Berbagai Manfaat Kesehatan Dari Pare

manfaat pare untuk kesehatan

manfaat pare untuk kesehatan

Pare adalah tumbuhan merambat yang berasal dari wilayah Asia, khususnya di bagian India, Assam dan Burma. Pare memiliki nama ilmiah Momordica charantia L.

Pare sebenarnya merupakan anggota dari keluarga Cucurbitaceae dan masih berkerabat dengan melon, mentimun serta labu. Pare paling banyak ditemukan di Asia, Afrika serta Karibia.

Pare termasuk sayuran yang relative sulit untuk dicari. Pare dianggap sebagai salah satu sayuran yang paling pahit dan jarang sekali digunakan dalam kuliner tertentu. Daging buahnya memiliki manfaat yang sangat baik sekali untuk untuk kesehatan.

Berbagai manfaat kesehatan dari pare, meliputi:

  • Mengendalikan diabetes

Pare adalah salah satu sayuran yang sangat baik untuk mengendalikan diabetes. Pare mengandung senyawa charnitin, peptide yang bentuk dan fungsinya mirip dengan insulin. Daging pare juga mengandung alkaloid. Semua senyawa tersebut akan ikut menurunkan kadar gula darah serta mencegah terjadinya lonjakan kadar gula darah. sebaiknya pare tidak digunakan secara bersamaan dengan obat-obatan yang bekerja untuk menurunkan gula darah. Bila digunakan secara bersamaan, nantinya akan menyebabkan penurunan gula darah secara drastic yang nantinya justru akan berbahaya bagi pengidap diabetes.

  • Mengurangi wasir
jus pare

jus pare

Dalam beberapa penelitian telah ditemukan bahwa pare juga memiliki sifat anti-inflamasi. Anda bisa menumbuk akar tanaman pare dan dicampur dengan sedikit air hingga menjadi pasta. Anda bisa menggunakan pasta tersebut secara topical untuk mengurangi peradangan, menghilangkan rasa sakit maupun perdarahan karena wasir. Anda juga bisa mengkonsumsi jus pare untuk mendapatkan manfaat yang sama.

  • Memperbaiki system kekebalan tubuh

Pare kaya akan antioksidan alami yang baik sekali untuk memperbaiki system kekebalan tubuh. Antioksidan akan membantu mengurangi radikal bebas berlebihan yang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh kita. Mengkonsumsi pare akan meningkatkan system kekebalan tubuh untuk melawan berbagai masalah kesehatan yang berbahaya, seperti serangan jantung, kerusakan ginjal serta gagal jantung.

  • Mencegah kanker

Antioksidan yang terkandung dalam pare juga mampu menghancurkan berbagai radikal bebas yang dapat menyebabkan terbentuknya kanker. Dalam penelitian telah ditemukan bahwa pare memiliki sifat anti-tumor serta anti-karsinogenik yang dapat digunakan untuk mencegah tumor maupun kanker. dalam penelitian tersebut ditemukan adanya pengurangan pertumbuhan sel kanker pada beberapa orang yang mengidap kanker serviks, kanker prostat serta kanker payudara. Selain dapat mengurangi pertumbuhan sel kanker, berbagai senyawa dalam pare juga mampu menghancurkan sel kanker.

  • Memperbaiki kondisi pernapasan
tumis pare dengan tahu

tumis pare dengan tahu

Mengkonsumsi pare juga dapat dilakukan untuk memperbaiki kondisi pernapasan pada orang-orang yang mengidap asma, demam rhinitis serta bronchitis. Hal ini disebabkan oleh adanya senyawa yang bersifat anti-histamin yang nantinya akan ikut mengurangi lendir berlebihan dalam saluran pernapasan. Selain itu, berbagai senyawa lainnya dalam pare juga akan berperan dalam memerangi virus dan mencegah terjadinya peradangan pada system pernapasan.

  • Mencegah infeksi jamur

Pare juga bersifat antijamur serta antibakteri yang alami. Selain itu, pare juga akan ikut berperan dalam membersihkan darah dari berbagai racun yang nantinya akan mencegah terjadinya kerusakan pada jaringan tubuh tertentu. Pare juga telah digunakan dalam mengobati masalah serius pada kulit, seperti eksim maupun psoriasis. Adanya senyawa anti-inflamasi akan mencegah terjadinya peradangan pada kulit. Ekstrak dari daun pare juga telah digunakan sebagai obat dalam hal memperbaiki kondisi kulit.

Meskipun memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, sebaiknya jangan mengkonsumsi pare secara berlebihan. Sebaiknya ibu hamil tidak mengkonsumsi pare, karena dapat menyebabkan pendarahan serius yang mampu membahayakan kondisi kesehatannya. Begitu juga dengan ibu-ibu yang sedang menyusui.

Karena sifatnya yang sangat kuat untuk mengurangi kadar gula darah, sebaiknya jangan mengkonsumsi pare sebelum dan sesudah menjalani operasi pembedahan. Karena mampu menyebabkan bahaya yang signifikan pada kesehatan.

Mengkonsumsi pare secara berlebihan juga dapat menyebabkan bahaya lain yang tidak menyenangkan. Anda akan merasakan kondisi yang mirip sekali dengan anemia, seperti sakit kepala, nyeri pada bagian perut dan anggota tubuh lainnya serta demam.

Karena sifatnya yang sangat kuat, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter ahli sebelum menambahkan pare dalam pola makan anda sehari-hari.