Berbagai Penyebab Lemas Setelah Berolahraga

tubuh terasa lemas

tubuh terasa lemas

Meskipun kita memiliki begitu banyak kegiatan, sebaiknya kita tidak lupa untuk tetap berolahraga. Untuk menjaga kesehatan serta mendapatkan tubuh yang bugar, sebaiknya kita melakukan olahraga paling tidak 30 menit setiap hari. Namun, tidak sedikit orang yang justru merasa lemas serta ngantuk setelah berolahraga.

Sesungguhnya, setelah kita berolahraga maka kita menjadi lebih bersemangat. Tubuh kita jadi semakin segar dan bugar karena keringat yang keluar ketika kita berolahraga. Bila kita merasa lemas dan ngantuk setelah berolahraga, umumnya disebabkan oleh kurangnya cairan dalam tubuh.

Ketika kita berolahraga, maka sirkulasi darah menjadi semakin baik serta oksigen yang masuk ke dalam tubuh kita menjadi semakin meningkat. Namun, jika kita mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan, maka metabolism tubuh kita menjadi semakin lambat. Maka dari itu, kita justru merasa lemas.

minum air ketika berolahraga

minum air ketika berolahraga

Jadi, kebutuhan cairan tubuh sebaiknya tetap dipenuhi ketika kita berolahraga. Minumlah air secukupnya sebelum, saat serta setelah berolahraga. Dehidrasi atau kekurangan cairan akan membuat konsentrasi serta koordinasi tubuh menjadi semakin berkurang. Inilah yang menyebabkan terjadinya berbagai cedera, seperti kram otot.

Minumlah air sedikit demi sedikit untuk mencukupi kebutuhan cairan ketika kita berolahraga untuk menghindari rasa lemas setelah berolahraga. Bila kita minum air dalam jumlah berlebihan, nantinya justru akan membebani tubuh kita sendiri.

Selain karena dehidrasi, ada juga penyebab tubuh menjadi lemas setelah berolahraga lainnya, seperti:

  • Berolahraga dengan perut kosong

Penyebab tubuh terasa lemas setelah berolahraga adalah karena berolahraga dengan perut kosong. Ketika perut kita dalam keadaan kosong, maka semua kandungan glikogen dalam tubuh kita akan terkuras dengan lebih cepat. Tubuh kita memerlukan karbohidrat serta glikogen untuk melakukan olahraga intensitas tinggi. Bila anda tidak makan apa-apa sebelum berolahraga maka anda akan merasa lemas setelah berolahraga.

Maka dari itu, sebaiknya makanlah sesuatu paling tidak 2 atau 1 jam sebelum berolahraga. Cukupi kebutuhan karbohidrat yang sangat kita perlukan ketika berolahraga. Konsumsilah makanan yang mengandung karbohidrat serta protein sebagai tambahan energy untuk berolahraga, dan konsumsilah secukupnya saja.

  • Anemia

lemas setelah berolahragaAda juga penyebab tubuh kita menjadi lemas setelah kita berolahraga, yaitu anemia. Bila jantung anda terasa berdetak lebih cepat, napas pendek serta wajah yang pucat, bisa jadi anda memang mengidap anemia.

Penyebab utama tubuh lemas karena kurangnya darah setelah berolahraga, atau bisa juga karena diet yang terlalu ketat. Untuk mengatasi rasa lemas setelah berolahraga karena adanya anemia, sebaiknya konsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin B12 serta zat besi, serta jangan lupa untuk selalu sarapan sebelum memulai aktivitas.

  • Tingginya kadar gula darah

Tubuh menjadi lemas setelah berolahraga, bisa juga disebabkan karena kadar gula yang terlalu tinggi dalam darah. Kadar gula yang terlalu tinggi dalam darah umumnya ditandai dengan perasaan haus yang berlangsung secara terus menerus dan tubuh terasa lemas berkepanjangan.

Untuk mengatasinya adalah dengan memperbanyak konsumsi air, paling tidak 8 gelas setiap hari. Biasakanlah untuk sarapan dalam porsi sedikit paling tidak 30 menit sebelum melakukan olahraga.

  • Hormon yang tidak seimbang

Kadar hormone yang tidak seimbang juga bisa membuat tubuh kita menjadi lemas setelah berolahraga. Terlalu tingginya kadar hormone tiroid yang dilepaskan setelah berolahraga akan menyebabkan anda terasa lemas, bahkan terkadang rasa lemas yang anda rasakan lebih parah dibandingkan sebelum anda berolahraga.

Bila anda merasakan kondisi yang seperti itu, sebaiknya segera periksakan ke dokter ahli untuk menjalani berbagai tes agar hormone kelenjar tiroid menjadi tetap seimbang.

  • Overtraining

Tubuh yang lemas setelah melakukan olahraga bisa saja merupakan suatu pertanda bahwa anda mengalami overtraining atau olahraga yang terlalu berlebihan. Untuk mengatasi tubuh lemas karena overtraining adalah menjalani istirahat total selama beberapa hari hingga tubuh anda benar-benar dalam keadaan bugar.