Berbagai Mitos Tentang Kolesterol

kolesterol

kolesterol

Ada banyak sekali mitos tentang kolesterol yang beredar di masyarakat. Dengan adanya mitos yang belum tentu benar seperti ini, dapat membuat orang-orang merasa kebingungan tentang kolesterol. Sehingga membuat masyarakat menjadi merasa was-was saat mengkonsumsi makanan.

Sesungguhnya, kolesterol masih dibutuhkan oleh tubuh kita. Namun, bila kolesterol dalam tubuh mengalami peningkatan, khususnya jenis kolesterol yang jahat atau Low Density Lipoprotein yang biasa disingkat dengan LDL, akan berpengaruh buruk yaitu munculnya penyakit jantung koroner.

Kolesterol sangat penting dalam pembentukan membran sel, pembuatan hormon serta vitamin D. Organ hati memproduksi serta menghubungkan kolesterol ke pembawa protein atau lipoprotein yang membuatnya menjadi larut dalam darah serta disalurkan ke seluruh bagian tubuh kita.

sumber kolesterol

sumber kolesterol

Berbagai macam mitos tentang kolesterol yang beredar di masyarakat adalah:

  • Semua kolesterol adalah jahat

Itu hanya mitos. Kolesterol penting artinya bagi fungsi tubuh. Seorang ahli kesehatan bernama Dr. John Gullota sebagai ketua organisasi AMA Therapeutics Committee, menyatakan bahwa sekitar 75% dari kolesterol dihasilkan oleh tubuh kita sendiri sedangkan yang 25% dapat kita peroleh dari asupan makanan.

Kolesterol dibuat dalam organ hati dan sangat dibutuhkan dalam hal produksi hormon, vitamin D serta menjalankan fungsi otak maupun saraf. Kolesterol yang bergabung dengan protein akan membentuk lipoprotein yang digunakan untuk proses peredaran darah.

Meskipun sering dianggap berbahaya, kolesterol masih dibutuhkan oleh tubuh kita. Setidaknya, manusia masih membutuhkan 1.100 mg kolesterol setiap hari untuk memelihara dinding sel serta dalam fungsi yang lain.

  • Semua jenis kolesterol berbahaya

Kolesterol diperlukan oleh tubuh untuk membuat membran sel serta hormon yang penting bagi tubuh kita. Seperti yang kita ketahui bersama, ada dua jenis kolesterol, yaitu kolesterol baik atau HDL dan kolesterol jahat atau LDL.

gambaran dari aterosklerosis

gambaran dari aterosklerosis

LDL atau kolesterol jahat inilah yang nantinya membentuk plak di dalam pembuluh darah atau yang disebut dengan nama aterosklerosis yang dapat menimbulkan penyakit jantung maupun stroke. Sebaliknya, HDL atau kolesterol baik justru berfungsi untuk mengeluarkan kolesterol jahat atau LDL dari darah. Semakin tinggi kadar HDL dalam tubuh kita akan semakin baik. Semakin tinggi LDL dalam tubuh kita maka akan sangat berbahaya sekali bagi kesehatan kita.

Upaya yang bisa kita lakukan untuk mengelola kolseterol adalah mengkonsumsi makanan rendah lemak dan menyehatkan serta rajin berolahraga secara rutin. Metode pengobatan dapat membantu ketika diet serta olahraga tidak mampu lagi untuk menjaga kolesterol dalam tubuh.

  • Gejala kolesterol tinggi dapat dilihat secara langsung.

Hal ini hanya sebuah mitos yang tidak benar. Pada kenyataannya, satu dari lima orang di Amerika memiliki kolesterol yang tinggi. Sayangnya, banyak sekali orng yang tidak mengetahui bahwa dirinya memiliki kolesterol yang tinggi karena memang umumnya tidak menampakkan gejala yang signifikan.

Seseorang baru mengetahui bahwa dirinya memiliki kolesterol yang tinggi setelah orang tersebut mengalami serangan jantung atau penyakit stroke. Ada baiknya untuk melakukan pemeriksaan kolesterol secara rutin setiap lima tahun sekali sejak anda masih berusia 20 tahun.

  • Satu-satunya cara dalam mengelola kolesterol tinggi adalah dengan pengobatan

itu tidak benar. Cara yang paling baik dalam mengelola kolesterol adalah dengan melakukan diet rendah lemak, olahraga serta pengobatan. Namun, akan lebih baik lagi untuk menurunkan kolesterol dengan cara yang alami bila memang anda bisa melakukannya. Contohnya cukup sederhana sekali, seperti menjaga berat badan, melakukan olahraga atau aktivitas fisik paling tidak 30 menit setiap hari serta mengkonsumsi makanan sehat dengan cara mengurangi lemak jenuh tidak lebih dari 7% dari kalori harian. Olahraga justru dapat menurunkan LDL serta meningkatkan HDL dalam tubuh kita.

Cara yang lain dalam mengelola kolesterol adalah, mengkonsumsi kolesterol kurang dari 200 mg per hari, kurangi asupan asam lemak trans, mengkonsumsi serat sebanyak 25 sampai 35 gram setiap hari serta meningkatkan asam lemak omega 3 dengan cara mengkonsumsi ikan laut atau konsumsi minyak ikan. Bila dengan cara diet sehat serta olahraga dirasa tidak cukup untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh anda, maka dokter akan menyarankan dengan pemberian obat khusus.

