Berbagai Nutrisi Dan Manfaat Dari Air Kelapa

buah kelapa

buah kelapa

Kita sangat beruntung hidup di Indonesia yang memiliki banyak buah-buahan tropis. Salah satu buah tropis adalah kelapa. Air kelapa bukan hanya sekedar pelepas dahaga, namun juga mampu menyegarkan tubuh dengan cepat serta mampu menggantikan cairan tubuh yang telah hilang setelah melakukan aktivitas yang berat.

Air kelapa dipercaya memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan manusia sejak jaman dahulu. Kelapa sendiri mengandung banyak nutrisi, tergantung dari umur buah kelapa itu sendiri. Buah kelapa yang tua umumnya mengandung sedikit air, namun justru kaya akan lemak, fosfor, kalsium serta kalori.

Air kelapa khususnya dari kelapa yang masih muda mengandung banyak makronutrien, seperti lemak, protein serta karbohidrat. Air kelapa banyak mengandung vitamin, seperti vitamin B3, B5, B6 serta vitamin C. Sedangkan kandungan mineral dalam air kelapa, meliputi kalsium, kalium, fosfor, zinc, natrium serta magnesium.

Dengan begitu banyaknya kandungan nutrisi dalam air kelapa, maka kita bisa menggunakan air kelapa untuk menunjang kesehatan kita. Manfaat dari kelapa bagi kesehatan kita, meliputi:

  • Meningkatkan system imunitas tubuh

Salah satu elemen pembentuk system imunitas tubuh adalah protein. Dengan rendahnya kandungan protein dalam tubuh, maka nantinya akan membentuk system kekebalan tubuh yang rendah. Air kelapa mengandung asam laurat yang merupakan senyawa bersifat antibakteri, antivirus  serta antijamur. Air kelapa juga mengandung senyawa glutamin serta arginine yang juga memiliki kemampuan dalam melawan virus.

  • Menurunkan berat badan

Air kelapa mengandung lemak, namun kadarnya sangat rendah. Jadi, anda tidak perlu takut gemuk setelah minum air kelapa. Selain itu, mengkonsumsi air kelapa dapat membuat kita merasa kenyang lebih lama.

  • Mampu memecahkan serta mengeluarkan batu ginjal

Ada sebuah penelitian tentang efek air kelapa dengan batu ginjal. Ternyata air kelapa juga memiliki sifat diuretic alami sehingga mampu mempermudah proses pengeluaran batu ginjal. Batu ginjal yang berukuran kecil akan keluar dengan sendirinya setelah rutin mengkonsumsi air kelapa. Namun bila batu ginjal memiliki ukuran yang lebih besar dari saluran kencing, maka terapi minum air kelapa tidak bisa diandalkan.

  • Menjaga kesehatan kulit

Bila anda memiliki masalah seperti noda pada kulit maupun jerawat, anda bisa mencoba untuk melakukan terapi dengan air kelapa. Ambil kapas dan basahi dengan air kelapa lalu kompres ke bagian kulit yang bernoda maupun pada bagian yang berjerawat. Lakukan cara seperti ini secara teratur. Kulit akan semakin sehat dan tampak awet muda bila kita minum air kelapa secara teratur.

  • Menstabilkan tekanan darah
manfaat air kelapa untuk kesehatan

manfaat air kelapa untuk kesehatan

Minum air kelapa secara rutin mampu menstabilkan tekanan darah. Orang-orang yang rutin mengkonsumsi air kelapa umumnya memiliki tekanan darah yang lebih sehat, sehingga jarang mengalami hipertensi.

  • Menetralkan racun

Air kelapa mengandung antidotum atau antiracun, namun tidak semua racun yang bisa dinetralkan oleh air kelapa. Air kelapa mampu membantu proses pengeluaran racun yang masih tersimpan dalam lambung. Bila racun sudah terlanjur masuk ke aliran darah, maka pemberian air kelapa hanya akan membantu mengencerkan racunnya saja karena sudah tidak bisa lagi dikeluarkan melalui ginjal.

  • Melancarkan pencernaan

Bila anda mengalami masalah seperti sualit buang air besar maupun sembelit, cobalah untuk minum air kelapa secara rutin selama beberapa hari. Air kelapa dipercaya mampu membantu memperlancar system pencernaan serta mampu mengurangi gas dan asam yang berlebihan dalam lambung.

  • Kaya akan nutrisi

Berbeda dengan minuman kesehatan maupun minuman yang lain, air kelapa mengandung lebih banyak elektrolit yang sangat penting bagi kesehatan tubuh manusia, seperti kalium, fosfor, natrium, kalsium serta magnesium. Karena komposisinya yang unik, maka air kelapa dapat dinikmati oleh siapa saja baik itu anak-anak maupun orang lanjut usia.

  • Meningkatkan energy

FAO sebagai lembaga pangan dunia, telah menobatkan air kelapa sebagai minuman energy alami yang baik sekali untuk kesehatan. Selain itu, air kelapa mengandung isotonic alami yang serupa dengan komposisi cairan dan elektrolit dalam tubuh manusia, sehingga bisa mengurangi bahaya dari dehidrasi. Jadi, mengkonsumsi air kelapa akan membuat energy anda semakin meningkat, karena adanya karbohidrat, vitamin, asam amino serta ion yang ikut berperan dalam meningkatkan suplai energy dalam tubuh.

  • Baik untuk pengidap demam berdarah

Demam berdarah berhubungan erat dengan daya tahan tubuh. Hal yang paling penting dalam penyembuhan demam berdarah adalah mencegah terjadinya shock dengan cara menjaga cairan dalam tubuhnya tetap dalam kondisi normal, baik itu dengan minum air maupun dengan menggunakan cairan infus. Air kelapa diperlukan oleh pengidap demam berdarah karena memiliki kandungan isotonic alami, meskipun memang bukan untuk menaikkan kadar trombosit. Trombosit akan meningkat dengan sendirinya seiring dengan proses penyembuhan.

  • Sesuai untuk berbagai kondisi manusia

kelapaAir kelapa merupakan isotonic alami yang bisa diterima oleh siapapun dengan berbagai kondisi kesehatan.  Maka dari itu, air kelapa sering dijadikan sebagai bahan alami yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan yang bersifat darurat. Selain itu air kelapa juga bisa mengembalikan kesegaran tubuh dengan harga yang lebih murah.

  • Mengurangi efek dari alkohol

Alcohol yang masuk ke dalam tubuh dapat dikeluarkan dengan cara minum air kelapa karena adanya zat yang bersifat penawar racun dalam air kelapa. Air kelapa juga dapat mengencerkan kadar alcohol sehingga efek dari alcohol menjadi berkurang. Namun bila minuman beralkohol tadi sudah terlanjur masuk ke dalam jaringan tubuh bahkan telah menimbulkan kerusakan permanen pada jaringan tertentu, maka mengkonsumsi air kelapa tidak akan bermanfaat sama sekali.

  • Mencegah dehidrasi

Dehidrasi atau kekurangan cairan akan menyebabkan berbagai dampak yang sangat berbahaya bagi kesehatan, khususnya pada anak-anak maupun bayi. Bila anak maupun bayi sampai mengalami dehidrasi, maka air putih saja tidak akan cukup. Begitu juga pada kondisi hilangnya cairan setelah melakukan olahraga atau aktivitas yang berat. Kondisi seperti ini sangat membutuhkan yang dinamakan elektrolit. Air kelapa kaya akan elektrolit, sehingga akan mencegah anda mengalami dehidrasi.