Berbagai Manfaat Kesehatan Dari Kacang Kenari

manfaat kacang kenari untuk kesehatan

manfaat kacang kenari untuk kesehatan

Kenari sebenarnya merupakan biji-bijian yang berasal dari pohon genus Juglans. Biji kenari berada di dalam daging buah yang kulitnya tebal. Kenari sering dianggap sebagai makanan yang baik untuk otak. Karena itu, kacang kenari sering dikonsumsi untuk keperluan meningkatkan kecerdasan seseorang.

Sebenarnya, mengkonsumsi kenari tidak sepenuhnya mampu membantu fungsi dari otak. Kenari mengandung omega 3 yang nantinya akan meningkatkan kerja otak. Selain itu, kenari juga mengandung yodium serta selenium yang nantinya akan membuat fungsi otak menjadi lebih optimal.

Kenari juga mengandung banyak antioksidan dan protein yang nantinya akan ikut menunjang kesehatan tubuh kita. kenari juga dianggap sebagai makanan kekuatan, karena dipercaya mampu meningkatkan energy dan stamina tubuh.

Kenari mengandung banyak nutrisi, seperti karbohidrat, protein, dan juga serat. Kenari juga banyak mengandung vitamin, seperti vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, B9, B12, C, E dan vitamin K. Kenari juga mengandung senyawa karotenoid, seperti beta-karoten, lutein serta xeaxanthin. Kenari juga kaya akan mineral, seperti kalsium, zat besi, magnesium, kalium, fosfor, natrium, tembaga, seng , mangan serta selenium. Begitu banyaknya kandungan nutrisi, vitamin dan mineral yang terkandung dalam kacang kenari, maka mengkonsumsi kacang kenari akan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan anda. Berbagai manfaat kesehatan dari kacang kenari, meliputi:

  • Meningkatkan fungsi jantung

kacang kenari

kacang kenari

Kenari kaya akan asam lemak omega 3 serta sumber dari asam lemak tak jenuh tunggal bernama asam oleat. Dalam studi ditemukan bahwa mengkonsumsi kacang kenari secara rutin mampu mencegah terjadinya penyakit jantung dengan cara mendukung pasokan kolesterol baik. maka dari itu, tingginya kadar kolesterol baik atau HDL akan mengurangi bahaya dari tingginya kolesterol jahat atau LDL. Mengkonsumsi 25 gram kacang kenari secara rutin mampu menurunkan resiko tekanan darah tinggi serta penyakit jantung.

  • Menjaga kesehatan tulang

Kenari mengandung EFA yang nantinya ikut mengamankan serta menjaga kesehatan tulang dalam tubuh. EFA nantinya akan membantu penyerapan kalsium yang merupakan komponen penting dalam membangun tulang yang kuat. kalsium dalam tubuh akan tetap ada tanpa dikeluarkan melalui urin, berkat adanya EFA.

  • Meningkatkan metabolism tubuh

Mengkonsumsi kenari mampu membantu meningkatkan metabolism tubuh. Adanya kandungan EFA dalam kenari nantinya akan ikut membantu dalam proses penyerapan berbagai mineral, seperti tembaga, kalium, kalsium, mangan, magnesium, zat besi, seng dan selenium yang ada di dalam kenari. Berbagai mineral tersebut sangat dibutuhkan untuk mendukung kegiatan metabolism, seperti pertumbuhan dan perkembangan, perbaikan sel tubuh, menjaga pencernaan, serta sintesis asam nukleat.

  • Mengendalikan diabetes

Mengkonsumsi kenari secara teratur bagi orang-orang yang mengidap diabetes tidak akan menyebabkan munculnya kenaikan berat badan. Sebab kenari kaya akan lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda. Orang-orang yang mengidap diabetes dan mengkonsumsi kacang kenari anak ikut menjaga kadar gula dalam darahnya tetap stabil.

  • Mencegah kanker

Berbagai nutrisi dalam kacang kenari mampu mencegah serta mengendalikan pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh kita. senyawa fenolik serta berbagai senyawa bersifat antioksidan yang terkandung dalam kacang kenari mampu mengontrol pertumbuhan sel kanker dalam tubuh kita.

  • Mencegah peradangan

susu kacang kenari

susu kacang kenari

Senyawa polifenol serta berbagai zat fitokimia yang terkandung dalam kacang kenari mampu mengurangi efek peradangan dalam tubuh kita. Hal ini nantinya akan ikut mencegah terjadinya peradangan baik di dalam maupun diluar tubuh kita.

  • Kaya vitamin

Kenari kaya akan gamma-tocopherol serta merupakan salah satu sumber dari vitamin E. Vitamin E merupakan salah satu vitamin yang bersifat antioksidan yang larut dalam lemak. Vitamin E nantinya akan ikut menjaga serta melindungi kesehatan kulit dari berbagai macam radikal bebas yang berbahaya bagi kesehatan. Kenari juga sumber dari vitamin B kompleks, seperti niacin, riboflavin, asam folat, asam pantotenat serta yang lainnya.

  • Memperbaiki mood

Ada sebuah penelitian yang menemukan bahwa kekurangan asam lemak omega 3 mampu menyebabkan terjadinya hiperaktif, mudah marah serta emosi yang cenderung labil. Kacang kenari kaya akan asam lemak omega 3 yang nantinya akan ikut memeprbaiki mood serta menjaga mood pada anak-anak maupun orang-orang dewasa. Mengkonsumsi kacang kenari juga mampu mencegah stress serta depresi.