Berbagai Manfaat Lovage Untuk Kesehatan

manfaat lovage untuk kesehatan

manfaat lovage untuk kesehatan

Lovage merupakan satu-satunya tumbuhan dari genus Levistinicum. Tanaman ini selalu tumbuh subur setiap tahun. Lovage banyak dijumpai di wilayah Mediterania dan Asia barat daya. Lovage banyak digunakan di Eropa. Dari daun, akar hingga bijinya bisa digunakan.

Lovage memiliki nama ilmiah Levisticum officinale. Bila dilihat sepintas, daun lovage hampir mirip dengan daun ketumbar. Lovage sebenarnya masih berkerabat dekat dengan keluarga Apiaceae. Maka dari itu, lovage masih berkerabat dengan peterseli, seledri maupun wortel.

Daun, akar dan biji lovage bisa digunakan untuk berbagai macam tujuan, seperti sebagai bahan tambahan dalam salad, sup, bumbu penyedap bahkan bisa digunakan sebagai bahan penyedap untuk minuman ringan maupun minuman beralkohol.

Lovage mengandung banyak senyawa yang bagus untuk kesehatan. Lovage banyak mengandung senyawa, seperti coumarin, limonene, kamper serta eugenols. Semua senyawa tersebut memiliki kontribusi yang baik sekali untuk menunjang kesehatan tubuh kita.

Berbagai manfaat yang bisa kita dapatkan dari lovage untuk kesehatan, meliputi:

  • Mengurangi gejala alergi

Lovage mampu mencegah terjadinya berbagai macam peradangan serta bersifat menenangkan. Hal ini nantinya akan mencegah terjadinya peradangan serta mengurangi dampak buruk dari alergi. Selain itu, lovage juga mengandung quercetin yang mampu menghambat antihistamin. Nantinya hal seperti ini akan mengurangi respon berlebihan dari allergen dalam tubuh anda. Mengkonsumsi jus lovage mampu mengurangi mata gatal, hidung berair serta berbagai reaksi alergi lainnya.

  • Menjaga kesehatan kulit
tanaman lovage

tanaman lovage

Karena lovage memiliki sifat menenangkan, maka lovage juga dapat digunakan untuk memperbaiki kesehatan kulit. Anda bisa mengambil beberapa helai daun lovage dan ditumbuk dengan sedikit air hingga menjadi pasta. Gunakan pasta lovage sebagai masker maupun untuk lulur. Cara seperti ini mampu mengurangi gejala psoriasis serta jerawat. Kulit anda juga akan menjadi lebih sehat. Hal seperti ini disebabkan karena tingginya kandungan antioksidan dalam lovage. Mengoleskan pasta lovage pada kulit juga mampu mengurangi keriput, dan membuat kulit anda menjadi semakin sehat dan bercahaya.

  • Melancarkan system pernapasan

Bila anda mengidap penyakit atau gangguan pada system pernapasan, anda bisa mencoba jus lovage atau mengkonsumsi beberapa helai daun lovage yang masih segar. Hal seperti ini nantinya akan membersihkan dahak maupun lendir dalam saluran pernapasan, sehingga napas anda menjadi lebih lega. Selain itu, kandungan senyawa eucalyptol dalam daun lovage juga mampu mengurangi iritasi maupun peradangan pada organ paru-paru.

  • Antibakteri alami

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa lovage juga bisa digunakan untuk menghancurkan berbagai macam mikroba yang mampu menyebabkan berbagai macam penyakit dalam tubuh kita. Para peneliti telah menemukan hubungan yang baik antara penggunaan lovage mampu mengurangi bakteri E.coli, Salmonella serta bakteri lainnya yang berbahaya bagi kesehatan.

  • Memperbaiki system pencernaan

Lovage juga dapat digunakan untuk memperbaiki system pencernaan. Lovage mampu menenangkan sakit perut serta berbagai gangguan lainnya pada system pencernaan. selain itu, lovage juga mampu mengurangi gas berlebihan dalam system pencernaan serta mengurangi iritasi pada system pencernaan. System pencernaan yang sehat nantinya akan membuat gerak peristaltic usus menjadi lebih optimal.

  • Mengurangi masalah menstruasi

Mengkonsumsi lovage juga mampu mengurangi berbagai macam masalah saat menstruasi. Lovage mampu mengurangi berbagai macam masalah yang terjadi saat menstruasi, seperti kram perut maupun kembung. Karena lovage memiliki efek menenangkan, maka penggunaan lovage saat mestruasi juga dapat memperbaiki mood serta stress berlebihan saat menstruasi.

  • Mengurangi gejala arthritis
daun lovage yang dicincang

daun lovage yang dicincang

Karena lovage memiliki sifat anti-inflamasi, maka lovage dapat digunakan untuk mengurangi gejala arthritis. Mengkonsumsi lovage mampu mengurangi inflamasi yang terjadi karena arthritis, gout bahkan wasir. Bila anda mengalami peradangan yang snagat menyakitkan bagi tubuh anda, maka cobalah untuk mengkonsumsi beberapa helai daun lovage maupun menambahkan beberapa helai daun lovage dalam masakan kegemaran anda.

  • Menjaga kesehatan ginjal

Lovage juga bisa digunakan sebagai bahan detoksifikasi alami. Sama seperti kerabat dekatnya, yaitu seledri maupun peterseli, lovage juga memiliki sifat diuretic. Mengkonsumsi daun lovage akan merangsang buang air kecil, tanpa menyebabkan hilangnya elektrolit dalam tubuh. Hal ini nantinya akan membuat anda buang air kecil tanpa mengalami resiko dehidrasi. Semua racun yang menumpuk pada organ ginjal akan ikut terbuang bersama dengan air seni.

Meskipun lovage memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan kita, sebaiknya jangan menggunakan lovage secara berlebihan. Beberapa orang telah melaporkan terjadinya photosensitivity setelah mengkonsumsi lovage secara teratur.

Photosensitivity merupakan suatu kondisi yang ditandai dengan munculnya pembengkakan serta ruam kemerahan pada kulit. Kemungkinan hal ini terjadi karena penggunaan lovage secara berlebihan dan disertai dengan paparan sinar matahari secara langsung.

Maka dari itu, sebaiknya jangan mengkonsumsi lovage secara berlebihan. Ambil beberapa helai daun lovage dan konsumsilah secara rutin. Hal ini nantinya akan membuat tubuh anda beradaptasi dan tidak akan terjadi hal yang buruk karena konsumsi lovage.