Berbagai Manfaat Kesehatan Dari Saffron

manfaat dari saffron untuk kesehatan

manfaat dari saffron untuk kesehatan

Saffron atau kuma-kuma merupakan nama untuk rempah-rempah yang berasal dari bunga Crocus sativus, sekaligus nama umum untuk tanaman Crocus sativus dari marga crocus family Iridaceae.

Bagian tangkai putik yang menghubungkan stigma dengan bagian bunga paling dalam nantinya diambil dan dikeringkan  kemudian akan menjadi bumbu yang sangat berharga.

Umumnya saffron berbentuk seperti benang yang berwarna orange kemerahan. Saffron biasanya digunakan untuk menambah aroma dan memberikan warna merah keemasan pada masakan tertentu.

Selain sebagai bumbu masakan, saffron juga memiliki kemampuan yang baik dalam bidang kesehatan. Saffron memiliki komposisi yang unik dan bisa menjadi tambahan yang baik dalam menjaga kesehatan. Saffron kaya akan senyawa folatil, karotenoid, safranal, crocin, antioksidan serta berbagai macam biokimia, vitamin dan mineral yang penting sekali bagi kesehatan kita.

Berbagai manfaat kesehatan dari saffron, meliputi:

  • Menjaga system kekebalan tubuh

Banyak orang yang menganggap saffron hanya sebagai bumbu biasa untuk menyedapkan makanan. Padahal, saffron mengandung banyak nutrisi penting bagi kesehatan, seperti vitamin C. Vitamin C sangat penting bagi kesehatan kita, karena mampu merangsang produksi sel darah putih yang nantinya akan menunjang system kekebalan tubuh kita. Selain itu vitamin C juga diperlukan untuk produksi kolagen, yang diperlukan untuk mempercepat penyembuhan luka, pertumbuhan otot, perbaikan pembuluh darah serta produksi jaringan tubuh.

  • Memperbaiki sirkulasi darah
bunga Crocus sativus

bunga Crocus sativus

Saffron juga mampu memperkuat energy dan mampu meningkatkan metabolism tubuh dengan cara meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh Anda. Hal ini disebabkan karena adanya kandungan zat besi dalam saffron yang akan meningkatkan produksi sel darah merah. Peningkatakan sel darah merah nantinya akan merangsang sirkulasi serta oksigenasi pada system organ dan berbagai system lainnya dalam tubuh. Hal ini nantinya akan ikut meningkatkan efisiensi dan fungsi jaringan serta system organ untuk aktivitas metabolic yang sehat dan juga akan ikut mencegah terjadinya anemia.

  • Memperbaiki tekanan darah

Saffron juga mengandung kalium. Kalium merupakan mineral yang bertindak sebagai vasodilator, yang efektif untuk menurunkan stress serta tekanan pada pembuluh darah dan arteri. Hal ini nantinya akan membuat tekanan darah menjadi cenderung menurun dan akan menghilangkan ketegangan pada system kardiovaskular. Hal ini nantinya juga akan mencegah berbagai macam penyakit yang berbahaya, seperti aterosklerosis, serangan jantung maupun stroke.

  • Mencegah diabetes

Saffron juga kaya akan kandungan mineral mangan. Mineral mangan sangat berguna untuk menjaga kestabilan gula darah. diabetes merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya dan telah menyebar ke seluruh dunia sekarang ini. Dengan cara mengatur gula darah, insulin serta kadar glukosa dalam tubuh, maka nantinya akan mencegah diri Anda untuk terserang penyakit diabetes tipe 2. Bila Anda sudah terlanjur terserang diabetes, maka dengan menggunakan saffron akan membuat penyakit diabetes anda menjadi lebih terkendali.

  • Memperbaiki mood

Saffron mampu memperbaiki mood serta mengurangi gejala depresi ringan bila dikonsumsi secara rutin. Banyak senyawa yang terkandung dalam saffron yang memiliki efek yang baik bagi system endokrin serta dapat merangsnag pelepasan hormone yang dapat membuat kita merasa lebih bahagia dan lebih sehat. Hal ini nantinya juga mampu digunakan sebagai afrodisiak alami. Saffron telah dianggap sebagai antidepresan alami dalam berbagai penelitian. 

