Buah Yang Baik Untuk Buka Puasa

ketika anda sedang berpuasa maka tubuh anda akan mengalami beberapa perubahan misalnya pada kinerja enzim.

Sistem pencernaan akan menghasilkan enzim yang jumlahnya biasanya menjadi lebih sedikit dari biasanya dan lamanya waktu berpuasa akan semakin menentukan jumlah enzim tersebut.

Lamanya waktu berpuasa juga biasanya akan mengurangi lapisan yang melindungi perut.

Dengan demikian jika pada saat anda buka puasa anda mengonsumsi makanan yang bersifat mengiritasi perut maka anda akan beresiko tinggi untuk mengalami masalah pencernaan.

Buah Yang Baik Untuk Buka Puasa

Maka dari itu pada saat berbuka puasa memperhatikan makanan yang dimakan pertama kali sangatlah penting.

Anda disarankan untuk mengutamakan makanan untuk buka puasa yang mudah dicerna, dan salah satu contohnya adalah buah.

Berikut ini adalah jenis buah yang baik untuk buka puasa diantaranya :

  • Semangka 

    buah semangka

    buah semangka

Buah yang memiliki ciri khas memiliki daging buah yang berwarna merah ini dikenal memiliki kandungan air yang banyak.

Selain itu buah semangka juga dikenal kaya akan vitamin, antioksidan, dan mineral.

Buah semangka cocok untuk dijadikan menu buka puasa karena buah ini mudah dicerna dan kaya akan kandungan air sehingga bisa menghilangkan dehidrasi yang anda alami selama seharian berpuasa.

Kandungan air dan elektrolit pada buah semangka berkisar pada angka sekitar 92% dan jumlah sebanyak itu bisa menggantikan elektrolit anda yang hilang selama seharian menahan lapar dan haus.

Warna merah pada buah semangka menunjukkan bahwa buah ini mengandung likopen yaitu senyawa yang sangat baik dalam mencegah kanker prostat dan penyakit jantung.

Sedangkan semangka mengandung kolin yang bisa membantu mencegah inflamasi yang terjadi di dalam tubuh dengan cara menjaga struktur membran sel.

Bukan hanya itu karena semangka mengandung vitamin A, vitamin C dan antioksidan yang bisa membantu regenerasi kulit dan menjadikan rambut anda lebih sehat.

 

  • Apel

Apel adalah salah satu jenis buah yang dikenal memiliki banyak manfaat kesehatan sehingga buah ini layak anda jadikan pilihan sebagai salah satu jenis buah sebagai hidangan ketika berbuka puasa.

Ketika anda mengonsumsi buah apel pada saat berbuka puasa maka di saat yang bersamaan sistem pencernaan anda secara perlahan akan menyiapkan organ pencernaan untuk menerima makanan yang lebih bervariasi.

Walaupun buah apel tidak mengandung air sebanyak buah semangka namun kandungan serat pada buah apel cukup tinggi dan baik untuk dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh anda selama menjalankan ritual puasa.

Pada saat berbuka puasa biasanya anda akan cenderung memiliki keinginan untuk makan secara berlebihan, cukup masuk akal karena anda telah menahan lapar dan haus setidaknya selama sekitar 14 jam.

Dan jika anda mengonsumsi buah apel pada saat berbuka puasa maka kecenderungan untuk makan secara berlebihan tersebut bisa hilang sehingga dalam jangka panjang anda bisa terhindar dari resiko obesitas.

Tentu saja hal ini bisa terjadi karena kandungan serat pada buah apel membantu memberikan efek kenyang pada perut anda sehingga akan menghilangkan keinginan makan anda yang sebelumnya menggebu-gebu.

Bukan hanya itu karena mengonsumsi apel diketahui juga bisa mengurangi kadar kolesterol dalam darah, menurunkan resiko diabetes, menjaga kesehatan organ jantung, mencegah katarak dan mencegah ancaman serangan radikal bebas yang bisa menyebabkan berbagai penyakit misalnya kanker.

 

  • Anggur

Buah kecil ini bisa menjadi alternatif anda untuk berbuka puasa. Rasanya yang segar dan manis bisa membantu menggantikan cairan dan gula yang hilang selama berpuasa.

