Berbagai Manfaat Dari Kentang Untuk Kesehatan

manfaat kentang untuk kesehatan

manfaat kentang untuk kesehatan

Kentang memiliki nama ilmiah Solanum tuberosum, merupakan jenis makanan yang cukup popular serta memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Bahkan bagi masyarakat di Eropa, kentang merupakan makanan pokok.

Kentang sangat popular di Eropa, namun kentang sebenarnya berasal dari Amerika. Di Indonesia sendiri, kentang sering diolah menjadi berbagai jenis masakan. Ada begitu banyak macam jenis masakan yang berbahan kentang, seperti kentang goreng, perkedel sampai sebagai bahan tambahan sup.

Mulai tahun 2010, kentang digalakkan di Indonesia sebagai makanan pokok pengganti nasi yang berasal dari beras.  Secara alami, kentang merupakan jenis makanan yang tidak mengandung lemak, sodium serta bebas dari kolesterol.

Mengkonsumsi kentang dengan kulitnya, justru akan membantu kita dalam hal memenuhi kebutuhan serat, vitamin B kompleks, kalium, zat besi, fosfor, kalsium, magnesium, seng serta masih banyak lagi nutrisi lainnya yang sangat penting bagi kesehatan kita.

Sayangnya, masih banyak orang yang mengkonsumsi kentang yang dimasak dengan cara digoreng dengan minyak serta kentang yang dipanggang dan dicampur dengan keju, potongan daging dan lain sebagainya. Cara pengolahan seperti itu justru dapat menghilangkan semua nutrisi yang penting dari kentang.

Kentang yang dimasak dengan proses kukus atau rebus, merupakan jenis makanan yang menyehatkan. Kentang kukus maupun kentang rebus adalah makanan yang rendah kalori serta kaya akan serat yang akan membuat tubuh kita selalu sehat.

Ada banyak sekali manfaat yang bisa kita peroleh dari kentang untuk menunjang kesehatan kita, seperti:

  • Sumber serat
kentang rebus

kentang rebus

Kentang merupakan jenis makanan yang mengandung serat yang dapat disejajarkan dengan roti gandum, pasta serta sereal.

Kandungan serat yang tinggi dalam kentang akan sangat baik sekali untuk menjaga kesehatan system pencernaan.

Selain ubi, kentang sering dijadikan makanan pokok untuk orang-orang yang sedang menjalani diet untuk mengurangi berat badannya.

  • Kandungan nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan

Kentang memiliki banyak kandungan nutrisi yang sangat baik untuk menjaga dan menunjang kesehatan tubuh kita. Kentang mengandung vitamin B1, B2, B3, C serta potassium.

Kentang mengandung karbohidrat kompleks dan serat yang baik untuk menjaga gula darah tetap stabil. Selain itu kentang juga mengandung protein serta zat besi yang baik untuk mencegah anemia.

  • Mencegah endapan kolesterol

Mengkonsumsi kentang dapat mencegah endapan kolesterol dalam tubuh. Kentang mengandung potassium lebih banyak daripada pisang.

Kandungan potassium dalam kentang tidak hanya dapat mencegah endapan kolesterol saja, tapi juga dapat mencegah terjadinya hipoglisemia atau kondisi kekurangan gula dalam darah.

  • Menjaga kadar keasaman tubuh tetap stabil

kentang thumbnailKentang ikut berperan dalam membantu pertumbuhan bakteri baik dalam saluran pencernaan kita serta sebagai penawar racun karena tubuh kita terlalu asam.

Dengan mengkonsumsi kentang, maka tubuh kita akan tetap bersifat basa karena dapat menjaga cadangan alkali dalam tubuh kita. Tubuh yang tidak terlalu asam akan terbebas dari penyakit yang berbahaya, seperti kanker.

  • Menjaga kesehatan kulit wajah

Kandungan potassium serta vitamin C dalam kentang juga dapat menjaga kesehatan kulit kita. Kulit yang sehat akan terbebas dari masalah seperti jerawat serta minyak berlebih di wajah.

Cara yang baik adalah dengan menggunakan parutan kentang sebagai bahan masker wajah. Biarkan selama 1 sampai 2 jam kemudian bilas wajah anda dengan air bersih.

  • Menstabilkan asam lambung

Selain sebagai bahan makanan pokok orang yang sedang menjalani diet untuk mengurangi berat badan, kentang juga dapat menstabilkan asam lambung.

Kentang mengandung senyawa atropine yang dapat membantu dalam hal mengurangi asam lambung serta dapat mengurangi sakit pada lambung, pada orang yang mengidap penyakit maag.

  • Pertumbuhan badan serta otak

Selain baik untuk orang dewasa, kentang juga baik untuk anak-anak. Kentang mengandung lysine yang berperan penting dalam proses pertumbuhan badan serta otak untuk anak-anak.

Dengan adanya kandungan vitamin C dalam kentang, maka mengkonsumsi kentang juga akan memperbaiki daya tahan tubuh pada anak sehingga anak tidak mudah terserang penyakit.

  • Menambah berat badan

manfaat kentang untuk kesehatanBagi orang-orang yang tubuhnya terlalu kurus, mengkonsumsi kentang setiap hari akan dapat menambah berat badan sehingga tubuhnya tidak terlalu kurus.

Kentang kaya akan karbohidrat kompleks serta rendah protein. Dengan adanya kandungan vitamin B serta vitamin C dalam  kentang, maka akan mempercepat proses penyerapan karbohidrat yang terkandung dalam kentang.

  • Menjaga system pencernaan

Kandungan serat dalam kentang baik untuk kesehatan. Kandungan karbohidrat kompleks dalam kentang cukup mudah untuk dicerna sehingga system pencernaan kita akan tetap lancar.

Orang-orang yang sulit untuk mencerna makanan sebaiknya mulai mencoba untuk mengkonsumsi kentang untuk bisa memenuhi kebutuhan energy harian.

  • Mengurangi gejala rematik

Berbagai vitamin, kalsium serta magnesium yang terkandung dalam kentang juga dapat mengurangi gejala atau rasa sakit akibat rematik.

1 comment for “Berbagai Manfaat Dari Kentang Untuk Kesehatan

  1. Pingback: hector

Comments are closed.