Berbagai Manfaat Dari Susu Kambing Untuk Kesehatan

manfaat susu kambing untuk kesehatan

manfaat susu kambing untuk kesehatan

Seperti namanya, susu kambing adalah susu yang berasal dari kambing. Susu kambing bisa dikatakan lebih sulit untuk ditemukan karena kalah pamor dengan susu sapi.

Ada sebuah penelitian yang menyatakan bahwa susu kambing memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Susu kambing tidak terlalu mahal dalam proses pembuatan, karena kebanyakan tidak perlu masuk tahap homogenisasi.

Susu kambing tidak cocok diberikan pada anak-anak. Susu kambing lebih cocok diberikan pada usia remaja dan orang dewasa. Komposisi kimiawi serta manfaat dari susu kambing  lebih baik daripada susu sapi.

Orang-orang yang mengidap intoleransi laktosa dapat mengkonsumsi susu kambing, sebagai pengganti susu sapi. Saat ini susu kambing banyak diolah menjadi mentega, yoghurt maupun keju.

Berbagai manfaat dari susu kambing untuk kesehatan, meliputi:

  • Memperkuat tulang

Karakter umum dari semua bentuk susu adalah memperkuat tulang. Semua bentuk susu kaya akan kalsium, begitu juga dengan susu kambing. Kandungan kalsium dari susu kambing sebenarnya sama dengan susu sapi serta tanpa efek samping. Dengan adanya kalsium dalam tubuh, maka tulang kita akan tetap sehat serta tetap kuat. Sehingga dapat mencegah terjadinya osteoporosis.

  • Mencegah inflamasi

Susu kambing mengandung senyawa-senyawa unik yang dapat mencegah terjadinya inflamasi. Susu kambing juga dapat mencegah sakit perut, yang biasanya terjadi setelah kita mengkonsumsi susu sapi. Susu kambing mengandung enzim serta senyawa yang dapat menenangkan inflamasi pada usus maupun area tubuh lainnya.

  • Komposisinya mirip dengan ASI
minum susu

minum susu

Komposisi kimiawi dalam susu kambing mirip sekali dengan ASI. Namun tetap saja, susu kambing tidak baik untuk bayi maupun anak-anak dibawah lima tahun. Karena komposisinya yang mirip dengan ASI maka mengkonsumsi susu kambing akan memberikan banyak nutrisi yang menyehatkan tubuh serta mampu mengurangi stress pada system pencernaan.

  • Meningkatkan metabolism

Nutrisi susu kambing jauh lebih padat dan lebih banyak daripada susu sapi. Secangkir susu kambing memberikan hampir 40% kebutuhan kalsium harian, 20% asupan vitamin B serta banyak kalium dan juga fosfor. Susu kambing juga mampu meningkatkan penyerapan zat besi serta tembaga yang baik sekali untuk menjaga saluran pencernaan. Saluran pencernaan yang baik akan membantu meningkatkan metabolism tubuh secara alami.

  • Menjaga kesehatan jantung

Senyawa dalam susu kambing mampu menjaga keseimbangan kolesterol dalam tubuh kita. Dengan kadar kolesterol yang seimbang, Maka kita akan terhindar dari aterosklerosis, serangan jantung serta stroke. Susu kambing kaya akan kalium yang nantinya akan ikut menurunkan tekanan darah. Kalium juga merupakan vasodilator yang akan menenangkan pembuluh darah serta mengurangi ketegangan pada system kardiovaskular.

  • Meningkatkan daya tahan tubuh

Susu kambing mengandung selenium dalam jumlah yang cukup banyak. Selenium merupakan komponen kunci dalam fungsi system daya tahan tubuh. Kebutuhan selenium yang tercukupi akan melindungi tubuh kita dari berbagai infeksi maupun penyakit.

  • Baik untuk membentuk otot
yoghurt dari susu kambing

yoghurt dari susu kambing

Susu kambing kaya akan protein, yang merupakan kunci dari pertumbuhan serta membentuk otot. Selain itu protein juga sangat diperlukan dalam proses produksi sel maupun jaringan tubuh. Dengan asupan susu kambing yang kaya protein, maka tubuh kita akan tetap sehat secara keseluruhan.

  • Ikut menjaga berat badan

Susu kambing mengandung lemak yang baik untuk kesehatan. Lemak esensial yang baik untuk kesehatan ini nantinya akan menjaga kesehatan serta system metabolism tubuh. Metabolism yang baik serta system pencernaan yang sehat akan membuat berat badan kita tetap dalam kondisi normal.

Karena komposisinya kimiawi maupun senyawa-senyawa yang terlalu kuat, maka susu kambing tidak dianjurkan untuk bayi dan anak-anak dibawah umur 5 tahun. Ketika anak-anak sudah mencapai usia diatas 5 tahun, anda bisa memberikan susu kambing secara rutin untuk menunjang kesehatannya.