Berbagai Manfaat Dari Mineral Fosfor Untuk Kesehatan

makanan yang kaya akan fosfor

makanan yang kaya akan fosfor

Fosfor merupakan salah satu mineral yang penting untuk tulang. Maka dari itu seseorang tidak akan bisa menggerakkan tubuhnya dengan leluasa, tanpa  adanya jumlah yang cukup dari mineral fosfor dalam tubuhnya.

Karena pentingnya fungsi dari mineral fosfor, maka fosfor dianggap sebagai mineral kedua yang kadarnya paling berlimpah dalam tubuh manusia. Selain berfungsi untuk memberikan kekuatan pada tulang maupun gigi, mineral fosfor juga sangat penting artinya untuk menunjang kinerja organ penting dalam tubuh kita yang lain, seperti jantung, otak, ginjal serta darah.

Kebutuhan tubuh kita akan mineral fosfor hampir sama banyaknya dengan kebutuhan tubuh kita akan mineral kalsium. Sebab, mineral fosfor banyak ditemukan dalam tubuh kita, selain mineral kalsium.

Jadi, hal ini menunjukkan bahwa mineral fosfor tidak kalah penting artinya bagi kehidupan dan kesehatan tubuh kita. Maka dari itu, penting sekali untuk mengkonsumsi makanan alami yang banyak mengandung fosfor untuk memenuhi kebutuhan fosfor untuk menjaga kesehatan kita. Ada begitu banyak makanan alami yang mengandung mineral fosfor, seperti biji bunga matahari, legume, kentang, beras, daging, kacang, brokoli dna lain sebagainya.  

Berbagai manfaat dari mineral fosfor untuk kesehatan tubuh kita, meliputi:

  • Menjaga kesehatan gigi dan tulang

Fosfor sebenarnya merupakan salah satu komponen penting dalam susunan struktur gigi serta tulang yang kuat dan sehat. Kekurangan mineral fosfor akan menyebabkan masalah kesehatan gigi dan gusi serta terjadinya masalah pada tulang, seperti osteoporosis. Jadi untuk mencegah osteoporosis dan kerusakan gigi, anda perlu mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium, magnesium serta fosfor.

  • Membantu pencernaan

Mineral fosfor juga ikut berperan dalam menjaga serta melancarkan pencernaan. Mineral fosfor berfungsi untuk merangsang system pencernaan kita dalam mencerna beberapa vitamin, seperti riboflavin serta niacin. Riboflavin serta niacin sangat penting artinya dalam hal metabolism tubuh manusia.

  • Melancarkan proses urinasi
gambaran organ ginjal

gambaran organ ginjal

Fosfor juga sangat penting artinya bagi kesehatan organ ginjal. Mineral fosfor juga ikut berperan dalam melancarkan proses urinasi atau buang air kecil. Urinasi yang lancar akan membuat tubuh kita lebih sehat karena berbagai limbah dan racun dalam tubuh kita akan keluar melalui urin. Kondisi seperi ini akan mengurangi kelebihan garam, air, asam urat serta berbagai bahan lain yang sudah tidak diperlukan lagi oleh tubuh kita

  • Membantu proses pembentukan protein

Fosfor juga dibutuhkan oleh tubuh kita dalam proses sintesa protein yang nantinya akan sangat penting artinya dalam hal membangun jaringan tubuh serta memperbaiki jaringan tubuh yang rusak. Memenuhi kebutuhan fosfor dalam tubuh kita akan menjamin tubuh kita tetap sehat serta penting sekali artinya bagi anak-anak yang masih dalam proses pertumbuhan.

  • Menjaga hormone tetap seimbang

Kebutuhan harian akan mineral fosfor harian yang selalu terpenuhi akan sangat baik untuk mengendalikan serta menjaga hormone dalam tubuh tetap seimbang. Dalam sebuah penelitian telah diketahui, bahwa fosfor juga ikut ambil bagian dalam melindungi serta menjaga kesehatan kelenjar-kelenjar hormone dalam tubuh kita, sehingga hormone yang ada dalam tubuh kita tetap seimbang dan stabil.

  • Menstabilkan metabolism tubuh

Fosfor juga membantu system metabolism tubuh tetap stabil. Sebab, fosfor juga ikut berperan dalam memanfaatkan karbohidrat serta lemak dalam tubuh. System metabolism tubuh yang tabil dan baik akan membuat tubuh kita mampu menghasilkan energy yang lebih optimal serta mampu mengurangi resiko kelebihan berat badan atau obesitas yang berbahaya.

  • Memperbaiki sel-sel tubuh

Tubuh kita membutuhkan fosfor untuk proses memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak karena berbagai macam hal. Dengan kebutuhan fosfor yang selalu tercukupi maka sel-sel dalam tubuh kita akan selalu dalam kondisi sehat serta bekerja dengan lebih maksimal.

  • Membantu fungsi saraf dan otot
nyeri otot

nyeri otot

Fosfor ikut berperan dalam membantu fungsi saraf dan otot. Selain itu, kebutuhan mineral fosfor harian yang selalu tercukupi akan ikut berperan dalam menjaga kesehatan saraf dan otot dalam tubuh kita. Mengkonsumsi makanan yang mengandung mineral fosfor maupun suplemen fosfat akan mampu mengurangi kelelahan otot serta mencegah nyeri otot.

  • Memperbaiki dan menyehatkan organ otak

Otak merupakan salah satu orang yang penting bagi kita yang juga sangat membutuhkan fosfor. Fosfor merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam susunan jaringan otak serta ikut membantu fungsi dari organ otak. Maka dari itu, fosfor juga bisa dikatakan sebagai mineral yang penting bagi kesehatan otak.

  • Membantu proses biokimia dalam tubuh

Untuk menggerakkan serta menyelaraskan sel-sel, jaringan serta organ dalam tubuh kita, diperlukan suatu rangkaian reaksi kimia yang semuanya membutuhkan nutrisi, enzim, hormone dan lain sebagainya. Mineral fosfor juga ikut ambil bagian dalam menyelaraskan  berbagai proses kimia dalam tubuh kita.