Berbagai Manfaat Kesehatan Dari Jintan Putih

manfaat jintan putih untuk kesehatan

manfaat jintan putih untuk kesehatan

Jintan putih atau kumin, memiliki nama ilmiah Cuminum cyminum. Jintna putih merupakan tumbuhan berbungan dari keluarga Apiaceae yang berasal dari Laut Tengah bagian timur sampai India timur.

Jintan putih umumnya digunakan sebagai bumbu dapur dalam beberapa jenis masakan di Inronesia, khususnya masakan dari Sumatera, Sulawesi dan Bali. Jintan putih memiliki aroma yang kuat serta rasa yang cukup pedas.

Jintan putih banyak dijual dalam bentuk biji kering, yang bentuknya memanjang seperti beras berwarna coklat muda. Saat ini jintan putih banyak sekali digunakan dalam masakan dari Eropa, Asia Selatan, Asia Timur, Asia Tenggara, Yunani bahkan sampai masakan di Amerika. Banyak jenis masakan dari Meksiko yang menggunakan jintan putih. Jintan putih banyak dikenal sebagai bahan campuran bumbu kari.

Ada begitu banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari jintan putih untuk kesehatan tubuh kita, seperti:

  • Menjaga kesehatan pencernaan

Jintan putih sangat berkaitan dengan kesehatan system pencernaan. Aroma yang kuat dari jintan putih berasal dari senyawa aromatic Cuminaldehyde. Senyawa tersebut akan mengaktifkan kelenjar ludah di mulut kita dan meningkatkan proses pencernaan makanan. Jintan juga mengandung senyawa timol yang ikut merangsang kelenjar empedu mengeluarkan enzim yang bertugas untuk mencerna makanan dalam lambung serta usus. Jintan juga memiliki sifat karminatif, yang mampu mencegah pembentukan gas yang berlebihan dalam perut. Jintan putih juga mengandung magnesium serta natrium yang ikut membantu meredakan sakit perut.

  • Mencegah wasir

Wasir adalah kondisi sembelit yang disertai dengan infeksi pada saluran anal. Jintan mengandung serat makanan, bersifat karminatif, antijamur serta antimikroba. Sejak jaman dulu jintan digunakan sebagai obat pencahar alami. Mengkonsumsi jintan putih juga mampu menyembuhkan infeksi maupun luka pada system pencernaan.

  • Mencegah diabetes
bubuk jintan putih

bubuk jintan putih

Beberapa jenis rempah-rempah, termasuk jintan putih, mampu mencegah diabetes dengan cara mengurangi kemungkinan terjadinya hipoglikemia. Dalam penelitian terhadap hewan yang dibuat sedemikian mengalami kondisi hipoglkemia, ditemukan bahwa menambahkan biji jintan dalam makanan sehari-hari mampu menurunkan glukosuria, yang merupakan kondisi dimana urin mengandung banyak gula. Kondisi glukosuria mampu menyebabkan hipoglikemia serta diabetes.

  • Mencegah insomnia

Jintan putih mampu merangsang serta menjadi penenang di saat yang sama. Menambahkan jintan putih dengan makanan yang mengandung vitamin B kompleks, mampu menjaga pencernaan serta membuat kita tidur lebih nyenyak. Hal ini tentu saja akan mencegah terjaidnya insomnia. Minyak esensial dari jintan putih juga mengandung sifat penenang, yang bisa menghilangkan stress serta kecemasan, suatu kondisi yang memicu terjadinya insomnia.

  • Mencegah gangguan pernapasa

Jintan mengandung senyawa cafein  serta minyak esensial yang bersifat disinfektan. Hal tersebut membuat jintan putih dapat digunakan sebagai obat maupun mencegah gangguan pernapasan.  Jintan putih juga memiliki efek ekspektoran, yang mampu mencegah penumpukan dahak maupun lendir dalam saluran pernapasan dan membuat kita menjadi lebih mudah untuk bernapas.

  • Mencegah flu

Umumnya flu terjadi karena system kekebalan tubuh kita sedang melemah. Minyak esensial dari jintan putih mampu melawan berbagai macam virus yang dapat menyebabkan flu maupun virus dari penyakit lainnya. Jintan putih juga ikut mengurangi kondisi batuk dan pilek yang menyertai flu, dengan cara mengurangi lendir yang berlebihan dalam tenggorokan maupun saluran pernapasan. Jintan juga kaya akan vitamin C dan zat besi yang penting sekali untuk meningkatkan system kekebalan tubuh dan mencegah terjadinya infeksi.

  • Mencegah anemia

Jintan putih merupakan rempah-rempah yang kaya akan zat besi. Zat besi merupakan komponen utama pembentukan hemoglobin dalam sel darah merah. Hemoglobin bertugas untuk mengantarkan oksigen ke seluruh jaringan dan sel tubuh. Bila kita mengalami kekurangan zat besi maka akan menyebabkan munculnya penyakit anemia.

  • Menjaga kesehatan otak
biji jintan putih

biji jintan putih

Dengan mengkonsumsi jintan putih, maka produksi hemoglobin akan semakin meningkat dan akan ikut membantu dalam hal menjaga kesehatan organ otak. Kadar hemoglobin yang tinggi akan memasok lebih banyak oksigen yang juga dibutuhkan oleh otak. Sehingga organ otak kita akan tetap berfungsi dengan baik. organ otak yang selalu dalam keadaan sehat akan membuat kinerja kognitif menjadi semakin optimal dan menurunkan resiko terserang penyakit Alzheimer maupun demensia.

  • Mencegah gangguan kulit

Vitamin E merupakan salah satu jenis vitamin yang diperlukan untuk menjaga kesehatan kulit serta mampu mencegah terjadinya penuaan dini. Mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin E akan membuat kulit kita menjadi lebih sehat dan tampak awet muda. Jintan putih termasuk jenis rempah yang mengandung vitamin E. selain itu minyak esensial dari jintan putih juga bersifat antibakteri dan antijamur.  Vitamin E akan bertindak sebagai antioksidan yang ikut memerangi radikal bebas yang menyerang bagian kulit dan mampu menyebabkan munculnya tanda-tanda penuaan, seperti noda pada kulit, keriput serta kulit menjadi kendur.

  • Meningkatkan kekebalan tubuh

Dengan begitu banyaknya zat besi, vitamin C dan vitamin A yang terkandung dalam jintan putih, maka dengan cara mengkonsumsi jintan putih akan membuat system kekebalan tubuh kita semakin meningkat. Vitamin C akan merangsang produksi sel darah putih dan membuat tubuh kita menjadi lebih kuat dari bahaya radikal bebas. Dengan semakin banyaknya sel darah putih, maka akan semakin banyak radikal bebas maupun racun yang dikeluarkan dari dalam tubuh kita. Tidak hanya penyakit biasa, bahkan tubuh kita akan terhindar dari penyakit jantung maupun kanker yang sangat berbahaya.

  • Mencegah kanker

Sebenarnya jintan putih juga bisa dijadikan sebagai detoksifikasi alami. Jintan putih mampu mempercepat proses pembentukan sekresi dan enzim anti kanker yang ada dalam tubuh kita. Selain itu, kandungan vitamin C dan vitamin A dalam jintan putih akan bekerjasama dalam mencegah radikal bebas serta pertumbuhan sel kanker.

Selain itu, jintan putih juga bisa digunakan untuk mengobati gangguan ginjal, kelemahan memori serta mampu mencegah gigitan serangga. Maka dari itu, sebaiknya cobalah untuk menambahkan jintan putih dalam masakan anda.