Berbagai Manfaat Kesehatan Dari Adas Sowa

manfaat adas sowa untuk kesehatan

manfaat adas sowa untuk kesehatan

Adas sowa memiliki nama ilmiah Anethum graveolens. Anethum berasal dari kata anethon dan aemi dalam bahasa Yunani yang artinya ‘saya bernapas’ dan graveolens berasal dari kata gravedens dalam bahasa Latin yang artinya “bau yang menyengat’.

Di dunia barat adas sowa dikenal dengan nama dill yang diambil dari kata dylle dari bahasa bangsa Nordik yang artinya ‘menenangkan’ atau dari kata tylle yang artinya “menidurkan’.

Adas sowa merupakan tumbuhan berbunga dari keluarga Apiaceae. Adas sowa memiliki bunga yang berwarna kuning dan buah yang baunya juga menyengat. Kebanyakan adas sowa digunakan sebagai bumbu dapur. Di Indonesia, tanaman adas sowa bisa ditemukan di Pulau Jawa.

Adas sowa dipercaya berasal dari wilayah Timur Tengah atau Asia Barat. Sejak zaman dahulu adas sowa telah digunakan sebagai bahan penambah rasa pada makanan di Mesir. Sejak saat itulah penggunaan adas sowa menyebar sampau ke Mesopotamia dan digunakan oleh bangsa Yunani dan Romawi sebagai bumbu masakan dan juga obat.

Bangsa Romawi membawa adas sowa ke daratan Eropa pada tahun 1000 dan disanalah adas sowa lebih terkenal dengan nama dill. Sekitar awal abad ke-17, adas sowa mulai diperkenalkan di Amerika. Ada sebuah catatan yang menyatakan bahwa adas sowa mulai ditanam oleh orang-orang Eropa yang hidup di Amerika pada saat itu.

Dalam perkembangannya, adas sowa mulai banyak ditanam di Amerika Utara serta California. Dan setelah itu menyebar sampai ke wilayah Karibia dan Amerika Selatan. Di tahun 1950 adas sowa masuk ke wilayah Jammu dan Kashmir, India. Sebenarnya pada saat itu adas sowa sudah dibudidayakan di India, jauh sebelum bangsa Barat masuk ke India. Di Indonesia adas sowa diperkenalkan oleh para pedagang  dari India dan banyak ditanam di Pulau Jawa.

Selain digunakan untuk bumbu masakan, adas sowa juga sering digunakan sebagai hiasan dan bahan alami untuk menghilangkan aroma amis pada masakan tertentu. Bila anda ingin menanam adas sowa di pekarangan rumah anda, pastikan bahwa tanaman adas sowa mendapatkan banyak sinar matahari.

Adas sowa mengandung banyak senyawa organic, vitamin, serta mineral penting bagi kesehatan kita. Adas sowa mengandung monoterpen yang kuat, seperti limonene, carvone, serta nitrofuran. Adas sowa juga mengandung flavonoid, seperti vicenin dan kaempferol. Adas sowa kaya akan vitamin A, B9 dan vitamin C. Kandungan mineral dalam adas sowa, seperti zat besi dan mangan.

Ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari adas sowa, seperti:

  • Mencegah kanker

daun adas sowa

daun adas sowa

Adas sowa mengandung senyawa monoterpen yang nantinya akan meningkatkan sekresi enzim yang disebut glutathione-S-transferase. Enzim tersebut sangat efektif dalam menetralkan karsinogen yang ada di dalam tubuh kita. Enzim ini juga yang nantinya akan ikut mengurangi radikal bebas dalam tubuh kita, sehingga kita terhindar dari penyakit kanker.

  • Memperbaiki system pernapasan

Adas sowa banyak digunakan dalam hidangan pembuka serta berbagai jenis masakan lainnya. Adas sowa mengandung minyak esensial yang mampu merangsang serta mengaktifkan sekresi empedu maupun cairan pencernaan. minyak ini juga mampu merangsang gerak peristaltic usus, mengurangi beban kerja usus serta mencegah sembelit.

