Berbagai Tanda Dari Penyakit Migrain

gejala migrain

gejala migrain

Ada begitu banyak orang di dunia ini yang sering maupun pernah mengalami migraine. Migraine adalah salah satu jenis sakit kepala yang diiringi dengan sensasi berdenyut di salah satu bagian dari kepala. Sakit kepala biasa yang sering sekali terjadi, nantinya juga akan berpotensi berubah menjadi migraine.

Ada beberapa aktivitas fisik yang kemungkinan mampu meredakan gejala dari migraine. Sayangnya, gejala dari migraine sangat bervariasi, sehingga gejala migraine yang dirasakan satu individu tidak akan sama dengan individu yang lainnya.

Maka dari itu, ada baiknya untuk mengenali berbagai tanda-tanda dari penyakit migraine. Dengan cara seperti ini, anda akan dapat membedakan sakit kepala yang anda rasakan itu adalah sakit kepala biasa atau anda memang mengidap migraine.

Berbagai macam tanda-tanda dari penyakit migraine, meliputi:

  • Perubahan mood dan emosi

Adanya perubahan mood secara tiba-tiba bisa menjadi salah satu tanda dari penyakit migraine. Ada beberapa pengidap migraine yang merasa sangat tertekan dan menutup diri secara tiba-tiba. Ada juga yang justru merasa emosinya menjadi meluap-luap. Ada seorang peneliti yang menemukan adanya kemungkinan antara depresi dengan migraine. Dan ternyata depresi pada tingkat sedang sampai berat berpotensi meningkatkan resiko mengalami migraine.

  • Gangguan tidur

Tidur kurang nyenyak maupun gangguan tidur lainnya merupakan masalah yang sering terjadi pada orang-orang yang mengidap migraine. Ketika seseorang mengalami migraine, maka orang tersebut akan mengalami kesulitan saat tidur, sehingga tidurnya kurang nyenyak. Selain itu banyak juga orang-orang yang mangalami insomnia karena mereka juga mengidap migraine.

  • Rasa nyeri dibagian leher
rasa nyeri di bagian leher saat migrain

rasa nyeri di bagian leher saat migrain

Rasa nyeri dibagian leher juga merupakan salah satu tanda dari adanya penyakit migraine. Kemungkinan rasa nyeri dibagian leher merupakan tahap awal yang nantinya akan menyebabkan sakit kepala dan berpotensi untuk menjadi penyakit migraine. Kebanyakan pengidap migraine sering mengalami rasa nyeri dan kaku dibagian leher maupun dibagian belakang leher, ketika mengalami migraine.

  • Rasa nyeri di kepala

Rasa nyeri berdenyut pada bagian kepala memang merupakan tanda umum dari penyakit migraine. Ada sebuah survei bagi para mengidap migraine. Dalam survei tersebut ditemukan bahwa kebanyakan dari pengidap migraine mengalami rasa nyeri berdenyut di salah satu sisi bagian kepala. Dan sebagian juga ada yang menyatakan adanya rasa nyeri berdenyut di kedua bagian sisi kepala.

  • Sering buang air kecil

Sering buang air kecil merupakan salah satu dari tanda-tanda adanya penyakit migraine. Banyak orang yang mengalami migraine yang juga sering buang air kecil, terutama beberapa jam sebelum mengalami gejala migraine. Tanda-tanda seperti ini dikenal dengan nama fase prodome dari penyakit migraine. Tanda seperti sering buang air dapat terjadi 1 jam atau 2 hari sebelum munculnya gejala migraine.

  • Mati rasa maupun kesemutan

Beberapa orang yang mengalami migraine memiliki masalah pada saraf sensorik. Kemungkinan kita akan mengalami mati rasa secara tiba-tiba maupun rasa kesemutan yang datang secara tiba-tiba. Umumnya mati rasa maupun kesemutan sering terjadi pada salah satu bagian tubuh, yang muncul pada bagian jari dan bergerak ke lengan sampai ke wajah.

  • Mual dan muntah

Bila anda sering mengalami mual dan muntah secara tiba-tiba, sebaiknya segera periksakan kesehatan anda pada dokter ahli. Salah satu tanda dari munculnya migraine adalah mual dan muntah yang terjadi secara tiba-tiba.

  • Mata berkunang-kunang dan penglihatan ganda
migraine

migraine

Beberapa pengidap migraine sering mengalami seperti adanya tekanan pada bagian mata dan perlahan berubah menjadi gejala migraine secara cepat. Sebelum munculnya tekanan pada bagian mata, terkadang ada tanda-tanda seperti mata berkunang-kunang maupun penglihatan menjadi ganda, sehingga hal tersebut membuat kondisi disekitar anda menjadi seolah-olah berputar-putar. Tanda seperti ini merupakan salah satu tanda dari migraine maupun vertigo. Maka dari itu, sebaiknya langsung periksakan diri anda ke dokter ahli untuk memastikan penyakit apa yang terjadi.

  • Sensitive terhadap apapun

Mengidap migraine umumnya lebih senang ditempat yang cenderung gelap dan tenang. Hal ini disebabkan karena adanya gangguan pada saraf yang terjadi ketika adanya serangan migraine. Lampu atau tempat yang terlalu terang maupun tempat yang bising mampu memicu bahkan meningkatkan keparahan dari penyakit migraine. Bau-bauan tertentu juga dapat memicu penyakit migraine.

  • Aktivitas tertentu

Beberapa aktivitas tertentu seperti lari, angkat berat maupun aktivitas seksual juga mampu memicu terjadinya migraine. Bahkan kegiatan seperti berjalan maupun maik turun tangga juga mampu memicu serangan migraine bahkan mampu memperparah gejala penyakit migraine.

  • Sulit bicara

Mungkin ada sebagian dari anda yang pernah mengalami kesulitan untuk bicara secara tiba-tiba, padahal kondisi tubuh cenderung dalam keadaan sehat. Sulit bicara secara tiba-tiba juga merupakan salah satu dari tanda adanya penyakit migraine. Beberapa pengidap migraine juga sering mengalami kesulitan untuk berbicara sebelum maupun saat terjadi serangan migraine.

  • Kelelahan yang parah

Umumnya setelah gejala migraine selesai, pada pengidap migraine akan mengalami kelelahan yang parah, sehingga seolah-olah tubuhnya seperti habis dipukuli. Selain munculnya kelelahan yang parah, pengidap migraine juga akan merasakan tanda seperti kelemahan dan sulit sekali untuk berkonsentrasi.