Berbagai Manfaat Kesehatan Dari Alpukat

manfaat alpukat untuk kesehatan

manfaat alpukat untuk kesehatan

Menurut sebuah penelitian terbaru,biji alpukat juga bisa digunakan untuk mengendalikan diabetes, peradangan, hipertensi serta mengurangi kolesterol yang berlebihan dalam tubuh. Sementara itu, penelitian lainnya juga menemukan bahwa konsumsi alpukat mampu meningkatkan kualitas dan asupan nutrisi serta mampu menurunkan resiko sindrom metabolic.

Alpukat kaya akan kandungan asam lemak namun rendah kolesterol. Banyak orang yang mengira bahwa alpukat tinggi kalori, sehingga banyak yang enggan untuk mengkonsumsi alpukat. Padahal, kandungan kalori dari alpukat sangat sedikit sekali dibandingkan dengan mentega. 

Alpukat juga dikenal dengan nama Aligator Pir, karena bentuk dan penampilan kulitnya yang kasar. Alpukat termasuk buah klimaterik, yang hanya matang setelah dipanen, sama seperti pisang. Alpukat berasal dari negara bagian Puebla, Meksiko. Sejak zaman dahulu orang-orang di Amerika Tengah telah mengkonsumsi alpukat.

Karena penampilannya yang unik, rasa serta memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, maka alpukat menjadi semakin popular. Buah ini sekarang telah banyak dibudidayakan di sejumlah negara. Karena kulitnya yang tebal, maka alpukat lebih tahan terhadap hama dan penyakit.  Maka dari itu Anda tidak perlu repot-repot membeli alpukat organic. 

Umumnya alpukat dimakan dalam bentuk segar, di buat jus, hidangan penutup maupun salad dengan tambahan garam dan merica bubuk. Yang paling popular adalah dalam bentuk guacamole dan juga topping untuk hidangan lainnya. Alpukat juga bisa digunakan sebagai pengganti mentega maupun pengganti mayones dalam pembuatan sandwich.

Alpukat dianggap sebagai makanan super. Alpukat kaya akan berbagai nutrisi, vitamin serta mineral. Alpukat juga telah dianggap sebagai sumber dari asam lemak tak jenuh tunggal dan rendah kadar gula. Alpukat juga merupakan salah satu makanan sumber energy. Alpukat kaya akan berbagai macam vitamin, seperti vitamin A, B1, B2, B3, B6, B12, C, D, E dan vitamin K. kandungan mineral dalam alpukat, meliputi kalium, kalsium, fosfor, magnesium, tembaga, mangan, zat besi, dan seng. Alpukat juga sumber serat alami yang penting bagi kesehatan. Alpukat juga kaya akan senyawa organic yang penting, seperti pitosterol, karotenoid serta flavonoid.

Dengan begitu banyaknya nutrisi, vitamin dan mineral yang terkandung dalam alpukat, maka mengkonsumsi alpukat akan sangat baik sekali bagi kesehatan. Berbagai manfaat kesehatan dari alpukat, meliputi:

  • Baik untuk system pencernaan
alpukat

alpukat

Alpukat dipercaya mampu menenangkan usus serta ikut membantu proses pencernaan. Alpukat kaya akan serat larut dan serat tidak larut yang nantinya akan ikut menjamin kesehatan dan kelancaran system pencernaan. Alpukat juga ikut merangsang lambung dan pencernaan agar dapat meresap nutrisi secara lebih optimal. Alpukat juga mampu mengurangi gejala kram perut, sembelit serta diare. Semua itu disebabkan karena alpukat kaya akan kandungan serat.

  • Menjaga kesehatan mulut

Mengkonsumsi alpukat mampu mengurangi bau mulut, khususnya yang disebabkan karena adanya gangguan pencernaan maupun sakit perut. Sebenarnya, bau mulut bisa dikurangi dengan meningkatkan kesehatan system pencernaan. Selain itu alpukat juga kaya flavonoid yang bersifat antioksidan dan antibakteri yang nantinya akan membunuh bakteri berlebihan dalam mulut yang dapat menyebabkan munculnya bau mulut. Alpukat juga mampu mencegah terjadinya kanker mulut.

  • Menjaga kesehatan kulit dan rambut

Alpukat kaya akan nutrisi yang mampu menjaga kesehatan kulit dan rambut. Saat ini banyak kosmetik maupun shampoo yang diberi tambahan estrak alpukat. Mengkonsumsi alpukat akan mencegah terjadi kulit kering dan juga memperbaiki kulit yang rusak. Jal ini juga nantinya akan ikut memperbaiki kesehatan rambut yang kering dan mudah rusak. Selain dikonsumsi, Anda juga bisa menggunakan pasta alpukat untuk masker di wajah dan juga langsung diusapkan kerambut. Minyak alpukat dipercaya mampu memperbaiki kondisi psoriasis. Kandungan beta-karoten dan likopen dalam alpukat yang membuat alpukat mampu menjaga kesehatan kulit dan rambut Anda.

  • Menjaga kesehatan hati

Alpukat sangat baik sekali untuk menjaga kesehatan hati. Alpukat kaya akan senyawa organic yang mampu membantu dalam hal meningkatkan kesehatan organ hati. Umumnya kerusakan pada organ hati disebabkan oleh penyakit hepatitis. Temuan dari berbagai penelitian tentang alpukat telah menunjukkan bahwa alpukat mampu melindungi dan menjaga kesehatan organ hati.

