Berbagai Manfaat Jujube Untuk Kesehatan

manfaat jujube untuk kesehatan

manfaat jujube untuk kesehatan

Jujube memiliki nama ilmiah Ziziphus jujuba. Jujube sering disebut dengan nama kurma merah atau kurma Korea. Jujube merupakan buah yang berasal dari tanaman pohon asli dari Asia Selatan, seperti di Cina selatan dan Cina tengah.

Jujube telah banyak digunakan sejak jaman dahulu di dataran Cina. Ada lebih dari 400 kultifar yang berbeda dari jujube.  Saat ini jujube sudah tersebar sampai ke Eropa dan banyak tersedia di toko buah eksotis.

Di dunia kuliner, jujube yang masih segar maupun yang sudah dikeringkan sering dijadikan permen. Terkadnag jujube juga dijadikan jus. Dibeberapa negara, jujube diambil dagingnya dan dijadikan bahan tambahan dalam pembuatan kue. Ada juga yang dikeringkan dan dijadikan manisan.

Mengkonsumsi jujube, akan sangat baik bagi kesehatan tubuh kita. Jujube kaya akan antioksidan serta berbagai senyawa organic yang mampu menunjang kesehatan tubuh kita. Dengan begitu, akan ada begitu banyak manfaat dari jujube untuk kesehatan kita, seperti:

  • Mencegah insomnia

Mengkonsumsi ekstrak biji buah jujube bisa digunakan untuk mencegah serta mengurangi insomnia. Berbagai senyawa yang terkandung dalam ekstrak biji jujube memiliki sifat menenangkan yang akan membuat tubuh dan pikiran anda menjadi lebih tenang dan tidur dengan lebih nyenyak. Minum air rebusan biji jujube juga bisa dilakukan untuk mencegah insomnia.

  • Masalah sirkulasi darah
tanaman dan buah jujube

tanaman dan buah jujube

Buah jujube kaya akan zat besi dan fosfor. Zat besi dan fosfor merupakan komponen utama dalam pembentukan sel darah merah. Bila kadar zat besi dalam tubuh anda terlalu sedikit, maka anda akan mengalami anemia. Selain anemia, kekurangan zat besi juga bisa menyebabkan lemah otot, cepat lelah, gangguan pencernaan serta gangguan kognitif. Dengan meningkatnya zat besi dan fosfor dalam tubuh, maka sirkulasi darah akan semakin lancar, sehingga masuknya oksigen dalam system organ akan semakin optimal.

  • Memperkuat tulang

Anda perlu mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium, fosfor dan zat besi, untuk memperkuat tulang. Buah jujube juga mengandung kalsium, fosfor dan zat besi. Ketiga mineral tersebut akan ikut memperkuat tulang dalam tubuh anda. Ketika kita mulai menua maka tulang kita akan semakin rapuh, sehingga kita lebih rentan mengalami osteoporosis. Dengan mengkonsumsi jujube, maka akan memperlambat munculnya penyakit osteoporosis.

  • Mengendalikan berat badan

Memperbanyak konsumsi makanan seperti buah dan sayur merupakan cara yang paling umum untuk mengendalikan berat badan. Jujube merupakan salah satu jenis buah yang rendah kalori namun kaya akan protein dan juga serat. Dengan mengkonsumsi buah jujube, maka anda akan merasa kenyang lebih lama. Sehingga anda tidak akan makan secara berlebihan dan ikut mencegah peningkatan berat badan.

  • Meningkatkan kekebalan tubuh

Jujube juga mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Jujube kaya akan vitamin A dan juga vitamin C yang merupakan antioksidan alami. Antioksidan nantinya akan menetralkan radikal bebas yang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh kita. Vitamin C juga akan ikut mencegah terjadinya berbagai penyakit, dengan cara meningkatkan produksi sel darah putih. Sel darah putih yang semakin meningkat akan ikut meningkatkan system kekebalan tubuh kita.

  • Mengurangi stress dan kecemasan

Jujube memiliki sfat anxiolytic atau menenangkan. Menggunakan minyak ekstrak jujube maupun mengkonsumsi buah jujube akan membuat tubuh maupun pikiran menjadi lebih tenang. Mengkonsumsi jujube secara teratur akan mengurangi kecemasan dan mengurangi stress. stress akan memicu perubahan hormone dalam tubuh yang mampu menyebabkan munculnya beberapa penyakit yang berbahaya bagi tubuh.

  • Mencegah kanker

Antioksidan yang terkandung dalam buah jujube mampu mengurangi aktivitas radikal bebas serta penyebaran sel-sel kanker. Dengan begini, maka mengkonsumsi jujube akan sangat baik sekali untuk mencegah terjadinya kanker. Selain itu, mengkonsumsi jujube juga mampu mencegah penyakit kronis lainnya, seperti penyakit jantung.

  • Menjaga kesehatan kulit
jujube yang sudah dikeringkan

jujube yang sudah dikeringkan

Ekstrak kulit jujube juga kaya akan kandungan antioksidan. Penggunaan kulit jujube secara topical pada kulit mampu mengobati berbagai macam iritasi serta radang pada kulit. Iritasi serta radang kulit mampu menyebabkan psoriasis, eksim serta jerawat. Mengkonsumsi jujube juga akan memberikan manfaat yang sama dalam menjaga kesehatan kulit. Hal ini juga mampu mencegah timbulnya keriput serta noda pada kulit.

  • Baik untuk pencernaan

Buah jujube kaya akan serat yang baik sekali untuk pencernaan. Selain itu, jujube juga mengandung saponin serta tritepenoid yang akan ikut berperan dalam mengoptimalkan penyerapan nutrisi serta memperbaiki gerak peristaltic usus. Jadi, mengkonsumsi jujube akan mencegah terjadinya sembelit, kram perut, perut kembung dan bahkan mampu mencegah terjadinya kanker kolon.

  • Detoksifikasi darah

Kandungan saponin serta alkaloid yang dapat kita temukan dalan buah jujube memiliki kemampuan untuk memurnikan darah serta mengurangi berbagai macam racun yang berbahaya dari system tubuh kita. Saponin dan alkaloid termasuk senyawa yang juga bersifat antioksidan, yang nantinya juga akan ikut mencegah berbagai macam gangguan dan penyakit, ikut mengurangi stress pada system kekebalan, serta ikut memperbaiki system limfatik.

Meskipun jujube sangat baik sekali untuk kesehatan, namun sebaiknya jangan dikonsumsi secara berlebihan. Jujube bisa sangat berbahaya bagi orang-orang yang mengidap diabetes, karena kandungan karbohidratnya mampu mempengaruhi kadar gula darah secara signifikan.

Jujube tidak akan memberikan efek samping pada kesehatan, kecuali orang yang mengkonsumsinya memang alergi terhadap jujube. Sebelum mengkonsumsinya untuk tujuan kesehatan, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter ahli.