Anggur juga termasuk jenis buah yang gampang dicerna karena tinggi air dan mengandung serat, sehingga baik untuk dimakan sebelum Anda mulai makan utama saat berbuka puasa.

Ini mempersiapkan sistem pencernaan anda sebelum memproses jenis makanan yang lebih kompleks.

Selain itu anggur juga memiliki banyak manfaat kesehatan lain dimana dengan kandungan air dan seratnya, anggur dapat membantu mengatasi sembelit.

Potasium dalam anggur berperan dalam mencegah bertambah parahnya tekanan darah tinggi.

Studi kohort yang dilakukan pada tahun 2013 menyatakan bahwa konsumsi anggur dapat mengurangi risiko terjadinya diabetes tipe 2 pada orang dewasa.

Anggur juga dapat membantu mengurangi tingkat keparahan alergi seperti hidung berair, mata merah, dan bersin-bersin.

Antoksidan dalam anggur yang dikenal sebagai polifenol juga dapat mengurangi bahkan mencegah risiko terjadinya kanker paru-paru, kanker pankreaskanker prostat, dan kanker usus besar.

 

  • Mentimun 

    mentimun

    mentimun

Mentimun atau ketimun memiliki kadar air tertinggi dari jenis buah-buahan lainnya.

Buah ini mengandung 96% air yang diperlukan tubuh Anda untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

Anda bisa mencampurkan irisan mentimun ke dalam minuman berbuka puasa yang sudah anda buat.

Buah yang sangat menyegarkan ini akan mengembalikan cairan-cairan yang hilang selama berpuasa dengan cepat.

 

  • Air Kelapa

Air kelapa segar yang biasa terdapat dalam buah kelapa hijau muda ini memiliki kadar hidrasi sekitar 89%.

Dengan kadar natrium dan karbohidrat yang termasuk rendah serta rasanya yang menyegarkan air kelapa ini cocok dijadikan minuman berbuka puasa yang dapat melepaskan dahaga anda setelah seharian berpuasa.

 

  • Stroberi strawberry

Stroberi menempai urutan ke-4 sebagai buah dengan antioksidan terkuat yang terdiri dari 92% air.

Buah-buahan beri yang sejenis seperti raspberry dan blueberry juga memiliki kandungan yang tidak jauh berbeda.

Buah yang kaya akan vitamin C ini selain dapat menghidrasi tubuh juga dapat membersihkan arteri, mengatur gula darah pun rasanya enak dan menyegarkan.

Anda bisa menjadikan buah beri ini sebagai topping atau campuran pada makanan atau minuman berbuka anda untuk segera merasakan manfaat kesehatannya.

 

  • Jeruk bali

Grapefruit atau jeruk bali memiliki kandungan air sebanyak 90% sehingga sangat bagus menjaga tubuh agar tidak mengalami dehidrasi saat berpuasa.

Buah jeruk bali mengandung 30 kalori dan limonoid detoksifikasi yang menurut penelitian bisa menghambat pertumbuhan tumor dan kanker.

Kalori pada buah jeruk bali juga rendah sehingga buah ini sangat cocok dengan anda yang ingin menurunkan berat badan selama puasa.

 

  • Nanas

Nanas sangat bagus untuk membantu pencernaan selama bulan Ramadhan dan layak anda jadikan sebagai menu buka puasa.

Buah nanas mengandung air sekitar 85% dan bisa menghilangkan dehidrasi yang anda alami selama seharian berpuasa.

Selain itu, buah ini juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena meningkatkan asupan antioksidan dalam tubuh anda.

 

  • Papaya 

    buah pepaya

    buah pepaya

Sebenarnya semua jenis buah-buahan bagus dikonsumsi selama bulan Ramadhan tapi ada beberapa buah yang perlu mendapatkan perhatian khusus, dan salah satunya adalah pepaya.

Rasanya yang manis, harganya yang murah, kandungan gizi yang melimpah, kandungan gula yang sedikit, kaya serat dan rendah kalori ini sangat cocok dikonsumsi sepanjang bulan Ramadhan.

Tentu saja buah pepaya bisa anda andalkan untuk menghilangkan masalah pada pencernaan dan sembelit.