Berbagai Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan


panen kunyit di India

panen kunyit di India

Kunyit, merupakan salah satu tumbuhan yang sudah dikenal dan dimanfaatkan dalam hal pengobatan alternative sejak zaman dahulu. Ada banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari kunyit, baik untuk pria maupun wanita, tua maupun muda.

Kunyit memiliki nama ilmiah Curcuma domestic, merupakan salah satu tanaman rempah-rempah yang berkhasiat obat asli dari Asia Tenggara. Kunyit menyebar luas di Malaysia, Indonesia, Australia sampai ke benua Africa.

Hampir semua orang di Indonesia, India serta rumpun bangsa Asia pernah mengkonsumsi Kunyit, baik sebagai bahan pelengkap suatu masakan, jamu untuk kesehatan maupun jamu untuk kecantikan.

Kunyit, termasuk dalam keluarga jahe-jahean, dengan nama latin family Zingiberaceae. Kunyit terkenal di mana-mana dan memiliki nama local yang berbeda, seperti turmeric di Inggris, kunyit di Indonesia dan Malaysia, kunir di Jawa, konyet di Madura, maupun koneng di Sunda.

Kunyit juga sering digyunakan sebagai pewarna kuning alami pada makanan. Karena merupakan bahan yang alami, maka makanan yang dimasak dengan kunyit tidak akan menyebabkan efek samping. Selain itu, karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, maka kunyit banyak dibudidayakan di Indonesia.

Sebagai salah satu tanaman obat, kunyit mengandung banyak nutrisi, vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Kunyit, mengandung vitamin B1, B2, B6, E, zingiberen, lesitin, pati serta natrium deklofenak. Selain itu kunyit juga mengandung nutrisi utama, seperti kurkumin, vitamin C, protein serta minyak atsiri.

Warna kuning yang terdapat pada daging kunyit dihasilkan oleh zat kurkumin yang terkandung dalam rimpang kunyit. Kurkumin sendiri, merupakan senyawa kimia alami yang bersifat antioksidan untuk tubuh kita. Selain itu, kurkumin juga bersifat sebagai antiinflamasi, antiseptic, antimikroba, serta antikolesterol.

Ada begitu banyak manfaat kunyit untuk menunjang kesehatan tubuh kita, meliputi:

  • Menjaga daya tahan tubuh
manfaat kunyit untuk kesehatan

manfaat kunyit untuk kesehatan

Karena kunyit juga mengandung vitamin C serta vitamin E, maka kunyit bisa kita konsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh kita secara menyeluruh. Dengan mengkonsumsi kunyit, maka daya tahan tubuh kita akan tetap prima sehingga terjaga dari segala jenis penyakit.

  • Mencegah kanker

Adanya radikal bebas dalam tubuh kita, akan menyebabkan kerusakan serta mutasi sel. Untuk mencegahnya, maka kita membutuhkan antioksidan.

Kandungan kurkumin dalam kunyit merupakan antioksidan alami yang baik untuk mencegah terjadinya kanker karena serangan radikal bebas. Kurkumin dalam kunyit juga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker, seperti kanker usus, kanker paru-paru, kanker kulit maupun kanker payudara.

  • Mengurangi resiko penyakit diabetes

Kandungan kurkumin dalam kunyit juga dapat mengurangi resistensi insulin. Dengan mengurangi resistensi insulin, maka kunyit akan mencegah terjadinya diabetes tipe 2. Karena dengan mengurangi resistensi insulin, maka kadar glukosa dalam darah akan tetap terkendali.

  • Mengatasi menstruasi yang tidak teratur

Sebagian wanita sering mengalami menstruasi yang tidak teratur. Dengan mengkonsumsi sari kunyit, maka akan membuat siklus menstruasi menjadi lebih teratur serta akan mengatasi rasa nyeri saat menstruasi. Selain melancarkan serta mengatasi rasa nyeri saat menstruasi, kunyit juga dapat mengatasi kelelahan.

  • Mencegah terjadinya aterosklerosis

Menumpuknya kolesterol dalam tubuh pada dinding pembuluh darah akan menyebabkan munculnya penyakit aterosklerosis atau peradangan pada pembuluh darah.

Kunyit dipercaya memiliki kandungan yang dapat mencegah terjadinya oksidasi LDL sehingga mencegah terjadinya aterosklerosis. Selain itu, kunyit juga dapat mencegah terjadinya pembekuaan darah serta mencegah terjadinya trombosis.

  • Mencegah anemia

Ketika tubuh kita kekurangan zat besi, maka kita akan mengalami anemia. Namun, kandungan mineral berupa zat besi pada kunyit merupakan komponen yang penting dalam proses pembentukan sel darah merah. Dengan begitu, mengkonsumsi kunyit akan mengurangi terjadinya penyakit anemia.

  • Mencegah alzheimer

Peradangan pada organ otak akan menyebabkan terjadinya penyakit alzheimer. Berdasarkan berbagai peneliatan, kunyit memiliki kandungan zat yang bersifat antiinflamasi serta antioksidan.

