Berbagai Manfaat Dari Matcha Untuk Kesehatan

manfaat matcha untuk kesehatan

manfaat matcha untuk kesehatan

Matcha atau maccha sebenarnya adalah nama untuk serbuk berwarna hijau cerah yang sesungguhnya terbuat dari daun teh. Matcha adalah teh hijau yang banyak digunakan dalam upacara minum teh di Jepang.

Para pendeta Buddha sangat menghormati matcha dan telah menganggap matcha sebagai obat terbaik untuk masalah kesehatan. Sebab matcha memiliki banyak potensi bagi kesehatan, khususnya untuk meningkatkan metabolism serta konsentrasi.

Matcha sebenarnya sudah ada di Cina sejak abad ke-9. Pada saat itu matcha banyak digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Kemudian para pendeta dan biksu Buddha dari Jepang mulai menyadari potensi yang luar biasa dari matcha pada akhir abad ke-12.  Dan sejak saat itulah, matcha mulai popular di Jepang.

Mathca terbuat dari daun teh berkualitas tinggi yang disebut tencha. Semak tencha sengaja dilindungi sedemikian rupa agar tidak terkena sinar matahari secara langsung. Hal ini menyebabkan proses fotosintesa dari daun teh cenderung lambat. Proses tersebut menyebabkan daun tencha memiliki warna yang lebih gelap.

Daun teh yang digunakan adalah daun yang masih muda. Semakin muda daunnya, maka kualitasnya semakin baik. daun-daun teh tersebut dikumpulkan dan dikukus secara singkat. Setelah itu daun-daun tersebut digiling sampai halus dan menjadi serbuk berwarna hijau gelap.

Matcha merupakan sumber dari vitamin A, vitamin B-kompleks, vitamin C, vitamin E, vitamin K dan berbagai macam mineral penting yang dapat menunjang kesehatan kita. Matcha kaya akan berbagai macam komponen yang bersifat antioksidan, seperti polifenol, klorofil serta catechin. Matcha juga mengandung asam amino, seperti L-tehanine dan teofilin.

Dengan begitu banyaknya kandungan nutrisi dalam serbuk matcha, maka mengkonsumsi teh matcha akan baik sekali untuk menunjang kesehatan tubuh anda. Berbagai manfaat dari matcha untuk kesehatan, meliputi:

  • Meningkatkan system kekebalan tubuh

Karena matcha kaya akan senyawa yang bersifat antioksidan yang kuat, maka mengkonsumsi teh matcha akan ikut meningkatkan system kekebalan tubuh anda. Berbagai senyawa antioksidan tersebut akan meningkatkan kekebalan tubuh serta melindungi anda dari berbagai macam penyakit.

  • Antioksidan tinggi
teh matcha

teh matcha

Selain mengandung polifenol, matcha juga mengandung epigallocatechin gallate atau EGCG yang sangat tinggi. EGCG merupakan komponen antioksidan kuat yang memiliki banyak manfaat. Dengan mengkonsumsi teh matcha, maka berbagai komponen antioksidan tersebut akan menetralisir dampak buruk dari radikal bebas dalam tubuh kita. Radikal bebas dalam tubuh kita mampu menyebabkan berbagai gangguan pada kesehatan, seperti radang yang berkaitan dengan stress oksidatif.

  • Bagus untuk pengidap diabetes

Antioksidan dalam  teh matcha mampu meningkatkan metabolism tubuh sehingga bagus untuk pengidap diabetes. Teh matcha juga mampu mengurangi tingkat trigliserida, kolesterol total serta kandungan glukosa dalam darah pada pengidap diabetes. Ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa teh matcha juga mampu menghambat terjadinya kerusakan pada ginjal maupun hati dengan cara mengurangi penumpukkan lemak dan racun dalam ginjal.

  • Menjaga kesehatan jantung

Tingginya kandungan EGCG dalam teh matcha juga dapat menjaga kesehatan organ jantung. Tingginya kandungan EGCG dalam teh matcha mampu menjaga kadar kolesterol jahat dalam tubuh kita tetap rendah. Dalam beberapa penelitian juga telah ditemukan, bahwa EGCG juga mampu mengurangi penumpukan lemak serta  meningkatkan proses autofagi atau proses pemecahan sel endotel vascular.

  • Meningkatkan energy

Sama seperti teh maupun kopi, matcha juga mengandung cafein. Senyawa cafein dalam teh mathca berasal dari kandungan teofilin. Teofilin mampu meningkatkan energy nyaris tanpa efek samping. Teofilin akan menjaga pelepasan energy, ikut mendukung kinerja dari kelenjar adrenal serta mempertahankan kadar hormone dalam tubuh kita.

  • Detoksifikasi alami

Kandungan klorofil dalam teh matcha dapat digunakan sebagai bahan detoksifikasi alami. Klorofil mampu membersihkan darah dalam tubuh kita, sehingga darah kita akan selalu dalam keadaan bersih. Hal ini nantinya akan membuat pH dalam tubuh kita tetap dalam kondisi normal. Klorofil juga mampu membersihkan semua racun yang menempel pada dinding usus, sehingga system pencernaan kita selalu dalam kondisi sehat.

  • Mampu menenangkan tubuh
bubuk matcha

bubuk matcha

Kandungan L-tehanine dalam teh matcha mampu meningkatkan gelombang alpha pada otak. Peningkatan gelombang alpha pada otak akan membuat tubuh dan pikiran kita menjadi lebih tenang, sapa seperti efek dari berlatih yoga. Efek menenangkan pada teh matcha telah banyak digunakan oleh para biksu Buddha dalam menjaga konsentrasi selama meditasi.

  • Mencegah infeksi

Kandungan EGCG dalam teh matcha juga efektif dalam mencegah berbagai macam infeksi yang disebabkan oleh virus, bakteri maupun jamur. Dalam sebuah penelitian telah ditemukan bahwa EGCG mampu mengikat membrane lipid serta menghambat pertumbuhan berbagai macam pathogen dalam tubuh kita, termasuk influenza, hepatitis, herpes karena virus, bakteri Staphylococcus aureus serta jamur Candida albican penyebab keputihan.

Teh matcha memiliki banyak sekali manfaat untuk menunjang kesehatan kita. Namun, sebaiknya jangan mengkonsumsi teh matcha secara berlebihan. Tingginya kandungan kafein dalam teh matcha mampu memicu berbagai macam reaksi alergi pada orang yang mengidap alergi cafein.

Reaksi dari alergi cafein, meliputi aritmia jantung, diare serta iritasi pada usus besar. Tingginya kadar cafein dalam teh matcha juga mampu berinteraksi dengan obat-obatan yang anda gunakan untuk terapi penyakit tertentu.

Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter ahli sebelum menggunakan teh matcha untuk tujuan meningkatkan kesehatan. Sebaiknya ibu-ibu yang sedang hamil dan menyusui tidak mengkonsumsi teh matcha.