  • Kolesterol tinggi dapat sebabkan diabetes tipe 2
makanan kolesterol tinggi

makanan kolesterol tinggi

Ini memang benar. Tingginya kolesterol dapat berperan dalam berkembangnya penyakit diabetes tipe 2. Kolesterol baik atau HDL di bawah 35 mg/ dL merupakan salah satu penyebab terjadinya diabetes. Faktor terjadinya penyakit diabetes yang lain, adalah obesitas, memiliki keluarga yang mengalami diabetes, tidak banyak bergerak atau kurang olahraga serta memiliki hipertensi.

Penyakit diabetes tipe 2 karena tingginya kadar kolesterol dalam tubuh tidak akan menimbulkan gejala yang signifikan. Anda baru tahu sampai anda memerikasakan diri ke dokter ahli. Jadi, pelajarilah resiko diabetes, ada baiknya untuk selalu memeriksakan kadar gula dalam darah saat anda puasa bila anda meulai mengalami kelebihan berat badan.

  • Bila kolesterol stabil, anda aman dari serangan penyakit stroke maupun serangan jantung.

Kenyataannya, walaupun kolesterol anda stabil atau bahkan kurang dari 200 mg/dL, namun kadar kolesterol jahat atau LDL anda tinggi sedangkan kolesterol baik atau HDL anda rendah, hal seperti ini justru dapat meningkatkan resiko penyakit jantung maupun stroke.

Itulah sebabnya, penting sekali untuk mengetahui angka-angka keseluruhan dari kolesterol anda. Untuk mengurangi resiko terserang penyakit stroke atau serangan jantung, lakukanlah pengecekan kolesterol serta mematuhi perintah dokter.

  • Alkohol serta rokok dapat mempengaruhi kolesterol

Kenyatannya, alkohol serta rokok dapat merubah kolesterol. Beberapa penelitian telah menunjukkan abwah alkohol dalam jumlah moderat dapat meningkatkan HDL kolesterol baik. Sebaliknya, rokok justru dapat menurunkan kadar kolesterol baik atau HDL.

Namun, menaikkan kadar HDL atau kolesterol baik dengan cara mengkonsumsi alkohol bukanlah sebuah opsi yang bagus. Cara terbaik untuk meningkatkan kolesterol baik atau HDL adalah dengan cara melakukan diet yang sehat. Ada baiknya untuk menghentikan kebiasaan buruk seperti merokok. Cara seperti ini tidak hanya meningkatkan kadar HDL, namun juga dapat mengurangi bahaya munculnya penyakit jantung maupun kanker yang tidak kalah bahayanya.

  • Lakukan pemeriksaan kolesterol ketika berusia 45

Sebaiknya, lakukanlah pemeriksaan kolesterol sedini mungkin, atau sejak anda berusia 20 tahun dan dilakukan setiap lima tahun sekali. Jika kita terlambat memeriksakan kolesterol dalam tubuh kita, bisa saja kita jadi kecolongan.

Cara memeriksa kolesterol dalam darah adalah dengan memeriksa profil puasa setelah anda melakukan puasa selama 9 sampai 12 jam. Hasil tes ini akan memecah kolesterol dalam tubuh anda menjadi 4 bagian, yaitu trigliserida, HDL, LDL serta kolesterol total.

Untuk gambaran yang sehat, trigliserida kurang dari 150 mg/dL, HDL diatas 40 mg/dL, LDL dibawah 100 mg/dL sedangkan nilai kolesterol total kurang dari 200 mg/dL.

  • Hilangkan makanan berlemak akan lebih aman dari kolesterol

Menghilangkan beberapa jenis makanan bukanlah sebuah cara yang baik untuk mengelola kolesterol. Tidak perlu untuk menghindari lemak seperti daging maupun produk olahan susu dari diet sehari-hari.

Kunci dari mengelola kadar kolesterol dalam tubuh adalah dengan cara mengontrol porsi serta keragaman jenis makanan yang kita konsumsi. Makanan yang kaya akan lemak jenuh akan meningkatkan kolesterol dalam darah lebih dari makanan yang lain. Jangan menjauhi jenis makanan tertentu, cukup batasi saja asupan dari jenis makanan yang mengandung lemak jenuh.

  • Kolesterol sama dengan lemak

Jika dilihat dari struktur kimia, kolesterol merupakan kelompok steroid, yaitu zat yang termasuk dalam golongan lemak atau lipid. Namun, kolesterol memiliki substansi yang berbeda dengan lemak. Salah satu jenis makanan bisa saja tinggi lemak, namun bebas dari kolesterol, contohnya minyak zaitun. Makanan yang lain bisa saja rendah lemak namun tinggi kolesterol, contohnya ginjal.

Untuk menjaga kesehatan jantung, sebaiknya ganti lemak jenuh dengan lemak tak jenuh tunggul maupun ganda yang baik untuk kesehatan tubuh kita.

  • Antioksidan hanya melindungi kita dari kanker

Antioksidan tidak hanya berfungsi sebagai pelindung terhadap kanker, tapi juga bisa melindungi kita dari kolesterol jahat, seperti terjadinya penyakit jantung ayang umumnya lebih sebabkan oleh tingginya kadar kolesterol jahat dalam tubuh kita. Antioksidan memberikan perlindungan terhadap kerusakan yang ditimbulkan oleh radikal bebas. Antioksidan dapat kita jumpai pada berbagai jenis buah serta sayuran. Teh hijau serta cokelat hitam merupakan sumber makanan yang mengandung antioksidan. Dengan adanya antioksidan dapat mengurangi resiko terjadinya penyakit jantung.

2 comments for “Berbagai Mitos Tentang Kolesterol

  1. Pingback: Roy
  2. Pingback: Stephen

Comments are closed.