Berbagai Manfaat Mimba Untuk Kesehatan

manfaat mimba untuk kesehatan

manfaat mimba untuk kesehatan

Mimba memiliki nama ilmiah Azadirachta indica. Mimba merupakan tumbuhan yang termasuk dalam tanaman perdu asli dari India. Mimba mulai menyebar sejak tahun 1.500 dan banyak ditemukan di Pulau Jawa.

Mimba memiliki bunga berwarna putih yang berbau harum dan memiliki buah berbiji kecil yang rasanya pahit. Daun mimba memiliki banyak sekali manfaat. Ekstrak daun mimba juga dapat digunakan untuk tujuan pengobatan. Daun mimba yang sudah kering juga bisa digunakan utuk ramuan tertentu dan dapat digunakan sebagai obat penolak hama.

Di tempat aslinya di India, tunas dan bunga mimba juga sering digunakan dalam beberapa masakan. Ada banyak nutrisi dan senyawa yang terkandung dalam daun mimba. Maka dari itu, daun mimba sering digunakan sebagai bahan baku teh herbal, salep kulit maupun suplemen herbal lainnya untuk menjaga kesehatan.

Berbagai manfaat dari mimba untuk kesehatan kita, meliputi:

  • Bersifat antibakteri

Ekstrak daun mimba maupun teh daun mimba memiliki efek antibakteri serta antimikroba yang sangat kuat. mengkonsumsi teh daun mimba nantinya akan ikut meningkatkan kekebalan tubuh serta menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Penggunaan daun mimba secara topical mampu menjaga kesehatan kulit serta mencegah terjadinya infeksi pada kulit karena bakteri maupun jamur.

  • Mencegah ketombe

Daun mimba juga sering digunakan sebagai bahan baku shampoo. Karena daun mimba memiliki efek antibakteri, maka menggunakan daun mimba sebagai bahan baku shampoo akan membuat rambut anda menjadi lebih sehat dan juga terbebas dari ketombe. Shampoo daun mimba juga bisa digunakan untuk mencegah kerontokan rambut karena mampu merangsang pertumbuhan rambut.

  • Detoksifikasi alami
pasta daun mimba

pasta daun mimba

Pasta dari daun neem juga dapat digunakan sebagai bahan detoksifikasi alami. Mengoleskan pasta daun mimba ke kulit maupun meminum suplemen dari daun mimba, mampu membersihkan berbagai macam racun dalam tubuh. Berbagai nutrisi dalam daun mimba juga mampu meningkatkan kinerja organ hati maupun ginjal dalam mengeluarkan berbagai macam racun dalam tubuh. Penggunaan pasta daun mimba pada kulit nantinya akan membuat kulit kita terbebas dari kuman, debu dan kotoran yang melekat pada kulit.

  • Mengobati jerawat

Pasta daun mimba juga dapat digunakan untuk mengobati jerawat. Daun mimba kaya akan antioksidan nantinya akan ikut mengurangi lemak dan bakteri yang menempel di kulit, yang nantinya akan memperparah jerawat. Menggunakan pasta daun mimba secara rutin juga mampu mengurangi bekas jerawat dan membuat kulit wajah semakin bersih dan juga sehat. Hal ini disebabkan karena adanya kandungan vitamin E pada daun mimba.

  • Menjaga kesehatan lambung

Ekstrak daun mimba nantinya juga akan ikut berperan dalam menjaga kesehatan lambung. Meminum ekstrak daun mimba nantinya akan mengurangi terjadinya peradangan pada saluran pencernaan serta mengurangi berbagai masalah yang dapat mengganggu kesehatan usus. Hal ini nantinya juga akan mencegah terjadinya sembelit, kram perut maupun kembung.

  • Mencegah kanker

Tingginya kadar antioksidan dalam daun mimba dipercaya mampu digunakan untuk mencegah terjadinya kanker. Antioksidan nantinya akan menetralisir radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker maupun penyakit kronis lainnya di seluruh tubuh. Selain itu, ekstrak daun mimba juga dapat digunakan untuk menjaga kesehatan system kardiovaskular dan mengurangi terjadinya penyakit jantung.

  • Mengurangi pori-pori kulit

Penggunaan pasta daun neem untuk masker wajah akan ikut menyehatkan kulit wajah dan mampu mengecilkan pori-pori kulit di wajah. Semakin kecil pori-pori kulit di wajah akan ikut mencegah terjadinya jerawat dan noda hitam pada kulit wajah.

  • Mencegah infeksi jamur
ekstrak daun mimba

ekstrak daun mimba

Daun mimba memiliki sifat antijamur. Penggunaan pasta daun mimba pada kulit mampu mencegah terjadinya infeksi karena jamur, seperti panu, kurap dan lain sebagainya.

  • Mengendalikan diabetes

Mekanisme kerjanya masih belum bisa ditemukan secara pasti. Namun ekstrak daun mimba mampu meningkatkan fungsi dari reseptor insulin serta memastikan jumlah insulin yang diperlukan oleh tubuh. Selain itu, ekstrak daun mimba juga mampu mengurangi ketergantungan terapi insulin.

  • Mencegah malaria

Ada beberapa penelitian yang menemukan bahwa penggunaan daun mimba juga mampu mencegah penyakit malaria. Penggunaan pasta mimba pada kulit juga mampu mengurangi efek dari gigitan nyamuk.

  • Meningkatkan kesehatan mulut

Di India daun mimba juga sering digunakan sebagai bahan baku produk kesehatan mulut. Hal ini disebabkan karena adanya senyawa yang bersifat antibakteri yang mampu menghilangkan bakteri di dalam rongga mulut. Hal ini nantinya akan membuat kesehatan mulut semakin meningkat dan mampu mengurangi terjadinya bau mulut.

  • Mengurangi arthritis

Pasta daun mimba juga memiliki sifat anti-inflamasi. Penggunaan pasta daun mimba pada bagian persendian juga mampu mengurangi gejala arthritis serta meningkatkan fleksibilitas dari sendi maupun otot dalam tubuh.

Meskipun daun mimba memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, sebaiknya kita tetap bijaksana dalam menggunakannya. Jangan gunakan ramuan maupun pasta daun mimba pada bayi atau balita maupun pada orang-orang yang memiliki masalah dengan ginjal maupun hati.

Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter ahli sebelum menggunakan daun mimba untuk tujuan menyembuhan penyakit tertentu. Daun mimba juga memiliki efek penenang yang nantinya dapat menyebabkan kelelahan, khususnya bila digunakan secara berlebihan.