  • Memperkuat tulang

Berbagai mineral serta senyawa alami yang terkandung dalam saffron mampu digunakan untuk memperkuat tulang. Berbagai mineral dan senyawa dalam saffron nantinya akan ikut memaksimalkan penyerapan kalsium dari makanan dan minuman yang kita konsumsi. semakin banyak kalsium dalam tubuh kita, maka tulang dan gigi kita juga akan semakin sehat dan kuat. hal ini tentunya akan mencegah terjadinya osteoporosis serta berbagai penyakit degenerative yang berkaitan dengan usia.

  • Memperbaiki fungsi saraf
saffron

saffron

Cara yang paling baik dalam menjaga dan memperbaiki fungsi saraf adalanya dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin B. Banyak orang yang mengabaikan pentingnya vitamin B bagi kesehatan. Vitamin B6 mampu menjaga dan memperbaiki fungsi saraf. Tingginya kandungan vitamin B6 dalam saffron nantinya akan membantu system saraf dalam tubuh kita dapat bekerja dengan baik dan lancar. Hal ini nantinya juga akan mencegah terjadinya gangguan pada system saraf yang mampu menyebabkan kematian.

  • Mencegah nyeri

Saffron mengandung senyawa alami yang bernama safranal. Senyawa safranal dalam saffron akan tetap ada meskipun telah diolah dalam suhu tinggi. senyawa safranal sebenarnya bersifat pereda nyeri. Hal ini nantinya akan mengurangi rasa nyeri maupun rasa sakit yang Anda alami. Selain itu safranal juga mampu mengurangi stress, kecemasan, memperbaiki pola tidur, menenangkan tubuh dan juga menenangkan pikiran.

  • Mencegah kanker

Ada banyak sekali senyawa yang bersifat antioksidan alami dalam saffron yang nantinya akan baik sekali untuk digunakan dalam mencegah kanker. Berbagai senyawa yang terkandung dalam saffron nantinya akan mencari dan menetralisir efek negative dari radikal bebas, yang merupakan produk sampingan dari metabolism sel berbahaya. Radikal bebas mampu menyebabkan sel-sel sehat untuk bermutasi dan menjadi kanker. mengkonsumsi saffron nantinya juga akan mencegah perkembangan serta penyebaran kanker dalam tubuh kita.

  • Mencegah gangguan pada perut

Sejak zaman dahulu, saffron telah digunakan untuk mencegah dan mengurangi sakit perut maupun perut kembung. Saffron memiliki sifat sedative serta anti-inflamasi yang nantinya akan membantu menenangkan perut dan mengurangi peradangan. Hal ini nantinya juga akan mengurangi masalah pada perut lainnya, seperti sembelit, kembung, kram perut serta tukak lambung.

  • Mencegah peradangan

Saffron juga banyak digunakan sebagai obat topical untuk pijat. Hal ini disebabkan karena berbagai senyawa dari saffron mampu menghilangkan rasa sakit maupun nyeri pada bagian tubuh. Hal ini baik sekali untuk orang-orang yang mengalami cedera olahraga, arthritis, asam urat serta kondisi peradangan lainnya, seperti digigit serangga. Selain itu kandungan antioksidan dalam saffron juga ikut membantu mempercepat proses penyembuhan.

Meskipun saffron memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita, sebaiknya jangan dikonsumsi secara berlebihan. Penumpukan berbagai komponen aktif dalam tubuh nantinya mampu menyebabkan berbagai efek yang berbahaya bagi tubuh. Umumnya saffron tidak menyebabkan efek samping maupun alergi ketika dikonsumsi dalam dosis kecil.

Mengkonsumsi saffron secara berlebihan dapat menyebabkan kondisi, seperti mulut kering, mual, pusing, kelelahan, nafsu makan berubah serta depresi. Namun umumnya kasus seperti ini jarang sekali terjadi. Sebaiknya konsultasikan pada orang yang ahli tentang herbal atau dokter ahli sebelum menggunakan saffron untuk kesehatan.