Berbagai Manfaat Dari Merica Untuk Kesehatan

manfaat merica untuk kesehatan

manfaat merica untuk kesehatan

Lada atau merica adalah buah dari tanaman lada. Lada adalah keluarga Piperaceae yang umumnya digunakan sebagai rempah-rempah maupun obat. Lada memiliki senyawa kimia alami yang disebut piperin. Piperin inilah yang menyebabkan lada memiliki rasa pedas.

Lada banyak ditemukan di Asia. Sebenarnya lada merupakan tanaman asli dari Kerala, India bagian selatan. Kemudian menyebar ke seluruh Asia karena banyak diperdagangkan di dunia. Tanaman lada memiliki buah berwarna hijau. Buah itulah yang disebut lada. Nantinya buah tersebut di keringkan hingga berwarna kehitaman kemudian digiling menjadi bubuk.

Sebenarnya lada sudah gunakan untuk menjaga kesehatan sejak zaman dahulu. Karena lada memiliki sifat antibakteri, maka lada bisa digunakan untuk mengawetkan makanan secara alami. Lada juga kaya akan nutrisi penting, seperti vitamin C, vitamin K dan juga serat. Lada juga mengandung mineral penting, seperti zat besi, mangan, serta kalium.

Ada begitu banyak manfaat yang bisa kiita dapatkan dari lada untuk kesehatan tubuh kita, seperti:

  • Baik untuk kesehatan organ pencernaan

Lada mampu meningkatkan sekresi asam klorida dalam lambung, sehingga nantinya akan membuat system pencernaan menjadi lebih baik. System pencernaan yang baik akan mencegah terjadinya diare, sembelit maupun sakit perut. Lada juga mampu mengurangi gas maupun racun berlebihan dalam usus.  

  • Mengendalikan berat badan
jenis merica

jenis merica

Lapisan paling luar dari lada mampu membantu pemecahan sel-sel lemak dalam tubuh. Maka dari itu, makanan pedas merupakan makanan yang baik untuk menurunkan berat badan secara alami. Berbagai senyawa alami dari lada nantinya ikut memecah sel-sel lemak yang terkumpul dalam tubuh kita. Sehingga berat badan anda akan tetap terkendali.

  • Menjaga kesehatan kulit

Lada disinyalir mampu mengurangi terjadinya vitiligo. Vitiligo merupakan penyakit kulit yang dapat menyebabkan beberapa bagian dari kulit kita mengalami kehilangan pigmentasi normal, sehingga mulit tampak lebih pucat. Menurut para peneliti, kandungan piperine dalam lada mampu merangsang produksi pigmen pada kulit kita. Terapi dengan menggunakan pasta yang terbuat dari lada mampu menjaga kesehatan kulit sekaligus mencegah terjadinya vitiligo. Hal ini nantinya juga akan mencegah terjadinya kanker kulit akibat dari paparan sinar ultraviolet secara berlebihan.

  • Memperbaiki system pernapasan

Dalam tehnik penyembuhan Ayurveda lada sering digunakan untuk pengobatan pilek maupun batuk. Lada juga mampu membantu untuk mencegah sinusitis serta hidung tersumbat. Lada memiliki sifat ekspektoran yang nantinya akan mengurangi penumpukan lendir maupun dahak pada system pernapasan. Selain itu lada juga mampu mengurangi iritasi serta mengurangi terjadinya infeksi maupun penyakit. Lada juga bisa digunakan untuk mengurangi gejala asma serta mengurangi gejala batuk rejan.

  • Antibakteri alami

Lada juga memiliki berbagai senyawa alami yang bersifat sebagai agen antibakteri. Hal ini nantinya akan mencegah terjadinya infeksi karena bakteri maupun karena gigitan serangga. Menambahkan bubuk lada dalam makanan yang kita konsumsi akan mencegah pertumbuhan berbagai mikroba yang berbahaya yang dapat menyebabkan infeksi maupun penyakit.

  • Mencegah kanker serta gangguan lainnya
merica bubuk

merica bubuk

Kandungan antioksidan dalam lada mampu mencegah terjadinya kanker serta gangguan lainnya. Antioksidan nantinya akan mencegah terjadinya penumpukan radikal bebas dalam tubuh. Penumpukan radikal bebas mampu menyebabkan terjadinya kanker, penyakit jantung maupun berbagai masalah pada jantung dan hati. Selain itu, antioksidan juga dapat mencegah terjadinya gangguan lainnya, seperti keriput, noda pada kulit karena usia, degenerasi macula serta kehilangan memori.

  • Meningkatkan kesehatan

Lada mampu memaksimalkan efisiensi nutrisi yang kita dapatkan dari makanan yang kita konsumsi. Menambahkan lada dalam makanan akan membuat penyerapan nutrisi dalam tubuh kita menjadi lebih sempurna. Selain itu, hal seperti ini nantinya juga mampu meningkatkan efisiensi dari obat yang kita gunakan.

  • Memperbaiki fungsi kognitif

Lada kaya akan kandungan piperin yang mampu menjaga kesehatan memori serta memperbaiki fungsi kognitif. Senyawa piperin mampu memperbaiki serta merangsang organ otak. Selain itu, hal seperti ini nantinya juga akan ikut menjaga kesehatan organ otak. Menambahkan lada dalam makanan anda akan sangat baik sekali untuk mencegah terjadinya Alzheimer maupun demensia yang umumnya sangat berkaitan dengan usia seseorang.

Umumnya kita menggunakan lada bubuk yang lebih praktis. Lada bubuk biasanya hanya mampu bertahan sampai 3 bulan saja. sebaiknya gunakan lada yang masih berbentuk butiran, karena bentuk seperti ini lebih tahan lama.

Menambahkan sejumput lada pada setiap makanan yang kita konsumsi akan meningkatkan rasa serta ikut memperbaiki kondisi kesehatan kita.

Sayangnya, lada mampu menyebabkan kita bersin. Seseorang yang telah selesai menjalani operasi pada bagian perut sebaiknya jangan menggunakan lada pada makanan yang dikonsumsi karena justru mampu menyebabkan terjadinya iritasi pada perut.

Jangan menggunakan lada secara berlebihan. Bila ada tanda-tanda alergi, seperti gatal-gatal, kemerahan pada kulit serta mata merah, sebaiknya hentikan penggunaan lada dan segera periksakan diri anda ke dokter ahli.