Berbagai Nutrisi Dan Manfaat Kurma Untuk Kesehatan

nutrisi dan manfaat kurma untuk kesehatan

nutrisi dan manfaat kurma untuk kesehatan

Kurma merupakan jenis makanan yang paling banyak dicari sebagai salah satu menu untuk buka puasa di bulan Ramadhan. Pada bulan Ramadhan banyak sekali yang yang menjual buah kurma.

Berbuka puasa dengan mengkonsumsi kurma mampu menghindari makan berlebihan. Berbagai nutrisi yang terkandung dalam kurma akan mengurangi rasa lapar. Selain itu system saraf juga akan membaik karena kurma mengandung mineral kalium.

Menurut survey medis modern, kurma sangat baik sekali untuk mencegah terjadinya kanker perut. Selain itu mengkonsumsi kurma juga baik sekali untuk memeprcepat proses penyembuhan dari cedera maupun penyakit. Mengkonsumsi kurma mampu meningkatkan energy dalam waktu yang cepat. Mengkonsumsi kurma juga akan memberikan sukup serat yang baik sekali untuk menjaga kesehatan system pencernaan.

Kurma kaya akan berbagai vitamin dan mineral yang penting sekali untuk kesehatan. Kurma juga mengandung gula dan juga serat yang baik. Kandungan vitamin dalam kurma, meliputi vitamin A, B1, B2, B3, B9 dan vitamin K. Sedangkan kandungan mineral dalam kurma, meliputi kalsium, fosfor, natrium, magnesium, selenium, kalium, zat besi, mangan, tembaga dan seng.

Berbagai nutrisi yang terkandung dalam kurma akan memberikan banyak manfaat yang baik untuk kesehatan, seperti:

  • Mencegah sembelit

Kurma mampu mencegah berbagai gangguan pada system pencernaan, khususnya sembelit. Rendamlah kurma dalam air selama 1 malam. Kemudian makanlah kurma yang yang direndam tersebut di pagi hari. Kurma mengandung serat yang larut dalam air. Hal ini nantinya akan meningkatkan gerakan usus dan membuat perut menjadi lebih nyaman.

  • Menjaga kesehatan dan kekuatan tulang

Berbagai mineral yang terkandung dalam kurma mampu menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Tulang yang tetap sehat dan kuat akan mencegah terjadinya osteoporosis. Kandungan selenium, mangan, tembaga serta magnesium akan membangun kekuatan tulang. Jadi, mengkonsumsi 1 buah kurma setiap hari akan ikut menjaga kesehatan dan kekuatan tulang.

  • Mencegah gangguan usus

kurmaKandungan B3 dalam buah kurma mampu mencegah dan menyembuhkan berbagai gangguan pada usus. Konsumsi kurma secara rutin mampu menghambat pertumbuhan bakteri jahat dalam usus. Selain itu kurma juga mampu meningkatkan pertumbuhan bakteri baik dalam usus. Kandungan serat serta berbagai asam amino dalam kurma nantinya juga akan merangsang pencernaan dan meningkatkan penyerapan nutrisi dari makanan.

  • Mencegah anemia

Kurma mengandung zat besi yang maik sekali untuk mencegah terjadinya anemia karena kekurangan zat besi. Semakin banyak kadar zat besi dalam tubuh akan membuat memperbanyak sel darah merah yang nantinya akan mempromosikan energy, sekaligus mengurangi kondisi lelah dan lesu.

  • Mencegah alergi

Kurma juga mengandung sulfur organic yang mampu mencegah terjadinya alergi serta mengurangi reaksi alergi. Menkonsumsi kurma setiap hari juga ikut mencegah terjadinya alergi musiman. Karena itu, bila anda memiliki alergi, cobalah untuk mengkonsumsi kurma.

  • Menstabilkan berat badan

Kurma juga bisa menstabilkan berat badan anda. Kurma mengandung gula, protein serta berbagai macam vitamin dan mineral penting untuk meningkatkan metabolism tubuh. Untuk orang-orang yang ingin meningkatkan berat badan, anda juga bisa mengkonsumsi kurma. Nantinya protein yang terkandung dalam kurma akan ikut membangun massa otot dan memperkuat otot, sehingga anda akan tampak lebih berisi.

  • Meningkatkan energy

Kurma kaya akan gula alami, seperti fruktosa, glukosa serta sukrosa. Berbagai jenis gula tersebut akan langsung di ubah menjadi energy tambahan yang baik untuk kesehatan. Maka dari itu, banyak sekali orang yang mengkonsumsi kurma di sore hari untuk mengurangi rasa letih dan lesu.

  • Menjaga kesehatan system saraf

Berbagai vitamin dan mineral dalam kurma akan ikut menjaga kesehatan system saraf agar tetap berfungsi secara normal. Kandungan kalium dalam kurma akan mempromosikan system saraf yang lebih sehat serta mampu meningkatkan kecepatan aktivitas otak. Maka dari itu, kurma sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh orang-orang lanjut usia yang system sarafnya mulai lamban. Kurma juga baik bgi orang-orang yang ingin menjaga daya kognitifnya tetap stabil.

  • Menjaga kesehatan jantung
buah kurma

buah kurma

Kurma juga ikut menjaga kesehatan organ jantung. Mengkonsumsi kurma yang direndam selama 1 malam mampu memperbaiki kondisi jantung lemah. Kandungan kalium dalam kurma mampu mengurangi resiko terjadinya penyakit jantung maupun stroke. Selain itu, mengkonsumsi kurma juga akan mengurangi kadar LDL yang menjadi factor penyebab terjadinya penyakit jantung dan stroke. Mengkonsumsi kurma dua kali dalam seminggu cukup untuk menjaga kesehatan organ jantung.

  • Penawar racun

Kurma dapat digunakan sebagai penawar racun, khususnya racun dari alcohol. Mengkonsumsi kurma setelah minum alcohol, mampu mengurangi kadar alcohol serta membuang berbagai racun alcohol dari dalam tubuh kita. Mengkonsumsi kurma juga mampu mencegah terjadinya mabuk berat.

  • Mengurangi diare

Kurma mengandung banyak kalium yang baik sekali untuk kesehatan. Kalium juga mampu mengendalikan diare. Mengkonsumsi kurma saat anda mengalami diare, akan membantu mengurangi dan meringankan gejala diare. nantinya serat larut yang terkandung dalam kurma juga ikut menjaga kesehatan usus dan system pencernaan.

Meskipun kurma memiliki banyak sekali manfaat yang baik untuk kesehatan, sebaiknya anda tetap berhati-hati dalam mengkonsumsi kurma. Kurma memiliki permukaan yang sangat lengket, sehingga banyak kotoran yang menempel disitu.

Sebaiknya pilihlah kurma yang telah diproses dan dikemas dengan baik. Dan jangan lupa untuk mencuci permukaan kurma dengan air mengalir sebelum dikonsumsi. Hal seperti akan membuat kebersihan dari permukaan kurma akan tetap terjamin.