Berbagai Manfaat Minyak Kelapa Untuk Rambut

manfaat minyak kelapa untuk kesehatan

manfaat minyak kelapa untuk kesehatan

Banyak orang yang tinggal di daerah pesisir yang menggunakan minyak kelapa untuk berbagai keperluan sehari-hari. Di beberapa negara , seperti India, Indonesia, Sri Lanka, Burma, Malaysia, Filipina serta Karibia sering menggunakan minyak kelapa untuk menjaga kesehatan rambut.

Seperti yang kita ketahui bersama, minyak kelapa kaya akan karbohidrat, vitamin dan mineral yang baik sekali untuk kesehatan tubuh kita. Sekarang ini minyak kelapa tidak hanya ditambahkan sebagai bahan shampoo perawatan rambut. Minyak kelapa juga dijadikan bahan dalam pembuatan sabun untuk kesehatan kulit dan juga krim untuk kecantikan.

Tanpa kita sadari, minyak kelapa telah digunakan selama ribuan tahun sebagai minyak rambut. Berbagai senyawa dan komponen yang terkandung dalam minyak kelapa mampu menjaga rambut tetap kuat dan sehat. Hal ini nantinya akan mencegah terjadinya kebotakan karena rambut rontok secara berlebihan.

Berbagai macam manfaat minyak kelapa untuk rambut, meliputi:

  • Mencegah rambut rontok

Minyak kelapa telah digunakan sejak zaman dahulu untuk merawat rambut di India. Minyak kelapa mampu mencegah terjadinya rambut rontok. Caranya adalah dengan merebus daun sage dalam minyak kelapa. Campuran tersebut bisa langsung diusapkan ke kulit kepala dengan dikit pijatan di daerah kulit kepala. Hal seperti mampu membuat kulit kepala menjadi lebih sehat, sehingga rambut tidak mudah rontok. Anda juga bisa mencampur minyak kelapa dengan air jeruk nipis dan diterapkan pada kulit kepala.

  • Mencegah kerusakan rambut
kelapa dan minyak kelapa

kelapa dan minyak kelapa

Mengoleskan minyak kelapa ke rambut mampu mencegah terjadinya kekurangan protein pada rambut. Sehingga rambut menjadi lebih sehat dan kuat. minyak kelapa mengandung asam laurat yang nantinya akan bertindak sebagai protein bagi rambut kita. asam laurat mampu menembus batang rambut.

  • Mendinginkan kulit kepala

Menggunakan minyak kelapa ke kulit kepala juga akan mendinginkan kulit kepala. Minyak kelapa sebenarnya memiliki sifat mendinginkan. Hal ini nantinya akan membuat kulit kepala menjadi lebih dingin dan akan mencegah rambut mudah rontok karena panas.

  • Melembabkan rambut

Minyak kelapa mampu menahan air lebih lama, sehingga rambut anda akan tetap dalam keadaan lembab. Mengoleskan minyak kelapa akan membuat rambut menjadi lebih lembab dan juga lebih lembut. Hal ini nantinya juga akan mencegah terjadinya kerusakan rambut.

  • Mencegah ketombe

Berbagai macam asam lemak dalam minyak kelapa nantinya akan menjadi senyawa yang mampu mencegah ketombe. Bahkan kemampuan minyak kelapa dalam mencegah ketombe jauh lebih baik daripada shampoo anti ketombe. Anda bisa mencampur minyak kelapa dengan minyak jarak dan air hangat. Lalu terapkan pada rambut dan kulit kepala anda secara rutin. Selain dengan minyak jarak anda juga bisa mencampur minyak kelapa dengan minyak wijen, kemudian biarkan selama 30 menit.

  • Minyak rambut alami

Bila anda kehabisan minyak rambut, anda bisa menggantinya dengan minyak kelapa. Minyak kelapa juga bisa digunakan sebagai minyak rambut alami. Ketika anda terapkan ke rambut, minyak kelapa akan meleleh sebentar dan kemudian akan mengeras saat terkena angin. Rambut anda akan tampak kaku tapi lebih mudah diatur.

  • Mengurangi kutu
minyak kelapa

minyak kelapa

Kutu mampu menimbulkan gatal pada kulit kepala. Ada banyak sekali produk untuk mengobati kutu. Sayangnya produk-produk tersebut mengandung bahan kimia yang kuat dan justru merusak rambut. Minyak kelapa cenderung lengket, namun mudah dibilas dengan air. anda bisa mengoleskan minyak kelapa ke rambut anda dan kemudian menyisir rambut anda. Karena minyak kelapa bersifat lengket, maka kutu akan lengket ke sisir anda, sehingga rambut anda nantinya akan terbebas dari kutu.

  • Mencegah rambut kering

Sekarang ini banyak produk perawatan rambut yang justru membuat rambut menjadi kering dan mudah rusak. Hal itu karena kandungan kimia yang terlalu tinggi, sehingga rambut menjadi rusak. Minyak kelapa bisa menjadi bahan alami yang baik untuk mencegah rambut kering. Mengoleskan minyak kelapa secara rutin akan mencegah terjadinya rambut kering. hal ini nantinya juga akan membuat rambut anda menjadi lebih berkilau dan lebih sehat.

  • Mencegah rambut bercabang

Bila anda mengalami masalah rambut bercabang, anda pasti akan disarankan untuk memotong rambut tersebut. Padahal memotong rambut yang bercabang diujungnya akan membuat rambut anda menjadi bertambah rusak. Rambut akan tetap tumbuh dan bercabang kembali di bagian ujungnya. Anda bisa mencampur minyak kelapa dengan minyak almond dan oleskan pada rambut anda. Cara seperti ini mampu mengurangi masalah rambut bercabang. Bila anda melakukan hal seperti ini secara rutin, rambut anda akan kembali normal.