Berbagai Manfaat Yang Baik Dari Ketimun

manfaat buah ketimun untuk kesehatan

manfaat buah ketimun untuk kesehatan

Mentimun memiliki nama ilmiah Cucumis sativus L merupakan sayuran yang dulunya berasal dari India utara yang umumnya sering dijadikan lalapan karena mengandung banyak air serta rasanya yang manis.

Mentimun juga merupakan sayuran yang telah lama dibudidayakan  dan paling sering dikonsumsi selain tomat, kubis serta bawang.

Dengan kandungan airnya yang banyak sekali, mentimun baik sekali untuk kulit. Umumnya mentimun dijadikan masker untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Selain itu, mentimun juga memiliki sifat diuretik, memiliki efek mendinginkan serta menjadi pembersih alami yang baik sekali untuk kulit.

Umumnya, masker wajah dari mentimun dipakai untuk mengencangkan kulit wajah. Asam askorbat serta asam caffeic yang terkandung dalam mentimun dapat menurunkan resistensi air yang nantinya akan mengurangi pembengkakan pada kulit sekitar mata.

Ketika kita mengkonsumsi daging, sebaiknya juga diimbangi dengan mengkonsumsi buah dan sayuran. Antioksidan yang terkandung di dalam buah dan sayuran memiliki kemampuan untuk menyeimbangkan efek negatif dari pemakaian natrium pada makanan dari daging yang dapat meningkat tekanan darah.

Mentimun mampu menyeimbangkan kadar natrium dalam makanan yang kita konsumsi. Selain itu, mentimun juga mengandung serat, potasium serta magnesium yang baik untuk menjaga kesehatan kita khususnya dalam mengontrol tekanan darah darah dalam tubuh kita.

mentimun

mentimun

Selain untuk menyeimbangkan tekanan darah, mentimun memiliki banyak sekali manfaat yang lain bagi kesehatan kita, seperti dibawah ini:

  • Menjauhkan dari dehidrasi

Bila anda merasa belum minum cukup banyak air, ada baiknya untuk mengkonsumsi mentimun. Mentimun mengandung air yang sangat tinggi sehingga dapat menjauhkan kita dari dehidrasi.

  • Menjaga suhu tubuh

Mengkonsumsi mentimun dapat mencegah suhu tubuh menjadi telalu panas. Selain itu dengan cara membuat masker dari mentimun dan dioleskan ke kulit akan dapat menjaga kelembaban kulit

  • Anti toksin

Kandungan air yang banyak sekali dalam mentimun dapat membersihkan sebuah toksin atau racun dalam tubuh kita. Selain itu, dengan cara mengkonsumsi mentimun dapat melarutkan batu ginjal.

  • Mengandung banyak vitamin

Mentimun mengandung vitamin A, B dan C yang sangat diperlukan oleh tubuh kita untuk memperkuat daya tahan tubuh. Akan semakin baik lagi jika anda mengkonsumsi mentimun, wortel serta bayam yang dijus menjadi satu. Vitamin C yang terkandung di dalam mentimun terdapat pada bagian kulitnya dengan jumlah vitamin C sebesar 12%.

  • Mengandung banyak mineral untuk menjaga kulit

Mentimun juga mengandung mineral seperti magnesium, potasium serta silikon yang baik untuk mengencangkan kulit. Karena itu mentimun sering dijadikan bahan masker untuk merawat kulit.

  • Membantu sistim pencernaan

Mentimun mengandung banyak air serta rendah kalori. Selain itu mentimun juga mengandung banyak serat yang baik untuk menurunkan berat badan. Selain itu mengunyah mentimun bagus untuk menjaga kekuatan tulang rahang. Dengan mengkonsumsi mentimun secara rutin dapat mengatasi masalah sakit pada perut seperti sembelit.

  • Memperbaiki penampilan mata

Mentimun sering digunakan untuk mengompres mata yang lelah dan bengkak karena mampu mengencang kembali kulit-kulit yang membengkak dan menghitam disekitar kelopak mata.

  • Anti kanker

Mentimun mengandung lariciresinol, secoisolariciresinol serta pinoresinol yang mampu mengurangi resiko munculnya berbagai macam penyakit kanker, seperti kanker usus, kanker prostat, kanker payudara serta kanker saluran air kecil.

  • Mengurangi kolesterol serta efek diabetes

Mentimun mengandung fitosterol yang dapat mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh dan juga mengandung senyawa yang dibutuhkan oleh organ pankreas dalam memproduksi hormon insulin. Produksi insulin dalam jumlah yang memadai dapat membantu tubuh kita untuk mengendalikan kandungan gula dalam darah pada pengidap diabetes.

  • Mengatasi bau mulut

Segelas jus mentimun dapat menjaga kesehatan serta membantu untuk mengatasi bau mulut akibat sakit pada gusi. Selain itu, dengan mengulum sepotong mentimun dalam beberapa menit dapat membantu untuk menjaga kesehatan rongga mulut. Karena, mentimun mengandung anti bakteri yang dapat memusnahkan bakteri dan kuman yang terdapat di dalam rongga mulut yang mengakibatkan bau mulut.

  • Memperkuat rambut serta kuku

Mentimun juga mengandung mineral silika yang dapat membantu memperkuat dan menjaga kesehatan rambut serta kuku. Kandungan sulfur serta silika juga dapat membantu mempercepat pertumbuhan rambut.

  • Mengatasi arthritis
jus ketimun

jus ketimun

Arthritis merupakan masalah pada persendian. Mentimun dapat membantu dalam menjaga kesehatan sendi  dengan cara memperbaiki jaringan-jaringan dalam persendian. Mengkonsumsi jus mentimun yang dicampur dengan wortel dapat mengobati encok dan arthritis dengan cara menekan kadar asam urat dalam tubuh.

  • Mengatasi pusing

Terkadang kita sering merasakan pusing pada saat bangun pagi. Bila anda merasakan seperti pusing pada saat bangun pagi, ada baiknya untuk mengkonsumsi beberapa potong mentimun sebelum tidur. Mentimun mengandung vitamin B, gula serta elektrolit alami yang dapat mengembalikan nutrisi serta mengurangi ras apusing pada saat bangun pagi.

  • Menjaga kesehatan ginjal

Kandungan air dalam mentimun dapat menjaga kesehatan ginjal serta dapat menjaga kadar asam urat dalam tubuh yang nantinya dapat menjaga kesehatan organ ginjal.

1 comment for “Berbagai Manfaat Yang Baik Dari Ketimun

  1. Pingback: phillip

Comments are closed.