Berbagai Mitos Tentang Stres

stres

stres

Kita biasanya menggunakan kata stress ketika kita merasa segala sesuatu yang ada dalam hidup kita telah berubah menjadi semakin bertambah banyak dan tidak menentu.

Semua hal yang menimbulkan tantangan maupun ancaman bagi kesejahteraan kita adalah stress. Terkadang beberapa tekanan membuat hidup kita menjadi semakin berantakan, namun ada juga beberapa orang yang menganggap tekanan dalam hidup sebagai hiasan dalam hidup.

Tanpa stress kemungkinan hidup kita menjadi lebih membosankan dan tidak berarti apa-apa. Namun terkadang stress juga dapat menyebabkan kerusakan pada mental maupun fisik, sehingga lebih cenderung mengidap penyakit.

Stressor adalah agen atau hal-hal yang menyebabkan terjadinya stress. Sedangkan stress adalah perasaan kita ketika berada di bawah tekanan. Semakin banyak stress yang kita alami, maka perasaan kita akan semakin tertekan.

Ada banyak mitos tentang stress yang belum kita ketahui diluar sana. Berbagai mitos tentang stress, meliputi:

  • Tidak ada gejala berarti tidak stress

Tidak adanya gejala pada diri anda bukan berarti anda tidak mengalami stress. Gejala dari stress sangat mirip sekali dengan gangguan-gangguan kecil pada kesehatan, seperti sakit kepala, lelah, gugup, mengantuk, sakit perut, nyeri leher dan lain sebagainya. Anda pasti pernah mengalami sakit kepala saat anda bekerja dan anda berusaha menguranginya dengan minum obat sakit kepala, tapi rasa sakitnya tidak juga hilang. Bisa jadi itu adalah tanda dari stress.

  • Hanya gejala utama saja yang perlu diperhatikan

Stress memang menimbulkan banyak gejala, seperti kurang focus, lemah, keringat dingin, gemetar, sakit kepala dan lain sebagainya. Bahkan ada juga orang yang merasa seperti sakit perut saat mengalami stress. Tanda sekecil apapun itu harus kita perhatikan. Bila kita sering mengabaikan tanda atau gejala dari stress, nantinya akan membuat stress yang kita alami menjadi semakin parah dan dapat menyebabkan depresi serta berbagai macam penyakit yang serius.

  • Stress adalah bagian dari hidup
stres dalam bekerja

stres dalam bekerja

Seseorang memang akan mengalami stress dalam berbagai macam situasi dan kondisi, namun hal itu bukan berarti bahwa orang tersebut harus bisa nemerima dan menjadikan stress sebagai bagian dari hidupnya. Stress bukanlah gaya hidup. Sebenarnya stress bisa dikurangi maupun dihilangkan, dengan cara membuat perencanaan serta menentukan hal yang menjadi prioritas dalam hidup.

  • Stress terjadi karena terlalu banyak bekerja

Sebenarnya bekerja secara berlebihan tidak akan menyebabkan stress. Bekerja secara berlebihan hanya akan menyebabkan anda merasa lelah. Yang menyebabkan munculnya stress bukanlah pekerjaan, melainkan tekanan serta hal-hal lainnya yang muncul saat bekerja. Bila seseorang berpikiran bahwa stress terjadi karena pekerjaan, maka orang tersebut akan mengurangi pekerjaannya. Hal tersebut bukanlah hal yang benar. Sebaiknya anda lebih fokus pada satu pekerjaan hingga selesai. Hal seperti ini justru dapat mengurangi stress. Semakin banyak pekerjaan yang anda lakukan dalam waktu yang sama, justru membuat stress menjadi semakin meningkat.

  • Stress umumnya terjadi karena masalah eksternal

Stress tidak hanya disebabkan oleh adanya masalah eksternal. Pada kenyataannya stress justru muncul karena berbagai masalah internal. Berbagai masalah internal, seperti hubungan kita dengan keluarga, pasangan maupun kesehatan tubuh juga dapat memicu terjadinya stress. semakin banyak masalah yang dihadapi, maka semakin tinggi pula stress yang kita alami.

  • Stress hanya dapat dikurangi dengan yoga
latihan yoga

latihan yoga

Yoga maupun meditasi mampu membantu pikiran serta tubuh kita menjadi lebih santai. Sayangnya, tidak semua orang yang mengalami stress dapat dibantu dengan cara melakukan yoga maupun meditasi. Nyatanya, hal seperti ini sangat tergantung pada individu atau orang yang mengalami stress. Diri kita sendiri sebenarnya bisa menemukan cara yang tepat untuk mengurangi stress. Namun setelah kita bisa menemukan cara yang tepat untuk mengurangi stress, bukan berarti anda harus tetap hidup bersama dengan stress. Anda juga harus bisa mengendalikan dan mengelola stress yang anda alami.

  • Minuman beralkohol dan rokok mampu mengurangi stress

Mitos tersebut adalah salah besar. Minuman beralkohol maupun rokok tidak akan bisa ngurangi stress yang anda rasakan. Cara seperti itu justru akan membuat stress yang anda alami menjadi semakin meningkat. Minum minuman beralkohol dan merokok saat stress akan meningkatkan stress serta menyebabkan berbagai macam penyakit yang sangat berbahaya bagi kesehatan anda.

  • Stress akan menyebabkan penyakit jantung

Ini adalah mitos yang salah. Stress dapat menyebabkan penyakit jantung serta berbagai macam penyakit lainnya yang akan menyebar ke organ otak serta seluruh bagian tubuh anda. Maka dari itu, stress berlebihan akan sangat berbahaya bagi kesehatan anda. Stress mampu mengurangi system kekebalan tubuh yang nantinya memicu berbagai macam penyakit.

  • Stress pada semua orang adalah sama

Hal itu adalah salah besar. Stress sangat tergantung pada individu. Setiap manusia memiliki kehidupan dan masalah sendiri-sendiri. Kehidupan serta masalah ini nantinya akan menimbulkan tekanan, sehingga menyebabkan stress. apa yang menyebabkan stress pada satu individu belum tentu dapat menyebabkan stress pada individu lainnya. Setiap individu juga memiliki respon yang berbeda dalam merespon stress yang dialaminya.