Berbagai Manfaat Dari Minyak Ikan Untuk Kesehatan

manfaat minyak ikan untuk kesehatan

manfaat minyak ikan untuk kesehatan

Minyak ikan memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan kita, karena mengandung asam lemak omega 3 esensial, seperti DHA atau asam Docosahexaenoic dan EPA atau asam eicosapentaenoic. Selain itu, minyak ikan juga mengandung asam alfa-linolenat atau biasa disebut ALA dan Gamma-linolenat yang disebut GLA.

Namun kita harus tetap berhati-hati. Minyak ikan hanya berfungsi untuk menunjang kesehatan serta mencegah terjadinya penyakit, bukan untuk mengobati suatu penyakit. Ada begitu banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi minyak ikan.

Kebanyakan minyak ikan dihasilkan dari ikan makarel, trout,herring, halibut, sarden, tuna, tiram dan salmon. Kualitas dari minyak ikan sangat tergantung pada jenis ikan yang akan diambil minyaknya.

Ada begitu banyak manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan dari mengkonsumsi minyak ikan, seperti:

  • Menjaga kesehatan jantung

Ada banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa omega 3 mampu mengurangi berbagai penyakit yang disebabkan oleh gangguan pada system kardiovaskular. Omega 3 mampu mengurangi penyakit jantung serta aritmia jantung. Hal ini juga mampu menurunkan kadar LDL dan meningkatkan kadar HDL dalam tubuh. Minyak ikan juga mampu mencegah terjadinya atherosclerosis, sehingga anda akan terhindar dari serangan jantung maupun stroke. 

  • Menurunkan berat badan
menimbang berat badan

menimbang berat badan

Ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa minyak ikan juga dapat digunakan untuk menurunkan berat badan. Berbagai macam latihan yang anda lakukan untuk menurunkan berat badan akan menjadi lebih efektif, bila anda kombinasikan dengan mengkonsumsi minyak ikan. Selain itu metabolism tubuh anda juga akan semakin meningkat, sehingga berat badan anda akan tetap normal.

  • Meningkatkan system kekebalan tubuh

Mengkonsumsi minyak ikan secara teratur akan ikut meningkatkan system kekebalan tubuh. Meningkatnya system kekebalan tubuh akan membuat anda lebih sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Minyak ikan juga dapat digunakan untuk mencegah penyakit akibat autoimun.

  • Mencegah inflamasi

Minyak ikan mampu mengurangi dan mencegah terjadinya inflamasi pada pembuluh darah maupun jaringan dalam tubuh kita. Para ahli kesehatan banyak yang menyarankan untuk mengkonsumsi minyak ikan pada orang-orang yang mengidap inflamasi kronis. Minyak ikan juga efektif untuk memperbaiki gangguan pencernaan.

  • Memperbaiki kondisi arthritis

Minyak ikan juga sering digunakan untuk memperbaiki kondisi arthritis. Penggunaan minyak ikan juga mampu mengurangi kebutuhan obat anti-inflamasi karena arthritis. Dalam kasus osteoarthritis, minyak ikan juga mampu membantu dalam hal mengurangi dampak buruk dari enzim yang mampu merusak tulang rawan.

  • Mengurangi depresi

Kandungan omega 3 dalam minyak ikan juga mampu mengurangi depresi dan kecemasan. Hingga saat ini masih belum ditemukan bagaimana mekanismenya. Namun penggunaan minyak ikan dipercaya mampu menstabilkan mood seseorang. Kebanyakan orang-orang yang rajin mengkonsumsi ikan memiliki mood yang lebih baik, sehingga terhindar dari depresi, kecemasan serta stress berlebihan.

  • Mencegah terjadinya gangguan mata
anatomi mata

anatomi mata

Minyak ikan juga mampu memperbaiki kemampuan organ mata. Mengkonsumsi minyak ikan mampu mengurangi degenerasi macula yang berkaitan dengan usia. Namun hal seperti ini masih memerlukan penelitian yang lebih dalam lagi.

  • Mencegah Alzheimer

Ada sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa minyak ikan juga mampu mencegah terjadinya penyakit Alzheimer. Minyak ikan kaya akan asam lemak esensial, seperti DHA dan EPA yang nantinya akan ikut memperbaiki kondisi organ otak. Otak kita akan lebih focus dan tetap terjaga kesehatannya. Dengan mengkonsumsi minyak ikan secara rutin, anda akan terhindar dari penyakit Alzheimer dan demensia.

  • Menjaga kesehatan kulit

Minyak ikan juga mampu menjaga kesehatan kulit. Bila kulit anda cenderung kering dan kasar, anda bisa mencoba mengkonsumsi minyak ikan secara rutin. Kulit kita akan selalu terjaga kelembabannya. Dengan mengkonsumsi minyak ikan, maka kulit kita akan selalu dalam keadaan sehat dan terhindar dari eksim, psoriasis, ruam dan noda hitam. Sekarang banyak obat-obatan untuk kulit yang mengandung minyak ikan untuk mengobati psoriasis.

  • Mencegah jerawat

Jerawat terjadi karena adanya penyumbatan pada pori-pori kulit. Penyumbatan pada pori-pori kulit nantinya akan menyebabkan munculnya peradangan yang disebut jerawat. Minyak ikan memiliki sifat anti-inflamasi, sehingga nantinya akan mencegah terjadinya peradangan yang menyebabkan munculnya jerawat. Selain itu, minyak ikan juga akan meningkatkan kesehatan kulit. Kulit yang selalu sehat akan terhindar dari jerawat.

  • Mencegah kanker

Minyak ikan baik sekali untuk mengurangi berat badan pada orang-orang yang mengidap penyakit kanker pancreas. Mengkonsumsi minyak ikan juga mampu mengurangi kelebihan kolesterol atau trigliserida yang snagat berkaitan dengan kanker.

  • Baik untuk pengidap diabetes tipe 2
diabetes tipe 2

diabetes tipe 2

Umumnya orang-orang yang mengidap penyakit diabetes tipe 2 lebih rentan mengalami gangguan pada system kardiovaskular, seperti penyakit jantung koroner, atherosclerosis, maupun stroke. Selain itu, minyak ikan juga mampu menurunkan kadar trigliserida pada pengidap diabetes.

  • Memperbaiki kesehatan rambut

Mengkonsumsi minyak ikan juga baik untuk memperbaiki kesehatan rambut. Omega 3 yang terkandung dalam minyak ikan nantinya akan ikut memberikan nutrisi yang baik bagi folikel rambut. Hal seperti ini nantinya akan membuat rambut menjadi lebih sehat dan juga lebih kuat. Selain itu minyak ikan juga kaya akan protein yang juga dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut.

  • Memperbaiki peredaran darah

Minyak ikan mampu memperbaiki peredaran darah. sebab, minyak ikan mampu mengurangi kadar trigliserida serta kolesterol LDL yang menumpuk dalam pembuluh darah. Penumpukan trigliserida serta kolesterol LDL dalam darah nantinya akan membuat peredaran darah tidak lancar.