Berbagai Manfaat Oregano Untuk Kesehatan

manfaat oregano untuk kesehatan

manfaat oregano untuk kesehatan

Oregano memiliki nama ilmiah Origanum vulgara. Oregano sering digunakan sebagai bumbu tambahan untuk memperbaiki rasa dan menambah aroma pada makanan. Oregano telah lama digunakan di daerah Eurasia dan Mediterania selama ribuan tahun.

Sebenarnya oregano masih berkerabat dengan daun mint, karena keduanya sama-sama dari genus Mentha. Sebenarnya banyak sekali komponen alami yang baik sekali untuk kesehatan yang terkandung dalam oregano.

Yang paling sering digunakan adalah bagian daunnya. Daun oregano yang masih segar memiliki aroma yang tidak terlalu kuat. Justru ketika daun oregano di keringkan, maka aroma dan rasanya akan semakin kuat.

Daun oregano memiliki rasa yang cenderung pahit. Namun karena memiliki aroma yang sangat khas, maka daun oregano menjadi bumbu yang paling sering digunakan dalam berbagai kuliner Eropa. Pemberian daun oregano dalam masakan bertujuan untuk menambah aroma harum pada masakan.

Hampir semua masakan Eropa dan Italia menggunakan daun oregano. Beberapa masakan yang menggunakan tomat, seperti sup maupun pasta, pasti diberi tambahan aun oregano kering. Begitu juga dengan salad, masakan dari daging maupun ayam panggang, selalu ditambah dengan daun oregano.

Daun oregano mengandung banyak senyawa alami, seperti thymol, karvakrol, limonene, ocimene, pinen serta caryophyllene. Daun serta batang oregano memiliki sifat antiseptic, antispasmodic (untuk mengurangi kejang pada saluran pencernaan), karminatif (mengurangi gejala perut kembung), cholagogue (membersihkan empedu), ekspectoran, stimulant, dan tonikum.

Daun oregano juga mengandung berbagai senyawa asam lemak, seperti asam rosmarinat, asam palmitat, asam oleat, asam stearate, asam kafeat, asam ursolat serta asam kaprat. Kandungan vitamin dalam daun oregano, adalah vitamin B3, vitamin K dan betakaroten. Sedangkan kandungan mineral yang terkandung dalam oregano, meliputi mangan, seng, kalium, magnesium, zat besi, kalsium serta tembaga.

Dengan begitu banyaknya nutrisi yang terkandung didalamnya, maka menggunakan oregano akan sangat baik sekali untuk mendukung kesehatan tubuh kita. Berbagai manfaat yang bisa kita peroleh dari oregano, meliputi:

  • Memperbaiki kekebalan tubuh
daun oregano

daun oregano

Senyawa rosmarinat dan thymol yang terkandung dalam oregano, merupakan senyawa yang juga bersifat antioksidan yang mampu mengurangi stress oksidatif dalam tubuh. Penumpukan produk sampingan berupa radikal bebas dalam tubuh mampu merusak sel-sel dalam tubuh yang nantinya akan menyebabkan munculnya penyakit kanker serta penyakit kronis lainnya. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung oregano, maka kekebalan tubuh kita akan semakin baik dan kita akan terhindar dari berbagai macam penyakit yang berbahaya.

  • Mencegah infeksi bakteri

Selain mampu memperbaiki kekebalan tubuh, oregano juga memiliki sifat antibakteri. Hal ini disebabkan oleh adanya thymol dan carvacrol yang terkandung dalam oregano. Kedua senyawa tersebut mampu mempertahan tubuh kita dari serangan bakteri yang mampu mempengaruhi usus, kulit serta bagian tubuh yang lainnya. Selain itu, oregano juga mampu merangsang produksi sel darah putih serta meningkatkan metabolism tubuh. Mengkonsumsi makanan yang mengandung oregano ketika kita sedang sakit, akan ikut mempercepat proses menyembuhan penyakit.

  • Menjaga kesehatan system pencernaan

Oregano juga kaya akan serat. Serat alami yang terkandung dalam oregano mampu memperbaiki dan menjaga kesehatan system pencernaan dalam tubuh kita. Serat yang terkandung dalam oregano nantinya akan ikut merangsang gerak presitaltik usus serta memperbaiki kondisi cairan dalam lambung. Dengan begini, maka anda akan terhindar dari sembelit.

  • Menjaga kesehatan jantung

Oregano juga mengandung asam lemak omega 3. Asam lemak omega 3 sangat baik sekali artinya untuk kesehatan tubuh kita. Omega 3 nantinya akan meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL dan mengurangi kadar kolesterol jahat atau LDL. Selain itu, omega 3 juga ikut berperan dalam mengurangi peradangan pada system kardiovaskular. Sehingga, anda akan terhindari dari atherosclerosis, serangan jantung maupun stroke.

  • Detoksifikasi alami
daun oregano yang masih segar

daun oregano yang masih segar

Dengan begitu banyaknya nutrisi yang terkandung di dalam oregano, seperti mangan, zat besi, serat, vitamin K dan berbagai senyawa organic lainnya, maka oregano juga bisa kita gunakan sebagai bahan untuk detoksifikasi alami. Serat akan membantu mengeluarkan berbagai racun yang menumpuk dalam saluran pencernaan. Selain itu berbagai senyawa tersebut akan ikut merangsang fungsi organ hati dalam proses mengeluarkan berbagai racun berbahaya dalam tubuh.

  • Menjaga kesehatan tulang

Seiring dengan bertambahnya usia, maka tulang kita akan menjadi lemah dan mengalami kerusakan. Memastikan diri kita memperoleh cukup vitamin dan mineral sangatlah penting artinya dalam menjaga kesehatan tulang. Oregano mengandung kalsium, zat besi dan mangan yang pentings ekali artinya dalam menjaga kesehatan tulang. Oregano merupakan salah satu makanan yang kaya akan mineral mangan. Mengkonsumsi oregano akan ikut memperbaiki dan menjaga kesehatan tulang anda sampai tua, sehingga anda akan terhindar dari penyakit osteoporosis.

  • Meningkatkan energy

Dengan adanya kandungan vitamin B serta berbagai menyawa organic yang unik, maka oregano memiliki kemampuan untuk meningkatkan energy. Vitamin B dan berbagai senyawa yang ada di dalam oregano akan meningkatkan metabolism tubuh. Adanya zat besi dalam oregano akan meningkatkan kadar sel darah merah, yang nantinya akan mengirimkan lebih banyak oksigen ke seluruh sel dan otot dalam tubuh kita. Cara seperti ini nantinya akan meningkatkan energy serta stamina kita.

Meskipun memiliki banyak sekali manfaat kesehatan, sebaiknya jangan mengkonsumsi oregano secara berlebihan. Karena oregano masih berkerabat dengan mint, maka sebaiknya orang-orang yang mengidap alergi terhadap mint tidak mengkonsumsi oregano.