung vitamin E, vitamin B kompleks serta asam lemak omega 3. Mengkonsumsi segenggam almond secara rutin setiap hari akan menyediakan asupan protein yang relative tinggi sehingga akan mencegah anda merasa lapar secara berlebihan.

kacang almond

kacang almond

Banyak studi dan penelitian yang telah menemukan bahwa kacang almond sangat baik sekali untuk menunjang kesehatan kita. Selain baik untuk jantung, almond juga dilengkapi dengan berbagai macam nutrisi lain yang baik untuk kesehatan.

Semua nutrisi penting yang terkandung dalam kacang almond akan menjadi antioksidan yang baik untuk menangkal berbagai radikal bebas dalam tubuh kita sehingga kita akan terhindar dari penyakit kanker yang berbahaya.

Kacang almond juga kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal seperti palmitoleat serta oleat yang berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol jahat serta meningkatkan kadar kolesterol baik. Maka dari itu, mengkonsumsi kacang almond dapat mencegah terjadinya penyakit jantung coroner maupun stroke.

Taburkan kacang almond dalam oatmeal maupun sebagai tambahan dalam salad buah akan sangat baik untuk menjaga kesehatan kita sehari-hari. Konsumsi kacang almond sebanyak 1 genggam per hari akan turut membantu dalam menurunkan berat badan serta dalam membentuk otot.

Kacang almond mengandung berbagai nutrisi serta mineral, seperti vitamin E, vitamin B6, asam folat, riboflavin, thiamin, asam pantotenat, niasin, gula, kalsium, serat karbohidrat, magnesium, fosfor, zat besi serta seng.

Berbagai macam manfaat dari kacang almond untuk kesehatan, meliputi:

  • Menurunkan kolesterol

Mengkonsumsi  1 genggam kacang almond  setiap hari akan ikut membantu dalam menjaga kestabilan kadar kolesterol dalam tubuh. Kacang almond akan itu membantu dalam meningkatkan HDL atau kolesterol baik serta menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat.

  • Menjaga kesehatan kulit

Almond sering diekstrak untuk diambil minyaknya. Minyak ekstrak almond sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Kulit manusia rentan sekali mengalami kekurangan minyak esensial, karena adanya berbagai aktivitas maupun karena perubahan musim.

Mengaplikasikan minyak ekstrak kacang alamond pada kulit akan membantu dalam menjaga kesehatan kulit serta membuat kulit tetap halus dan lembut.

  • Menjaga pertumbuhan janin
susu kacang almond

susu kacang almond

Almond mengandung asam folat yang nantinya akan ikut berperan dalam pertumbuhan jaringan serta sel-sel tubuh pada janin. Mengkonsumsi almond akan mencegah terjadinya cacat bawaan pada janin.

Maka dari itu, mengkonsumsi almond selama masa kehamilan akan sangat baik sekali bagi kesehatan dan perkembangan pertumbuah janin.

  • Perkembangan otak

Mengkonsumsi kacang almond akan sangat baik untuk kesehatan serta perkembangan otak anak. Otak yang baik akan dapat menyimpan berbagai informasi. Untuk mempertajam memori atau daya ingat, anda bisamengkonsumsi 4 sampai 5 biji kacang almond per hari.

  • Mencegah terjadinya sembelit

Almond termasuk jenis makanan yang kaya akan serat yang baik untuk kesehatan organ pencernaan. Dengan adanya kandungan serat, maka dengan mengkonsumsi kacang almond secara rutin akan membuat anda terbebas dari sembelit serta menjaga kesehatan organ pencernaan anda.

  • Mencegah diabetes

kacang almonKonsumsi kacang almond akan mengendalikan kadar gula darah serta tingkat insulin sehingga tidak terjadi peningkatan secara tiba-tiba setelah kita mengkonsumsi makanan. Dengan kadar gula darah serta tingkat insulin yang selalu stabil akan membuat anda terhindar dari diabetes.

  • Meningkatkan kesehatan organ jantung

Kacang almond kaya akan kandungan asam lemak tak jenuh yang baik sekali untuk membantu mengurangi kadar kolesterol jahat. Kadar kolesterol jahat yang tidak terlalu tinggi akan mencegah anda terserang berbagai penyakit, seperti penyakit jantung.

  • Meningkatkan peredaran darah

Kacang almond memiliki vitamin serta mineral yang baik yang dapat meningkatkan peredaran darah dalam tubuh kita. Peredaran darah yang lancar akan mencegah terjadinya berbagai penyakit pembuluh darah serta menghindarkan kita dari stress.

  • Memperkuat tulang

Kandungan vitamin E serta kalsium dalam kacang almond akan membantu kita untuk memperkuat dan menyehatkan tulang. Tulang-tulang yang kuat akan mencegah terjadinya penyakit osteoporosis.