Berbagai Manfaat Kesehatan Dari Selada Air

manfaat selada air untuk kesehatan

manfaat selada air untuk kesehatan

Selada air memiliki nama ilmiah Nasturtium officinale. Selada air merupakan tumbuhan tahunan yang cepat sekali tumbuh. Selada air ada yang hidup di air namun ada juga yang bisa hidup di daratan. Selada air berasal dari Eropa dan Asia.

Selada air merupakan salah satu dari sayuran daun tertua yang telah dikonsumsi manusia sejak zaman dahulu. Selada air sebenarnya merupakan salah satu anggota keluarga brassica. Karena masih termasuk keluarga brassica, maka selada air juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Selada air merupakan sayuran yang bermanfaat untuk mencegah berbagai macam penyakit, bila dikonsumsi secara rutin. Efeknya sangat baik sekali untuk menunjang kesehatan kita. Berbagai nutrisi yang terkandung dalam selada air juga baik untuk wanita yang sedang menopause.

Selada air merupakan salah satu jenis makanan yang kaya akan vitamin C. Bahkan kandungan vitamin C dalam selada air lebih tinggi dibandingkan dengan jeruk. Selada air juga kaya akan kalsium yang jumlahnya lebih tinggi daripada susu, mengandung zat besi lebih banyak dari bayam, serta mengandung folat lebih banyak dari pada pisang. Selain itu, selada air juga mengandung vitamin A, B6, B12 dan E. Sementara mineral yang terkandung dalam selada air, meliputi magnesium, zat besi, fosfor serta kalsium.

Anda akan mendapatkan banyak sekali keuntungan dengan cara mengkonsumsi selada air. berbagai manfaat kesehatan dari selada air, meliputi:

  • Mencegah kanker payudara

Mengkonsumsi selada air secara rutin akan mencegah terjadinya kanker payudara. Selada air memiliki kemampuan untuk mencegah pertumbuhan sel-sel kanker. selada air terbukti secara efektif mampu mengembalikan kerusakan DNA  serta memperbaiki profil dari sel darah putih dalam tubuh. Selada air memiliki rasa yang sedikit pahit, rasa pahit itu muncul karena banyaknya senyawa yang bersifat anti-karsinogenik. Selain itu selada air juga mengandung senyawa lutein serta beta karoten yang juga bersifat antioksidan. Tinggi kadar vitamin C dalam selada air juga mampu mengurangi stress oksidatif yang disebabkan oleh kanker maupun tumor dalam tubuh. Kandungan folat dalam selada air juga mampu mencegah terjadinya kanker payudara.

  • Mencegah kanker kolon
jus selada air

jus selada air

Banyak ahli kesehatan yang menyimpulkan bahwa mengkonsumsi makanan yang mengandung folat secara rutin, mampu mencegah terjadinya kanker kolon. Selada air mengandung asam folat yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan pisang. Selain itu, selada air juga kaya akan serat yang nantinya sekalin untuk mencegah kanker kolon juga bisa meningkatkan kesehatan system pencernaan.

  • Menjaga kesehatan tiroid

Selada air merupakan salah satu anggota keluarga brassica yang memiliki banyak keuntungan di bidang kesehatan. Seperti keluarga brassica yang lainnya, selada air mampu menstabilkan produksi hormone tiroid. Hal seperti ini nantinya akan membuat hormone tiroid tetap dalam kondisi stabil. Sebaiknya konsumsilah selada air yang dimasak dengan cara dikukus.

  • Menjaga kesehatan jantung

Selada air juga bisa dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung. Selada air secara intensif mampu mengurangi kadar kolesterol jahat atau LDL dalam darah. tingginya kadar LDL mampu menyebabkan gangguan pada system kardiovaskular dan menyebabkan arteriosclerosis serta penyakit jantung lainnya. Selain itu kandungan vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan alami juga mampu mencegah terjadinya kerusakan pada jaringan jantung yang disebabkan oleh stress oksidatif.

  • Menjaga kesehatan tulang

Mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kalsium akan sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang. Selada air mengandung kalsium yang lebih banyak daripada susu. Kalsium nantinya akan meningkatkan produksi osteoblast, yang merupakan sel pembentuk tulang. Mengkonsumsi selada air secara rutin akan membuat tulang anda sehat dan kuat sampai tua, sehingga anda akan terhindar dari osteoporosis.

  • Mengurangi depresi

Rendahnya kadar asam folat mampu menyebabkan depresi secara berlebihan. Asam folat bekerja pada jalur neurotransmitter pada system saraf pusat. Ketika kita kekurangan asam folat, maka system saraf pusat tidak mampu memproduksi serotonin. Kurangnya hormone serotonin mampu menyebabkan depresi secara berlebihan. Untuk itu, kita perlu mengkonsumsi makanan yang kaya akan asam folat untuk meningkatkan produksi serotonin.

  • Mencegah stroke

Makanan yang kaya akan asam folat juga mampu mencegah stroke. Selada air kaya akan asam folat, sehingga bisa kita konsumsi untuk mencegah stroke. Selain itu, tingginya kadar kolesterol LDL juga dapat menyebabkan stroke. Selada air akan mengurangi kadar kolesterol LDL serta meningkatkan kelancaran peredaran darah pada organ otak.

  • Baik untuk ibu hamil
salad selada air

salad selada air

Asam folat juga dibutuhkan untuk perkembangan serta kesehatan janin pada ibu-ibu hamil. Mengkonsumsi selada air selama masa kehamilan mampu mencegah terjadinya cacat pada bayi serta mampu mengurangi resiko kekurangan tabung saraf pada janin selama masa kehamilan.

  • Memperbaiki fungsi kognitif

Asam folat juga mampu mencegah terjadinya penurunan fungsi kognitif. Konsumsi makanan yang kaya akan asam folat mampu meningkatkan kemampuan kognitif serta daya ingat pada orang-orang yang telah lanjut usia. Bila anda merasa fungsi kognitif anda mulai berkurang, cobalah untuk mengkonsumsi selada air secara rutin.

  • Meningkatkan kekebalan tubuh

Selada air mengandung banyak vitamin C. Vitamin C merupakan vitamin yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh serta mengobati gangguan pada system fisiologis. Sayangnya, vitamin C adalah vitamin yang larut dalam air, sehingga akan cepat habis terbuang melalui urin. Mencukupi asupan vitamin C harian mampu meningkatkan system kekebalan tubuh dan membuat anda tidak mudah sakit.

  • Meningkatkan produksi sel darah merah

Selada air mengandung vitamin C dan vitamin E. Vitamin C yang dikombinasikan dengan vitamin E akan sangat efektif dalam mengurangi kerusakan oksidatif sel darah merah. Selain itu dengan adanya kandungan zat besi dalam selada air, akan membuat produksi sel darah merah menjadi semakin meningkat. Peningkatan sel darah merah akan mencegah terjadinya anemia.