Jadi, dengan mengkonsumsi kunyit, maka organ otak kita akan tetap terlindungi dari adanya peradangan pada otak yang nantinya dapat menyebabkan munculnya alzheimer.

  • Mengatasi keputihan
ramuan dari kunyit

ramuan dari kunyit

Untuk keputihan, anda bisa mencoba ramuan air asam dan gula jawa, kemudian ditambah dengan perasan kunyit tua.

Dengan mengkonsumsi ramuan seperti ini secara rutin serta mengurangi konsumsi makanan atau minuman dan tidak beraktivitas secara berlebihan, maka niscaya masalah keputihan akan hilang.

  • Mengobati radang persendian

Karena kunyit memiliki sifat antiinflamasi atau antiradang, maka kunyit juga bisa kita gunakan untuk mengobati radang persendian. Kebanyakan obat-obat radang sendi yang dijual di pasaran juga terbuat dari ekstrak kunyit.

  • Mencegah depresi

Selain dapat menjaga serta memulihkan daya ingat, kandungan kurkumin dalam kunyit juga dapat dijadikan sebagai obat anti depresan alami. Kebanyakan orang akan mengkonsumsi obat anti depresi yang biasanya menimbulkan berbagai efek samping, seperti insomnia, kelelahan serta mual. Namun, dengan menggunakan ekstrak kunyit, anda tidak akan mengalami berbagai efek samping tersebut.

  • Menjaga kesehatan organ pencernaan

Kunyit juga bisa digunakan dalam hal menjaga kesehatan organ pencernaan serta mengurangi gejala perut kembung.

Namun, sebaiknya bagi orang yang mengidap penyakit kandung empedu tidak menggunakan kunyit sebagai suplemen untuk menjaga kesehatan, karena dapat memperburuk penyakit kandung empedu.

  • Detoksifikasi alami

Kunyit bisa kita gunakan untuk detoksifikasi tubuh. Berbagai racun dalam tubuh kita akan dinetralisir dengan cara mengkonsumsi kunyit. Kunyit, akan mengeluarkan segala senyawa yang bersifat racun dari dalam tubuh serta pada organ hati. Dengan begitu, maka kunyit juga ikut berperna dalam mengurangi kerja organ hati yang berlebihan.

  • Melancarkan pernapasan

Bila anda merasakan sesak napas karena tersumbat lendir maupun dahak, anda bisa mencoba untuk mengatasinya dengan mengkonsumsi susu yang dicampur dengan sedikit kunyit. Menurut para ahli kesehatan, kunyit dapat melegakan pernapasan karena memiliki sifat antiradang.

  • Mengatasi jerawat

masker kunyitKunyit juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah jerawat. Minumlah air perasan kunyit atau gunakan kunyit sebagai masker untuk mengatasi masalah jerawat. Selain untuk masalah jerawat, masker kunyit juga bisa mencerahkan kulit wajah serta mengatasi luka karena bekas jerawat.

  • Mengobati luka

Kunyit juga memiliki sifat antiseptik yang dapat kita manfaatkan untuk mengobati luka serta mencegah terjadinya infeksi pada luka. Kunyit akan membunuh bakteri yang terdapat pada luka serta membuat luka tersebut cepat kering.

Penggunaan kunyit sebagai obat biasanya tidak akan menimbulkan efek samping yang berbahaya. Namun ada juga kasus seperti mual serta diare karena penggunaan kunyit yang terlalu berlebihan. Jangan konsumsi kunyit dalam dosis tinggi serta jangan gunakan dalam jangka panjang.

Kemungkinan, hal tersebut disebabkan adanya ulkus atau luka pada lambung. Penggunaan kunyit dalam jangka panjang pada kulit dapat juga menyebabkan iritasi kulit. Wanita hamil juga sebaiknya jangan mengkonsumsi suplemen ekstrak kunyit.

manfaat kunyit untuk kesehatanSebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter ahli sebelum anda mencoba suplemen kunyit, bila anda memiliki kondisi medis tertentu, seperti penyakit ginjal, kandung empedu, gangguan perdarahan, diabetes maupun masalah pada kekebalan tubuh.

Kunyit juga berpotensi untuk meningkatkan proses produksi darah, maka dari itu sebaiknya jangan minuman kunyit paling tidak dua minggu sebelum melakukan operasi apapun.

Konsultasikan juga pada dokter bila anda diharuskan untuk mengkonsumsi obat tertentu secara teratur. Kunyit dapat berpengaruh pada obat-obatan tertentu, seperti aspirin, painkiller, statin, obat diabetes, obat tekanan darah serta obat pengencer darah.

Suplemen kunyit juga dapat mempengaruhi kerja suplemen lain yang berfungsi untuk menurunkan pembekuan, seperti ginseng, bawang putih maupun ginkgo. Selain itu, anak-anak yang masih dibwah umur 7 tahun serta wanita menyusui sebaiknya tidak menggunakan kunyit, kecuali sesuai dengan aturan dan saran dari dokter.


1 comment for “Berbagai Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan

  1. Pingback: Maurice

Comments are closed.