Berbagai Manfaat Dari Mengkonsumsi Tahu Untuk Kesehatan

manfaat tahu untuk kesehatan

manfaat tahu untuk kesehatan

Tahu merupakan produk olahan dari kacang kedelai yang dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Selain dapat mencegah berbagai penyakit, tahu juga mampu menjaga kesehatan jantung serta memberikan banyak protein yang penting bagi tubuh kita.

Tahu telah menjadi makanan yang dikenal dimana-mana. Selama berabad-abad tahu merupakan bahan tambahan dalam berbagai jenis kuliner di Cina serta Jepang. Tahu merupakan salah satu jenis makanan yang banyak dijual di pasaran.

Tahu merupakan produk dari kacang kedelai yang sudah dihancurkan. Kacang kedelai dihancurkan dan menghasilkan cairan yang berwarna putih. Cairan tersebut nantinya diekstrak, sehingga menjadi kental dan padat.

Banyak sekali jenis masakan yang menggunakan tahu sebagai bahannya. Banyak sekali orang yang menyukai tahu, karena rasa dan teksturnya yang halus dan mudah sekali untuk diolah. Karena tahu berasal dari kacang kedelai, maka tahu sangat kaya sekali dengan protein.

Tahu merupakan salah satu jenis makanan yang kaya akan protein serta rendah kalori. Selain itu, tahu juga banyak mengandung vitamin, seperti vitamin A, B1, B2, B3, B6, B9, C, dan vitamin D. sedangkan mineral yang terkandung dalam tahu, meliputi kalsium, fosfor, zat besi, magnesium, natrium, kalium serta seng.

Dengan begitu banyaknya kandungan nutrisi yang ada di dalam tahu, maka mengkonsumsi tahu akan sangat baik sekali untuk kesehatan, seperti:

  • Sumber protein alami

Manusia sangat membutuhkan protein untuk menjalankan berbagai fungsi tubuh. Orang-orang selalu menganggap bahwa protein hanya terkandung dalam daging dan produk hewani. Karena tahu berasal dari kacang kedelai, maka tahu mengandung banyak sekali protein alami yang lebih sehat untuk tubuh. Selain itu, tahu juga mengandung banyak asam amino yang mampu mengoptimalkan kesehatan tubuh kita. Terlalu banyak mengkonsumsi daging merah akan sangat berbahaya bagi kesehatan. Maka dari itu, cobalah untuk mengkonsumsi tahu, untuk mencukupi kebutuhan protein bagi kesehatan kita.

  • Baik untuk pengidap asam urat
pembuatan tahu

pembuatan tahu

Tahu juga baik untuk orang-orang yang mengidap asam urat. Umumnya produksi asam urat dalam tubuh kita akan meningkat setelah kita mengkonsumsi makanan yang kaya akan purin. Purin sendiri banyak terkandung dalam makanan yang kaya protein. Orang-orang yang mengidap asam urat dianjurkan untuk membatasi konsumsi makanan yang berprotein. Maka dari itu, mengkonsumsi tahu akan memberikan asupan protein bagi tubuh anda. Meskipun aman untuk pengidap asam urat, sebaiknya jangan mengkonsumsi tahu secara berlebihan.

  • Mampu menurunkan kolesterol

Kadar kolesterol yang terllau tinggi dalam tubuh, merupakan salah satu factor penyebab dari berbagai penyakit yang berkaitan dengan jantung. Mengkonsumsi tahu yang diolah dengan cara direbus maupun dikukus mampu mengurangi kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh. Tahu mengandung asam lemak jenuh yang cukup rendah, sehingga lebih aman untuk dikonsumsi. Mengolah tahu dengan cara digoreng justru meningkatkan kadar lemak jenuh dari tahu. Tahu juga kaya akan lesitin serta asam linoleat yang mampu mengatur metabolism tubuh dan mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

  • Mampu mencegah anemia

Mengkonsumsi tahu mampu mencegah terjadinya anemia. Ada sebuah studi yang dilakukan di Cina untuk menyelidiki hubungan antara mengkonsumsi tahu dengan penyakit anemia. Para peneliti menunjukan bahwa mengkonsumsi tahu mampu menurunkan resiko terjadinya anemia pada orang dewasa. Hal tersebut disebabkan oleh adanya kandungan zat besi dan juga fosfor dalam tahu, yang nantinya akan meningkatkan proses pembentukan sel darah merah.

  • Mencegah kanker

Tahu mengandung senyawa isoflavon yang sangat penting sekali artinya dalam mengurangi resiko terjadinya kanker. Dalam sebuah penelitian tentang kanker endometrium pada wanita pasca menopause ditemukan bahwa mengkonsumsi kacang kedelai dan produk turunannya mampu mencegah serta mengurangi resiko terserang kanker endometrium. Begitu juga dengan kanker lainnya, seperti kanker paru-paru. Kanker endometrium serta kanker paru-paru kebanyakan disebabkan oleh gaya hidup.

  • Mencegah penyakit kardiovaskular

Mengkonsumsi makanan yang menyehatkan akan menyehatkan tubuh secara keseluruhan dan juga jantung. Mengkonsumsi tahu mampu menurunkan kadar kolesterol jahat serta lemak jenuh dalam tubuh. Dengan berkurangnya kadar kolesterol jahat serta lemak jenuh dalam tubuh, maka jantung kita akan bekerja dengan lebih baik dan kita pun akan terhindar dari berbagai penyakit kardiovaskular yang sangat berbahaya.

  • Kaya akan kalsium

tahu thumbTahu juga kaya akan kalsium. Kalsium merupakan mineral penting dalam pembentukan tulang dan gigi. Kekurangan kalsium akan menyebabkan gigi mudah rusak serta tulang lebih mudah keropos. Hal seperti ini nantinya akan memicu terjadinya osteoporosis, karena tulang yang cenderung rapuh. Umumnya tulang yang rapuh disebabkan oleh factor usia. Dengan mengkonsumsi tahu, maka kita mampu memperlambat proses penuaan serta kerapuhan pada tulang.

  • Kaya akan zat besi

Zat besi sangat penting artinya dalam pembentukan hemoglobin. Hemoglobin berfungsi sebagai pengangkut oksigen ke seluruh jaringan tubuh. Oksigen juga diperlukan untuk membangkitkan energy yang tersimpan dalam tubuh. Dengan kadar hemoglobin yang cukup, maka tubuh kita akan tetap berenergi dan terhindari dari lemah, letih maupun lesu.

Meskipun tahu sangat bermanfaat bagi kesehatan kita, sebaiknya jangan dikonsumsi secara berlebihan. Dalam sebuah penelitian telah ditemukan bahwa mengkonsumsi tahu secara berlebihan dalam satu minggu mampu menurunkan kemampuan kognitif serta kehilangan memori secara signifikan.

Para peneliti menduga hal tersebut disebabkan oleh adanya kandungan phytoestrogen yang mampu mempengaruhi fungsi otak, bila dikonsumsi secara berlebihan. Tempe, yang juga produk lain dari kedelai justru mampu meningkatkan fungsi kognitif.