Berbagai Manfaat Daun Thyme Untuk Kesehatan

manfaat daun thyme untuk kesehatan

manfaat daun thyme untuk kesehatan

Thyme memiliki nama ilmiah Thymus vulgaris. Thyme merupakan tumbuhan semak yang daunnya sering digunakan dalam kuliner maupun obat-obatan herbal selama ribuan tahun.

Daun dan batang thyme juga bisa digunakan sebagai bahan tambahan untuk memperkaya rasa dan aroma dari masakan tertentu. Umumnya daun dan batang thyme digunakan dalam pembuatan sup, saus, serta hidangan yang menggunakan daging. Selain itu thyme juga bisa digunakan untuk hiasan dalam masakan tertentu.

Thyme merupakan salah satu rempah daun yang berasal dari Mesir dan sudha sangat terkenal di Eropa. Daunnya mungil dan memiliki aroma yang khas dan harum. Orang Yunani dan Afrika juga sering menggunakan daun thyme untuk obat.

Daun thyme dapat menghasilkan minyak esensial yang juga berkhasiat dalam menjaga kesehatan. Daun thyme yang sudah dikeringkan bisa diseduh dengan air panas seperti membuat teh, maupun ditumbuk dengan sedikit air sampai menjadi pasta yang bisa digunakan secara topical untuk tubuh.

Sebenarnya ada begitu banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari thyme untuk menunjang kesehatan kita, seperti:

  • Anti jamur alami

Thyme merupakan salah satu tumbuhan yang memiliki sifat anti jamur alami. Thyme mengandung senyawa timol. Senyawa timol yang terkandung dalam thyme memiliki banyak kemampuan, termasuk mencegah infeksi karena jamur maupun virus. Banyak senyawa timol dalam daun thyme juga mampu mengurangi ketegangan pada system kekebalan tubuh kita.

  • Mengandung antioksidan
teh daun thyme

teh daun thyme

Tanpa kita sadari, thyme kaya akan antioksidan alami yang telah digunakan sejak ribuan tahun yang lalu untuk meningkatkan kesehatan tubuh secara menyeluruh. Daun thyme kaya akan lutein, zeaxanthine serta thymonin yang semua bersifat antioksidan. Semua senyawa tersebut akan menetralkan serta mengurangi jumlah radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas merupakan produk sampingan dari metabolism sel yang snagat berbahaya bagi kesehatan. Antioksidan mampu mencegah stress oksidatif pada semua system organ tubuh kita, seperti jantung, jalur saraf, kulit serta mata.

  • Peredaran darah

Tingginya kadar zat besi serta berbagai mineral lainnya dalam daun thyme mampu merangsang produksi sel darah merah dalam tubuh kita. Hal ini nantinya akan membuat sel darah merah menjadi lebih banyak, sehingga peredaran darah dalam tubuh kita menjadi lebih lancar. Peredaran darah yang lancar nantinya akan ikut mencukupi kebutuhan oksigen dalam jaringan tubuh kita.

  • Menjaga kesehatan jantung

Daun thyme juga kaya akan kalium serta mangan yang penting bagi kesehatan. Kalium bertindak sebagai vasodilator yang nantinya mampu mengurangi strest berlebihan pada system kardiovaskular dengan cara menenangkan pembuluh darah serta menurunkan tekanan darah. Hal ini nantinya akan mencegah terjadinya atherosclerosis, stroke, serangan jantung serta penyakit jantung coroner.

  • Menjaga kesehatan mata

Adanya unsur karotenoid serta vitamin A dalam daun thyme, membuat daun thyme mampu dijadikan sebagai agen antioksidan yang baik untuk kesehatan, khususnya kesehatan organ mata. Karotenoid mampu menetralkan kadar radikal bebas dalam organ mata serta akan memperlambat terjadinya degenerasi macula maupun penyakit katarak pada mata anda.

  • Meningkatkan system kekebalan tubuh

Adanya kandungan vitamin C dalam daun thyme, membuat daun thyme bisa kita gunakan untuk meningkatkan system kekebalan tubuh. Di dalam tubuh kita, vitamin C digunakan untuk merangsang produksi sel darah putih. Sel darah putih berfungsi untuk melindungi tubuh kita dari berbagai macam penyakit maupun infeksi. Selain itu, vitamin C juga berfungsi untuk produksi kolagen yang penting artinya dalam memperbaiki sel, otot, jaringan serta pembuluh darah yang rusak dalam tubuh kita.

  • Mengurangi batuk

Sejak zaman dahulu, daun thyme banyak digunakan sebagai obat batuk alami. Orang Mesir kuno menggunakan daun thyme dan daun ivy dan diseduh dengan air hangat. Air rebusan daun thyme dan daun ivy mampu membantu mengeluarkan dahak dan meringankan batuk karena bronchitis maupun karena sakit tenggorokan biasa.

  • Memperbaiki mood
minyak daun thyme

minyak daun thyme

Minyak essensial dari daun thyme memiliki zat aktif yang disebut carvacrol. Dalam beberapa penelitian telah ditemukan bahwa carvacrol mampu mempengaruhi aktivitas neuron dan membuat seseorang menjadi merasa lebih baik. Selain itu daun thyme juga mengandung vitamin B6 yang nantinya mampu mengurangi ketegangan akibat stress berlebihan.

  • Mengurangi bekas luka

Minyak esensial dari daun thyme juga mengandung senyawa cicatrisant. Senyawa cicatrisant mampu mengurangi bekas luka maupun noda hitam pada kulit. Berbagai bekas luka karena cacar, campak, jerawat , bahkan luka setelah pembedahan juga dapat dikurangi hanya dengan mengoleskan minyak esensial dari daun thyme.

  • Memperbaiki masalah pernapasan

Sejak zaman dahulu, daun thyme juga sering digunakan untuk memperbaiki masalah pernapasan. Bila anda mengidap asma, bronchitis, sesak napas, flu, pilek, sinusitis atau alergi dingin, anda bisa memperbaikinya dengan menggunakan daun thyme. Daun thyme mampu mengurangi lendir berlebihan serta memiliki senyawa yang bersifat anti-inflamasi. Hal ini nantinya akan membuat lendir dalam system pernapasan menjadi berkurang, sehingga system pernapasna menjadi lebih baik.

  • Memperbaiki pencernaan

Daun thyme juga dapat digunakan untuk memperbaiki pencernaan. air rebusan daun thyme mampu mengurangi masalah pada perut serta mengurangi perut kembung. Minum air rebusan daun thyme juga mampu mengurangi masalah kram perut dan usus.

Meskipun daun thyme memiliki banyak manfaat untuk menunjang kesehatan, sebaiknya konsumsilah dengan bijaksana. Daun thyme memang tidak menyebabkan alergi, namun bila dikonsumsi secara berlebihan mampu menyebabkan gangguan pencernaan, terlebih lagi bagi orang-orang yang perutnya sensitive.