  • Memperbaiki system kekebalan tubuh

Adas sowa memiliki sidat antimikroba alami yang mampu mencegah berbagai macam infeksi mikroba di seluruh tubuh. Infeksi mikroba bisa terjadi pada berbagai organ dan jaringan dalam tubuh kita maupun menyebabkan infeksi pada bagian luar yaitu kulit kita.

  • Mencegah insomnia

Minyak esensial dari adas sowa juga mampu menenangkan pikiran dan juga menenangkan tubuh. Minyak esensial dari adas sowa kaya akan flavonoid serta vitamin B. Nantinya minyak esensial tersebut akan mengaktifkan berbagai hormone yang bersifat menenangkan. Sehingga nantinya akan mencegah terjadinya insomnia.

  • Menjaga kesehatan tulang

Adas sowa mengandung kalsium yang merupakan elemen penting dalam melindungi serta menjaga kesehatan tulang. Dengan begitu, Tulang anda akan tetap sehat dan kuat sampai tua. Tulang yang tetap sehat dan kuat akan membuat anda terhindar dari penyakit osteoporosis.

  • Mengurangi kelebihan gas

Adas sowa memiliki sifat karminatif, yaitu mampu mencegah dan mengurangi kelebihan gas. Gas yang berlebihan dalam perut mampu menekan berbagai organ yang halus dalam rongga dada maupun perut. Kelebihan gas mampu menyebabkan perut kembung dan sangat mengganggu. Dengan menambahkan adas sowa pada makanan anda, maka gas yang berlebihan dalam perut anda akan berkurang.

  • Mengurangi cegukan

Umumnya cegukan terjadi karena adanya gas yang terjebak pada pipa makanan. Gas yang berlebihan tersebut tidak bisa keluar, sehingga menyebabkan cegukan. Cegukan bisa juga terjadi karena alergi tertentu maupun karena adanya gangguan fungsi saraf. Adas sowa mampu mengurangi cegukan karena berbagai macam hal tersebut. Berbagai komponen dan senyawa dalam adas sowa akan mengurangi gas serta mencegah terbentuknya gas dalam tubuh kita.

  • Mencegah diare

biji adas sowa

biji adas sowa

Umumnya diare terjadi karena adanya gangguan pencernaan maupun karena mikroba. Adas sowa mampu memperbaiki gangguan pada pencernaan serta menenangkan system pencernaan. minyak esensial dari adas sowa mengandung monoterpen serta flavonoid yang nantinya akan mencegah terjadinya diare karena mikroba tertentu.

  • Mengurangi arthritis

Sejak zaman dahulu adas sowa dikenal sebagai agen anti-inflamasi. Hal ini nantinya akan membantu mengurangi peradangan serta rasa sakit yang muncul karena penyakit rheumatoid arthritis, gout dan arthritis.

  • Mencegah gangguan menstruasi

Adanya kandungan flavonoid dalam minyak esensial adas sowa mampu merangsang serta meningkatkan fungsi dari hormone tertentu yang nantinya akan ikut menjaga kelancaran siklus menstruasi  sekaligus mengurangi berbagai gangguan yang muncul saat menstruasi.

  • Menjaga kesehatan system pernapasan

Berbagai senyawa yang terkandung dalam adas sowa, seperti kaempferol, flavonoid serta monoterpen juga mampu dijadikan sebagai anticongestive dan antihistamin alami. Nantinya berbagai senyawa tersebut akan mengurangi lendir berlebihan, melonggarkan pernapasan serta mencegah berbagai gangguan pada system pernapasan. Adas sowa juga baik untuk mengurnagi gejala alergi maupun batuk.

  • Menjaga kesehatan mulut

Biji dan daun adas sowa dapat digunakan untuk menjaga kesehatan mulut serta menyegarkan napas. Karena adas sowa memiliki sifat antimikroba, maka adas sowa bisa digunakan sebagai obat pembunuh kuman yang alami. Hal ini nantinya akan mencegah terjadinya infeksi pada mulut serta mengurangi kerusakan pada gusi maupun gigi karena radikal bebas.