Berbagai Nutrisi Dan Manfaat Jambu Air Untuk Kesehatan

manfaat jambu air untuk kesehatan

manfaat jambu air untuk kesehatan

Jambu air adalah tumbuhan Myrtaceae atau suku jambu-jambuan yang berasal dari Asia Tenggara. Jambu air sebenarnya berbeda dengan jambu semarang  dengan nama ilmiah Syzygium samarangense, kerabat dekat jambu air yang memiliki buah dan pohon yang hampir sama.

Beberapa kultivar buah jambu bahkan sulit sekali untuk dibedakan, sehingga keduanya sering diberi nama yang umum, yaitu jambu air atau jambu. Jambu air merupakan tanaman yang mudahs ekali untuk ditanam dan dibudidayakan.

Seperti buah-buahan pada umumnya, jambu air bisa dikonsumsi mentah. Jambu air juga sering dijadikan sebagai hidangan penutup. Ada beberapa manfaat kesehatan dari jambu air, yaitu meningkatkan pencernaan, meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah infeksi bakteri  dan masih banyak lagi.

Jambu air kaya akan vitamin C, A, thiamin, niasin, zat besi, sulfur, kalsium, kalium, magnesium, fosfor, dan tembaga. Selain itu, jambu air juga mengandung senyawa organic yang baik untuk kesehatan kita, seperti jambosine, asam betulinic serta friedelolactone. Jambu air juga kaya akan serat dan air.

Berbagai manfaat dari jambu air untuk kesehatan, meliputi:

  • Mengontrol diabetes

Senyawa jambosine dalam jambu air merupakan senyawa jenis alkaloid yang mempu menghalangi serta mengatur konversi pati menjadi gula. Hal ini akan sangat baik sekali bagi orang-orang yang mengidap penyakit diabetes maupun bagi mereka yang beresiko mengembangkan penyakit diabetes. Para ilmuwan juga sedang meneliti efek dari jambosie terhadap control gula darah.

  • Mencegah dehidrasi
jambu air

jambu air

Seperti namanya, jambu air banyak mengandung air. kandungan air dalam 100 gram jambu air bisa mencapai 93%, sehingga mampu untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Kandungan air yang melimpah dalam jambu air juga mampu meningkatkan mood bagi semua orang yang mengkonsumsinya.

  • Menjaga system pencernaan

Jambu air juga mengandung serat yang baik sekali untuk mengatur perjalanan makanan melalui ssaluran pencernaan dalam perut kita. Serat dalam jambu biji juga mampu mencegah terjadinya sembelit. Dibeberapa tempat di Asia, biji jambu air juga sering digunakan sebagai obat untuk mencegah diare serta disentri.

  • Mencegah kanker

Berbagai senyawa aktif serta adanya vitamin A dan vitamin C dalam jambu air, telah digunakan sebagai pencegahan penyakit kanker yang efektif. Hal ini diteliti secara lebih mendalam dalam hal mencegah serta mengobati kanker payudara serta kanker prostat. Hasilnya kanker payudara serta kanker prostat tampak mulai berkurang.

  • Detoksifikasi alami

Jambu air dikenal selama ratusan tahun sebagai obat detoksifikasi alami. Karena, jambu air mengandung banyak air serta senyawa yang bersifat diuretic alami yang nantinya akan ikut membersihkan berbagai racun yang ada di dalam organ hati serta membersihkan ginjal. Selain itu, jambu air juga mampu meningkatkan kerja metabolism tubuh.

  • Menjaga kadar kolesterol

Jambu airKombinasi antara serat dengan berbagai nutrisi alami dalam jambu air telah menunjukkan berbagai efek yang baik terhadap profil kadar kolesterol dalam tubuh manusia. Mengkonsumsi jambu air akan menurunkan kadar kolesterol jahat yang nantinya juga akan mencegah terjadinya atherosclerosis. Mencegah terjadinya atherosclerosis akan membuat kita terhindar dari penyakit jantung coroner, serangan jantung mendadak serta stroke.

  • Meningkatkan daya tahan tubuh

Adanya komponen volatile dalam jambu air sangat erat kaitannya dengan kesehatan tubuh kita secara menyeluruh. Komponen tersebut bersifat antimikroba serta antijamur. Selain itu, jambu air juga kaya akan air. kandungan komponen volatile dengan air dalam jambu air, akan ikut melindungi tubuh serta melindungi kulit dari berkembangnya berbagai macam infeksi  serta memperkuat daya tahan tubuh terhadap berbagai mikroorganisme yang dapat menyebabkan penyakit.

Jambu air juga memiliki banyak manfaat lainnya untuk kesehatan, seperti mencegah radang sendi, sakit mata, cacar air, epilepsy sserta mampu meningkatkan kemampuan berpikir.

Beberapa kultivar jambu air, memiiki batang, biji serta daun yang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh kita, karena mengandung sianida. Sebaik konsumsi jambu air secara bijak dan pilihlah buah jambu air yang benar-benar sudah matang.