  • Menjaga kesehatan mata

Alpukat juga ikut membantu dalam hal menjaga kesehatan mata. Alpukat kaya akan kandungan karotenoid, seperti lutein dan zeaxanthin. Lutein dan zeaxanthin mampu menjaga kesehatan mata dan mencegah terjadinya katarak, degenerasi macula serta penyakit mata lainnya. Umumnya kondisi seperti katarak dan degenerasi macula lebih disebabkan oleh adanya penumpukan radikal bebad dalam jaringan mata. Karotenoid juga bersifat antioksidan yang nantinya akan membantu menetralkan efek dari radikal bebas.

  • Menjaga kesehatan jantung

Alpukat juga mampu menjaga kesehatan jantung. Alpukat mengandung senyawa beta-sitosterol yang berfungsi untuk menjaga kadar kolesterol sehat. Studi penelitian telah menunjukkan bahwa asupan alpukat mampu meningkatkan sifat antiatherogenic dari HDL, yang nantinya akan melindungi jantung Anda dari aterosklerosis. Selain itu, alpukat juga mengandung kalium yang mampu mengurangi ketegangan pada arteri dan pembuluh darah, sehingga nantinya akan mengurangi kemungkinan terjadinya pembekuan darah, serangan jantung serta stroke.

  • Menjaga kesehatan ginjal

Pola makan ikut berperan dalam menjaga keseimbangan mineral dan cairan bagi orang-orang yang mengidap gangguan ginjal kronis. Kalium dalam alpukat nantinya akan ikut menjaga detak jantung tetap normal. Selain itu kalium juga bekerja untuk menjaga keseimbangan cairan melalui saluran kimia untuk sel dan organ tubuh. Keseimbangan cairan merupakan hal yang penting untuk menjaga fungsi dari ginjal, yang bekerja untuk menstabilkan pergerakan cairan serta mengeluarkan racun dalam tubuh melalui urin.

  • Mengurangi Morning Sickness
Jus alpukat

Jus alpukat

Umumnya selama masa kehamilan, ibu-ibu akan mengalami morning sickness di pagi hari. Morning sickness merupakan rasa mual dan muntah di pagi hari selama masa kehamilan. Alpukat kaya akan vitamin B6 yang mampu mengurangi masalah seperti morning sickness pada ibu-ibu hamil.

  • Mengurangi arthritis

Alpukat bersifat anti-inflamasi, karena adanya kandungan phytochemical, flavonoid, karotenoid, serta asam lemak omega 3. Maka dari itu alpukat menjadi salah satu makanan yang baik sekali untuk mengurangi peradangan pada jaringan, sendi maupun otot. mengkonsumsi alpukat secara teratur menunjukkan pengurangan munculnya rasa sakit akibat dari arthritis.

  • Mencegah kanker

Mengkonsumsi alpukat secara teratur mampu mencegah kanker payudara serta kanker prostat. Alpukat kaya akan karotenoid dan lemak tak jenuh tunggal yang mampu menurunkan kanker. alpukat juga mengandung glutathione, antioksidan yang mampu melindungi sel-sel tubuh dari kanker dan bahaya radikal bebas. Pada studi terhadap kanker mulut, kanker kulit dan kanker prostat mampu menyebabkan sel kanker mengalami apoptosis atau mati dengan sendirinya.

  • Kaya antioksidan

Alpukat mengandung vitamin C dan vitamin E yang mampu membantu dalam hal meningkatkan sifat antioksidan dari tubuh kita. Vitamin C akan mendaur ulang vitamin E dan membantu mengurangi oksidasi dari LDL. Selain itu alpukat juga mengandung antioksidan lainnya, seperti epicatechin, violaxanthin, neochrome dan masih banyak lagi. Antioksidan akan menetralisir efek dari radikal bebas serta metabolism sel yang berbahaya bagi tubuh. Radikal bebas dan sel-sel berbahaya dalam tubuh mampu menyebabkan kanker, masalah penglihatan, penuaan dini, gangguan kognitif dan maish banyak lagi.

  • Menjaga berat badan

Menjaga pola makan dan berolahraga akan sangat baik untuk menjaga berat badan. Alpukat adalah salah satu jenis buah yang mampu mendukung pengendalian berat badan. Alpukat kaya akan serat alami yang nantinya akan membuat anda merasa kenyang dalam waktu lebih lama.

  • Menjaga kesehatan tulang

Kandungan karotenoid, seperti lutein dan zeaxanthin dalam alpukat mampu menurunkan resiko cacat tulang rawan atau gejala osteoarthritis. Jadi, dengan mengkonsumsi alpukat secara teratur maka anda akan terhindar dari osteoarthritis. Selain itu, adanya mineral seng, tembaga, selenium dan juga kalsium akan ikut memperkuat san menjaga kesehatan tulang anda sampai tua.

Meskipun alpukat memberikan banyak sekali manfaat bagi kesehatan kita, sebaiknya jangan dikonsumsi secara berlebihan. Mengkonsumsi alpukat secara berlebihan dapat menyebabkan migraine, mual, muntah serta kepekaan terhadap cahaya. Maka dari, sebaiknya jangan mengkonsumsi alpukat secara berlebihan.