Berbagai Manfaat Kecambah Untuk Kesehatan

kecambah

kecambah

Kecambah atau biasa disebut dengan nama tauge, merupakan jenis makanan yang umumnya berasal dari biji-bijian, seperti kacang hijau, kedelai, alfalfa dan lain sebagainya.

Kecambah sendiri bentuknya lebih kecil bila dibandingkan dengan sayuran yang lain. Kecambah biasanya ditambahkan sebagai pelengkap pada berbagai jenis makanan tradisional seperti gado-gado, rawon, ketoprak, dan makanan yang lainnya.

Kecambah merupakan makanan yang sangat mudah untuk didapat dan murah. Dan ternyata, kecambah juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Bahkan, kecambah sering disebut-sebut sebagai makanan sumber nutrisi, karena kandungan nutrisinya yang tinggi. Protein yang terkandung di dalam kecambah lebih tinggi 19% bila dibandingkan dengan protein yang terkandung dalam biji kacang aslinya. Hal ini terjadi disebabkan oleh adanya proses hidrolisis protein yang menyebabkan tingginya kadar asam amino dalam kecambah.

Menurut beberapa pakar kesehatan, ada baiknya mengkonsumsi kecambah saat kecambah tersebut masih dalam keadaan mentah. Karena, dengan cara mengkonsumsi kecambah dalam keadaan mentah, maka kandungan nutrisinya masih tetap utuh.

roti gandum isi kecambah alfalfa

roti gandum isi kecambah alfalfa

Umumnya, kecambah mentah bisa dikonsumsi dengan makanan lain seperti gado-gado maupun salad bahkan bisa juga di jus. Namun jangan lupa untuk mencuci kecambah tersebut terlebih dahulu.

Sebagian pakar kesehatan juga menyarankan untuk mengkonsumsi kecambah dalam keadaan setengah matang serta harus langsung dikonsumsi agar kandungan nutrisinya tidak berkurang.

Bila anda ingin menggunakan kecambah sebagai pelengkap masakan yang berkuah, sebaiknya masukkan kecambah sesaat sebelum masakan diangkat. Jadi, kecambah jangan dimasak terlalu lama.

Dengan cara seperti ini, maka berbagai enzim serta kandungan vitamin C dalam kecambah tidak mengalami kerusakan. Bila direbus atau dimasak terlalu lama maka kandungan enzim serta vitamin C dalam kecambah akan rusak dan bahkan menjadi berkurang.

Kecambah mengandung banyak nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Berbagai nutrisi yang terkandung di dalam kecambah, meliputi protein, seng, karbohidrat, asam folat, potasium, kalium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B, vitamin C, niasin, serat serta energi.

Selain itu, di dalam kecambah, terkandung fitokimia serta kavanin yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Berbagai manfaat dari kecambah untuk kesehatan tubuh kita, meliputi:

  • Mencegah kanker

kecambahKecambah merupakan jenis makanan yang mengandung serat serta air yang dapat membantu kelancaran organ-organ pencernaan, sehingga dapat membantu kita mencegah terjadinya kanker kolon. Berbagai racun yang ada di dalam tubuh yang tidak bisa dikeluarkan nantinya dapat menyebabkan kanker. Selain itu, kandungan antioksidan dalam kecambah juga dapat mencegah penyebaran sel-sel kanker.

  • Mencegah osteoporosis

Kandungan estrogen alami yang terdapat di dalam kecambah dapat memadatkan susunan tulang dalam tubuh kita serta dapat mencegah terjadinya pengeroposan tulang atau osteoporosis.

  • Mencegah lemak dalam darah

Lemak dalam darah yang berlebihan dapat menyumbat pembuluh darah. pembuluh darah yang tersumbat lemak akan meyebabkan munculnya penyakit stroke serta penyakit jantung koroner. Lemak dalam darah dapat dikurangi dengan cara mengkonsumsi kecambah setiap hari. Sebab, kecambah mengandung saponin yang dapat menghancurkan lemak jahat atau LDL dalam tubuh kita. Kandungan saponin yang paling tinggi terdapat pada kecambah alfalfa.

  • Meningkatkan kesuburan

Dengan mengkonsumsi kecambah secara rutin, akan dapat meningkatkan kesuburan seseorang. Kecambah mengandung vitamin E yang juga dapat membantu meningkatkan kesuburan seseorang. Vitamin E merupakan antioksidan yang dapat melindungi sel-sel dalam tubuh dari serangan radikal bebas. Dengan cara mengkonsumsi kecambah, maka vitamin E di dalam kecambah akan melindungi sel-sel telur maupun spermatozoa dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

  • Memperlambat proses penuaan

beberapa pakar kesehatan mengatakan bahwa, mengkonsumsi kecambah dalam keadaan masih mentah dapat memperlambat proses penuaan dini. Jangan masak  kecambah sampai layu. Kecambah dapat mencegah serta memperlambat penuaan karena kandungan vitamin C yang ada di dalamnya.

  • Untuk kecantikan

Kecambah juga dapat menghilangkan noda hitam pada bagian wajah, mencegah tumbuhnya jerawat, menyuburkan rambut serta membantu proses peremajaan kulit. Kulit akan tetap halus dengan mengkonsumsi kecambah secara rutin. Kandungan serat dalam kecambah juga dapat membuat tubuh anda tetap langsing

 

3 comments for “Berbagai Manfaat Kecambah Untuk Kesehatan

  1. Erna Verly
    December 4, 2014 at 10:09 pm

    Kalau di pasar ada yg namanya TAUGE PENDEK yg masih meringkel sering dimakan untuk soto dan ada TAUGE PANJANG yg sering dimasak tumis dan juga untuk campuran kredok, diantara kedua tauge tersebut mana yg lebih baik ?
    Terima kasih infonya.

    • Jeffry Laseduw
      December 5, 2014 at 4:22 am

      dua duanya sama baiknya… kalau tidak salah, tauge pendek itu sebetulnya yang baru tumbuh tunasnya, sedangkan tauge panjang itu sekitar 1 minggu setelah tumbuh tunasnya

  2. Pingback: Bob

Comments are closed.