Berbagai Manfaat Susu Almond Untuk Kesehatan

cara membuat susu almond

cara membuat susu almond

Susu almond merupakan alternative yang baik untuk orang-orang yang alergi terhadap produk susu maupun susu kedelai. Karena susu almond mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik sekali untuk menjaga kesehatan.

Darah bergerak dalam tubuh kita melalui pembuluh darah. agar darah kita bisa mengalir dengan baik dan lancar, maka pembuluh darah harus diperluas. Sehingga darah menjadi semakin lancar dan dapat mengalir ke berbagai bagian tubuh.

Untuk melancarkan peredaran darah, maka kita membutuhkan vitamin D serta berbagai mineral lainnya, seperti fosfor. Tidak lancarnya peredaran darah karena adanya penyumbatan maupun karena gangguan lainnya akan mengganggu kesehatan tubuh kita secara keseluruhan.

Orang-orang yang tidak mengkonsumsi produk susu maupun susu kedelai cenderung mengalami penyumbatan maupun gangguan pada system peredaran darah. Jadi, untuk menjaga kelancaran peredaran darah, maka kita bisa mengkonsumsi susu almond.

Susu sapi sangat berbeda dengan susu almond, sebab susu sapi memerlukan proses pemanasan atau biasa disebut pasteurisasi.  Ketika susu sapi menjalani tahan pasteurisasi, maka beberapa kandungan nutrisi di dalamnya berpotensi mengalami kerusakan.

Namun, susu almond bisa langsung dibuat dan langsung dikonsumsi tanpa harus melewati proses pasteurisasi. Sehingga berbagai kandungan nutrisi di dalamnya tidak akan mengalami kerusakan.

Ada begitu banyak manfaat dari susu almond untuk kesehatan, seperti:

  • Menjaga kesehatan jantung

Susu almond ikut menjaga kadar kolesterol dalam tubuh dan menjadikan organ jantung semakin kuat serta sehat. Mengkonsumsi kacang almond mampu membantu dalam hal mengurangi resiko terjadinya penyakit jantung coroner. Salah satu penyebab dari terjadinya jantung coroner maupun penyakit kardiovaskular lainnya adalah karena tingginya kadar kolesterol jahat. Mengkonsumsi susu almond akan mengurangi kadar kolesterol jahat serta memberikan kalium yang merupakan vasodilator serta mengurangi stress pada jantung.

  • Menjaga kekuatan otot
manfaat susu almond untuk kesehatan

manfaat susu almond untuk kesehatan

Mengkonsumsi makanan yang tepat, akan menjaga kekuatan otot bahkan mampu mempercepat proses pembangunan otot. Susu almond mengandung riboflavin yang merupakan vitamin B yang mampu bekerjasama dengan mineral lain,s eperti zat besi, untuk mengatur kekuatan serta proses pertumbuhan otot yang baik. Selain itu, susu almond juga kaya akan protein yang nantinya sangat diperlukan dalam pembangunan otot, kulit serta berbagai jaringan tubuh lainnya.

  • Menjaga kesehatan kulit

Susu almond kaya akan kandungan vitamin E, yang nantinya akan ikut berperan dalam menjaga kesehatan kulit. Selain itu, susu almond juga kaya akan antioksidan yang juga akan ikut berperan dalam menjaga serta memperbaiki kulit yang rusak. Susu almond bisa diminum maupun digunakan sebagai lotion pembersih kulit.

  • Memperbaiki penglihatan

Susu almond kaya akan vitamin A yang baik sekali untuk menjaga kesehatan serta memperbaiki organ penglihatan. Penggunaan ponsel, computer dan lain sebagainya membuat mata menjadi cepat lelah dan penglihatan menjadi semakin terganggu. Kondisi seperti ini, bisa dikurangi dengan meningkatkan asupan yang mengandung vitamin A, seperti susu almond.

  • Menjaga kekuatan tulang

Susu almond mengandung kalsium yang sangat diperlukan untuk menjaga kekuatan dan kesehatan tulang maupun gigi. Selain itu, kalsium juga diperlukan untuk relaksasi otot, pembekuan darah maupun menjaga detak jantung tetap normal. Mengkonsumsi susu almond akan memberikan persedian kalsium yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Kalsium juga ikut mengurangi resiko terjadinya osteoporosis. Kalsium bersama vitamin D akan memastikan tulang kita tetap kuat sampai tua.

  • Menjauhkan kita dari kanker

Adalam sebuah penelitian telah ditemukan bahwa asupan susu almond mampu menekan pertumbuhan sel kanker, khususnya kanker prostat. Karena, susu almond kaya akan antioksidan yang baik untuk mencegah kanker. Namun, sebaiknya akan konsultasikan terlebih dahulu pada dokter ahli sebelum mengkonsusi susu almond untuk mencegah penyakit kanker.

  • Menjaga system imunitas tubuh
susu almond

susu almond

Susu almond memiliki berbagai nutrisi penting yang nantinya ikut menjaga system imunitas tubuh dan membuat anda selalu dalam kondisi sehat. System imunitas tubuh akan menjaga kita dari penyakit maupun infeksi dari kuman dan berbagai mikroorganisme yang berbahaya. Seseorang dengan system imunitas tubuh yang rendah, akan cenderung rentan mengalami gangguan kesehatan. Maka dari itu, untuk membuat tubuh anda selalu dalam kondisi sehat, sebaiknya konsumsilah susu almond.

  • Pendamping ASI yang baik

Susu almond kaya akan nutrisi yang mirip sekali dengan ASI. Sehingga susu almond baik sekali untuk makanan pendamping ASI maupun sebagai pengganti ASI. Selain itu, susu almond juga kaya akan protein, sehingga baik sekali untuk balita maupun anak-anak dalam masa pertumbuhan.

  • Menjaga kesehatan ginjal

Kebanyakan orang-orang yang memiliki masalah dengan ginjalnya tidak diperbolehkan untuk mengkonsumsi produk susu maupun susu kedelai. Meskipun susu kedelai mengandung kalium, namun kadarnya tidak terlalu tinggi, sehingga relative aman untuk dikonsumsi oleh orang-orang yang mengidap gangguan organ ginjal. Selain itu, susu almond juga biak sekali untuk orang-orang yang sering mengalami alergi saat mengkonsumsi produk susu maupun susu kedelai.