Berbagai Manfaat Minyak Zaitun

minyak zaitun

minyak zaitun

Minyak zaitun sudah lama dikenal dan digunakan oleh manusia. Minyak zaitun juga lebih dikenal dengan nama olive oil yaitu minyak yang berasal dari buah zaitun yang sangat terkenal untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit yang ada di dalam tubuh manusia.

Bahkan minyak zaitun sudah digunakan sejak jaman Nabi Muhammad sehingga beliau berpesan untuk mengkonsumsi minyak zaitun untuk menjaga kesehatan para umatnya. Ada banyak sekali manfaat dari minyak zaitun, mulai dari untuk kesehatan, kecantikan dan lain sebagainya.

Minyak zaitun yang asli merupakan ekstrak pertama buah zaitun tanpa menggunakan bahan kimia apapun untuk memastikan kadar asam tetap dalam keadaan rendah. Minyak zaitun mampu menjaga tubuh kita tetap sehat dan tahan dari serangan penyakit.

Ada begitu banyak penelitian yang sengaja meneliti kandungan dari minyak zaitun, karena ada begitu banyak mafaat yang diberikan oleh minyak zaitun untuk kesehatan kita.

Berbagai macam manfaat dari minyak zaitun, meliputi:

  • Mengurangi angka kematian

Dalam sebuah studi yang dipublikasikan dalam majalah Lanst pada tahun 1999, menunjukkan bahwa Negara termiskin di Eropa yaitu Albania yang penduduknya mayoritas muslim memiliki angka kematian yang sedikit sekali. Angka kematian di Albania hanya sekitar 41 orang dari setiap 100.000 orang, hampir separuh dari angka kematian di Inggris. Ternyata hal seperti ini dipengaruhi oleh konsumsi minyak zaitun yang dilakukan secara rutin oleh penduduk di Albania.

  • Menurunkan tekanan darah tinggi
manfaat minyak zaitun

manfaat minyak zaitun

Dr Aldovaroro dari Universitas Napoli Italia telah melakukan penelitian serta dipublikasikan dalam majalah Archives of Internal Medicine pada tahun 2000. Beliau meneliti 32 orang pasien yang mengidap hipertensi serta diharuskan untuk mengkonsumsi obat-obatan untuk mengurangi penyakit hipertensi.

Para pasien diminta untuk mengkonsumsi minyak zaitun setiap hari dan hasilnya tekanan darahnya mulai turun sebanyak 7 poin.

  • Mengurangi kolesterol berlebih

Minyak zaitun yang dikonsumsi secara rutin dapat menurunkan kadar kolesterol total serta kadar kolesterol yang berbahaya, tanpa mengurangi kadar kolesterol baik atau HDL.

  • Mengurangi penyumbatan serta penebalan pembuluh darah

Penyumbatan pembuluh darah dikenal dengan istilah thrombosis, sedangkan penebalan pembuluh darah dikenal dengan nama arteriosclerosis. Sebuah kajian yang dipublikasikan di majalah kesehatan AMJ CLIN NUTRL pada tahun 1999 menyatakan bahwa, nutrisi yang terdapat dalam minyak zaitun dapat mengurangi pengaruh buruk dari lemak yang terdapat dalam makanan terhadap terjadinya pembekuan darah. Sehingga dengan cara mengkonsumsi minyak zaitun akan mengurangi terjadinya penyumbatan maupun penebalan pada nadi jantung, yang nantinya akan menyebab terjadinya penyakit jantung coroner.

  • Mengurangi resiko kanker

Ada penelitian yang menyatakan bahwa ada penurunan rasio kematian akibat dari serangan kanker di Laut Putih Tengah. Setelah diteliti, ternyata para penduduk di daerah tersebut suka mengkonsumsi sayur dam buah-buahan serta rutin mengkonsumsi minyak zaitun.

  • Khasiatnya sama dengan ASI

Dalam sebuah peneltiian di Universitas Barcelona, Spanyol, para peneliti mengambil sampel yang berisi ASI dan memeriksa sampel tersebut. Para peneliti menemukan bahwa kebanyakan lemak yang terkandung dalam ASI merupakan jenis lemak berantai tunggal. Minyak zaitun juga mengandung jenis lemak berantai tunggal yang mirip dengan ASI. Lemak seperti ini baik untuk manusia.

  • Mengurangi radang sendi

olive_oilSebuah penelitian yang dilakukan terhadap 145 orang pasien arthritis di Yunani Utara. Para pasien arthritis tersebut diminta untuk mengkonsumsi minyak zaitun secara rutin. Dalam penelitian tersebut terlihat bahwa mengkonsumsi minyak zaitun dapat berperan dalam melindungi tubuh kita dari penyakit seperti radang sendi.

  • Membasmi kutu rambut

Penelitian di Amerika menemukan bahwa dengan menggunakan minyak zaitun sebagai minyak rambut, maka kutu yang ada di rambut kita akan mati semua hanya dalam waktu beberapa jam saja. Bila anda mengalami masalah yang sama, tidak ada salahnya untuk mencobanya.

  • Mencegah kanker rahim

Sebuah majalah kesehatan di Inggris memuat berita tentang sebuah studi terhadap kanker rahim. Para wanita yang rutin mengkonsumsi minyak zaitun memiliki sedikit resiko terserah penyakit kanker Rahim, jika dibandingkan dengan wanita yang tidak mengkonsumsi minyak zaitun. Kemungkinan mengalami kanker rahim akan merosot sampai 26% bila rutin mengkonsumsi minyak zaitun.

  • Mencegah kanker lambung

Berbagai penelitian modern telah menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi minyak zaitun secara teratur dapat mencegah terjadinya kanker lambung. Namun sayangnya masih diperlukan berbagai penelitian lanjutan untuk mengetahui lebih lanjut, kandungan apa yang terdapat dalam minyak zaitun yang dapat berfungsi untuk mencegah kanker lambung.

  • Mencegah kanker kulit

Sebuah penelitian tentang manfaat minyak zaitun pada kulit telah menemukan bahwa menggunakan minyak zaitun dengan cara dibalurkan ke kulit setelah berenang sebagai krim kulit serta untuk krim berjemur akan melindungi kulit dari bahaya kanker kulit.