Berbagai Penyebab Dari Sembelit

sembelit

sembelit

Orang-orang kebanyakan mengira bahwa ketika dirinya mengalami sembelit, maka kondisi seperti ini disebabkan oleh karena kurangnya konsumsi serat dalam menu makanan sehari-hari.

Padahal, sebenarnya masih ada banyak faktor penyebab lainnya dari munculnya masalah sembelit selain karena kurangnya konsumsi serat, seperti obat-obatan, kurang beraktivitas, stres bahkan karena faktor hormonal yang tidak seimbang dalam tubuh seseorang.

Sembelit merupakan kondisi yang umumnya ditandai dengan adanya gejala seperti sulit BAB, kurangnya frekuensi BAB dalam seminggu, tinja yang keras dan berbentuk bulatan kecil serta merasa seperti BAB yang kurang tuntas.

Proses terjadinya BAB disebabkan oleh tiga faktor, yaitu adanya kotoran atau feses yang bergerak menuju ke bagian kolon atau usus besar karena adanya air, adanya serat yang membentuk kotoran atau feses serta adanya faktor pergerakan usus.

Maka dari itu, jika kita ingin lancar BAB sebaiknya kita tidak hanya memperbanyak konsumsi makanan atau minuman yang berserat saja, namun kita juga perlu konsumsi banyak air serta tetap aktif dalam bergerak maupun olahraga.

Faktor penyebab dari munculnya kondisi sembelit karena hormonal, umumnya sering terjadi pada wanita, khususnya pada wanita yang sedang dalam masa kehamilan, karena terlalu banyak konsumsi daging dan kurangnya konsumsi serat.

macam-macam obat

macam-macam obat

Sembelit yang bisa disebabkan karena faktor obat-obatan umumnya terjadi pada orang-orang yang menjalani metode pengobatan dari penyakit tertentu yang diidapnya, misalnya obat hipertensi, konsumsi suplemen kalium, obat antidepresi maupun supelemen zat besi.

Berbagai penyakit kronis yang terjadi pada seseorang, seperti diabetes, parkinson, stroke, tumor pada saluran pencernaan serta adanya riwayat lain seperti adanya pelecehan seksual juga bisa menyebabkan terjadinya sembelit pada orang-orang tertentu.

Banyak sekali pasien yang datang untuk berkonsultasi tentang masalah sembelit yang dialaminya. Umumnya para pasien sembelit tersebut sudah mengkonsumsi cukup banyak serat serta minum air, namun masih aja mengalami sembelit.

Setelah diperika ternyata keadaan sistem pencernaannya tidak mengalami gangguan, dan yang menjadi penyebab dari sembelit yang dialaminya karena adanya stres yang berlebihan. Maka dari itu semua faktor bisa saja menyebabkan munculnya kondisi sembelit pada orang-orang tertentu.

Konsumsi serat untuk mengatasi kondisi sembelit sebaiknya pilihlah sumber serat yang baik dan alami. Seperti yang kita ketahui bersama, kita perlu memenuhi kebutuhan serat harian sebanyak 25 gram setiap hari untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Berbagai sumber serat alami yang baik untuk tubuh kita adalah dari buah, sayuran maupun dari serealia utuh.

makanan yang kaya akan serat

makanan yang kaya akan serat

Serat alami yang kita dapatkan dari buah, sayuran serta serealia utuh sangat baik untuk tubuh kita. Karena selain mengandung serat juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

Jangan membiasakan diri kita untuk mengkonsumsi suplemen serat karena jenis seperti itu kandungan vitaminnya sedikit dan tidak alami. Boleh dikonsumsi dengan catatan apabila jumlah konsumsi serat harian kita tidak tercukupi dan konsumsilah suplemen serat dengan bijak.

Suplemen serat bukan untuk dikonsumsi setiap hari. Selain itu kita masih diharuskan untuk minum lebih banyak air untuk mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh kita.

Sembelit atau sulit buang air besar seringkali dianggap sebagai masalah yang sepele. Padahal sebenarnya masalah seperti sembelit ini bila dibiarkan terus menerus nantinya akan menganggu kondisi kesehatan kita bahkan dapat menyebabkan terjadinya kanker.

Masalah kesehatan seperti sembelit merupakan masalah kesehatan yang sering dialami oleh mayarakat. Definisi dari sembelit adalah bila anda mengalami dua atau lebih gejala mengejan ketika BAB, kerasnya tinja sehingga sulit untuk keluar, rasa tidak tuntas setelah BAB, terasa seperti adanya hambatan pada bagian anus serta BAB yang kurang dari 3 kali selama satu minggu.

kanker kolonSebaiknya jangan abaikan berbagai gejala seperti diatas. Sembelit yang terjadi dalam waktu yang lama, nantinya akan memicu berbagai gangguan kesehatan yang sangat berbahaya, seperti polip di saluran usus, diverticulosis, ambeien atau asir, dan bahkan kanker kolon.

Kotoran dalam tubuh sudah seharusnya dibuang setiap hari. Jika kotoran dibiarkan menumpuk di dalam tubuh, maka racun-racunnya akan menempel pada bagian dinding usus serta menyebabkan peradangan. Indikasi adanya peradangan maupun infeksi pada usus adalah bila ada darah pada saat BAB.

Bila anda menemukan adanya darah yang bercampur dengan kotoran ketika BAB, bisa jadi karena adanya penyakit diverticulosis sehingga adanya lubang-lubang pada bagian usus atau bisa juga karena tumor pada dinding usus.

Untuk mengetahui ada tidaknya masalah-masalah seperti diverticulosis maupun tumor pada usus, maka perlu dilakukan metode colok dubur atau meneropong keadaan usus secara langung agar bisa diketahui apa penyebab dari munculnya darah yang bercampur dengan kotoran.

Maka dari itu, ada baiknya untuk measpadai berbagai gejala dari embelit. Ada baiknya agar kita selalu menjaga kesehatan organ pencernaan dengan baik, yaitu dengan cara memperbanyak konsumsi serat alami, konsumsi air serta lebih banyak beraktivitas.

1 comment for “Berbagai Penyebab Dari Sembelit

  1. Pingback: mike

Comments are closed.