Berbagai Manfaat Mineral Kalium Untuk Kesehatan

buah dan sayur yang mengandung kalium

buah dan sayur yang mengandung kalium

Ada begitu banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari mineral kalium untuk kesehatan tubuh kita. Kalium merupakan mineral ke tiga yang paling banyak terdapat dalam tubuh manusia serta merupakan unsur yang kuat untuk meningkatkan kesehatan.

Mineral kalium adalah suatu komponen yang diperlukan untuk mempertahankan kesehatan. Maka dari itu kita tidak boleh meremehkan betapa pentingnya konsumsi makanan yang mengandung kalium.

Selain bertindak sebagai elektrolit alami, kalium juga diperlukan untuk menjaga jantung, otak, ginjal, jaringan otot serta system organ penting lainnya dalam tubuh manusia. Kalium klorida merupakan salah satu bagian dari unsur kalium yang bekerja sama dengan natrium dalam menjalankan berbagai tugas penting dalam tubuh.

Kekurangan mineral kalium dapat menyebabkan berbagai gejala, seperti kelemahan otot serta kelelahan. Indikasi lain dari kekurangan kalium, meliputi kurangnya reflex, detak jantung yang tidak normal, jantung berdebar-debar, sakit kepala parah serta anemia. Orang yang kekurangan kalium juga mengalami hipertensi, sakit pada bagian usus, pembengkakan kelenjar serta diabetes.

Menerapkan pola makan yang baik serta mengkonsumsi makanan yang mengandung kalium secara wajar, akan mengurangi berbagai macam masalah kesehatan akibat dari kekurangan kalium.

Beberapa jenis makanan yang mengandung kalium, meliputi jeruk, sayuran, biji-bijian, salmon, susu, ayam, jus buah segar, almond serta kentang. Mineral kalium justru paling banyak terkandung dalam air kelapa, alpukat serta pisang.

Berbagai manfaat dari mineral kalium untuk kesehatan, meliputi:

  • Mencegah stroke

Kalium ikut berperan dalam menjaga fungsi organ otak. Semakin banyak jumlah kalium dalam tubuh akan memungkinkan lebih banyak oksigen yang mencapai ke otak, sehingga dapat merangsang segala aktivitas saraf serta meningkatkan fungsi kognitif. Selain itu, semakin banyak oksigen dalam organ otak akan mencegah terjadinya stroke. Kebanyakan kasus stroke terjadi karena kekurangan kalium. Sebab, kalium mampu membuat pembuluh darah lebih tenang, sehingga darah dapat mengalir dengan lebih lancar dan mencegah kemungkinan terjadinya pembekuan serta pecahnya pembuluh darah yang dapat menyebabkan stroke.

  • Menstabilkan kadar gula darah

Penurunan kalium dalam tubuh mampu menyebabkan gula darah semakin menurun. Turunnya gula darah dari batas normal dapat menyebabkan berkeringat, sakit kepala, gemetar, lemah serta gugup. Asupan makanan yang mengandung kalium serta natirum mampu mencegah terjadinya penurunan gula darah. Maka dari itu, orang-orang yang mengidap diabetes dianjurkan untuk menjaga asupan makanan untuk menjaga kadar kalium tetap normal dalam tubuh.

  • Gangguan otot
kram otot

kram otot

Kalium ikut berperan penting dalam pengaturan kontraksi otot serta relaksasi otot. Sebagian besar ion kalium dalam tubuh manusia terletak di sel-sel otot. Kalium ikut memelihara fungsi otot  dan saraf agar tetap optimal serta ikut menjaga reflex karena kalium mampu merangsang konektivitas saraf otot dengan otak.

  • Mencegah kram otot

Kram otot merupakan hal yang disebabkan oleh kurangnya kalium dalam darah. kondisi seperti ini disebut hypokalemia. Bila anda mengkonsumsi pisang setiap hari, maka anda akan terhindar dari kram otot. Karena pisang kaya akan kandungan kalium.

  • Menjaga tekanan darah

Kalium ikut membantu membalik peranan natrium untuk menjaga keseimbangan tekanan darah. Dengan begitu, kalium memegang peranan yang vital untuk mempertahankan tekanan darah agar tetap dalam keadaan normal. Hal seperti ini akan mengurangi terjadinya hipertensi dan mencegah penyakit jantung.

  • Merangsang pertumbuhan sel

Kalium ikut merangsang pertumbuhan serta menjaga kesehatan sel-sel dalam tubuh. Kalium juga ikut menyediakan energy untuk metabolism sel-sel dalam tubuh dan juga untuk produksi sel-sel tubuh yang baru.

  • Menjaga system metabolism

Kalium ikut membantu system metabolism tubuh dalam mengolah nutrisi penting, seperti lemak serta karbohidrat. Kalium juga ikut berperan dalam proses ekstraksi energy dari nutrisi yang masuk dalam tubuh.

  • Mencegah stress
stres

stres

Kalium baik untuk orang-orang yang mengidap stress serta depresi. Kalium mampu mencegah terjadinya stress serta dapat menjamin kinerja mental yang lebih baik. Stress maupun depresi mampu memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan. Kalium akan ikut mengatur berbagai hormone dalam tubuh, termasuk hormone kortisol serta adrenalin yang dapat menyebabkan stress dan depresi.

  • Menjaga cairan dalam tubuh

Kalium ikut berperan dalam memelihara cairan dalam tubuh secara optimal. Berbagai jenis sel dalam tubuh memerlukan keseimbangan cairan yang tepat agar bisa berfungsi dengan baik, dan kalium akan ikut mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh.

  • Elektrolit alami

Kalium merupakan elektrolit alami yang baik untuk kesehatan. Elektrolit diperlukan untuk mengirimkan muatan listrik ke seluruh tubuh dari otak serta sistim saraf. Kalium akan menjadi elektrolit alami agar tubuh dapat berfungsi dengan lebih baik.

Meskipun kalium sangat baik untuk kesehatan tubuh kita, namun sebaiknya kita tetap menjaga agar tidak mengalami kelebihan kalium. Orang-orang yang mengidap masalah ginjal tidak mampu memproses kalium dengan baik, sehingga cenderung mengalami kelebihan kalium dalam tubuhnya.

Kalium berlebihan dalam tubuh akan menyebabkan masalah kesehatan yang berbahaya, seperti penyakit jantung, kelumpuhan otot, sulit bernapas, kesemutan pada kaki dan tangan, aritmia jantung serta mual-mual.