Cara Agar Puasa Tetap Lancar

puasa

puasa

Menurut para ahli kesehatan, puasa merupakan cara yang paling tepat untuk memperbaiki pola makan yang  cenderung tidak teratur serta memperlancar proses detosifikasi racun dan limbah yang ada di dalam tubuh kita.

Namun, apabila kita tidak menjaga pola hidup kita selama berpuasa, tentunya akan berakibat fatal bagi kesehatan. Tentunya anda ingin agar puasa akan tetap lancar dan tubuh kita tetap produktif selama menjalankan ibadah puasa.

Melakukan puasa dengan baik serta diimbangi dengan mengkonsumsi makanan bergizi secara seimbang tentunya akan baik sekali untuk kesehatan. Dengan tubuh yang sehat, maka puasa kita akan menjadi lebih lancar.

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk membuat puasa kita tetap lancar, yaitu:

  • Perbanyak makan buah dan sayuran

Saat kita makan sahur, sebaiknya perbanyak konsumsi buah dan sayuran. Buah dan sayuran kaya akan serat dan karbohidrat yang nantinya akan dicerna secara perlahan. Hal seperti ini akan membuat cadangan energy dalam tubuh kita tidak cepat terkuras.

  • Jauhi gorengan dan makanan berlemak  
lambung

lambung

Gorengan merupakan makanan yang praktis dan lezat untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Banyak sekali gorengan yang dijual dipinggir jalan yang menggunakan minyak berkali-kali. Minyak seperti itu mampu meningkatkan kolesterol jahat dalam tubuh serta meningkatkan resiko mengalami obesitas. Gorengan serta makanan berlemak cukup sulit untuk dicerna. Kondisi tersebut nantinya akan meningkatkan kadar asam lambung serta menyebabkan berbagai gangguan pada pencernaan

Sebaiknya kurangi konsumsi gorengan maupun makanan berlemak. Anda juga tidak perlu menggoreng lauk terlalu lama. Anda juga bisa menggunakan cara masak yang lain, seperti direbus, di kukus, di pepes maupun di tumis. Sebaiknya hindari konsumsi makanan olahan serta jerohan yang kaya akan lemak jenuh.

  • Konsultasi pada dokter

Bila anda mengidap penyakit atau masalah kesehatan tertentu, sebaiknya konsultasikan kondisi anda pada dokter ahli. Selalu dalam pengawasan dokter dan menerapkan pola hidup yang baik selama berpuasa, akan membantu puasa anda menjadi lebih lancar. Sebaiknya konsultasikan tentang pola makan serta obat maupun vitamin yang baik untuk dikonsumsi selama berpuasa.

  • Rencanakan apa yang akan anda makan

Sebaiknya anda rencanakan dahulu apa yang akan anda makan, saat anda berbuka puasa maupun saat sahur. Sebaiknya makanlah makanan yang sehat secara berimbang untuk menunjang kelancaran ibadah puasa anda.

  • Makanan manis

Berbuka puasa dengan makanan maupun minuman yang manis memang dianjurkan, dan bahkan sudah menjadi semacam tradisi. Namun, sebaiknya jangan mengkonsumsi makanan dan minuman manis secara berlebihan. Hal ini nantinya akan membuat kadar gula darah akan meningkat dengan cepat serta membuat anda tidak mampu mengontrol nafsu makan.

Berbagai jenis makanan yang mengandung gula serta karbohidrat mampu meningkatkan kadar gula dalam darah serta menguras cadangan energy anda. Maka dari itu, sebaiknya gantilah nasi anda dengan nasi dari beras merah maupun mengkonsumsi roti gandum utuh saat sahur. Saat berbuka puasa, makanlah  3 butir kurma untuk menstabilkan kadar gula darah yang berkurang selama berpuasa.

  • Makanan yang asin

Makanan yang memiliki rasa asin, seperti keripik, mampu mengacaukan keseimbangan sodium dan potassium yang ada dalam darah serta mampu mengganggu kinerja organ ginjal dalam mengeluarkan air dari dalam tubuh. Kondisi seperti ini akan menyebabkan peningkatan tekanan darah serta penumpukan racun yang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh kita. Mungkin hal ini juga yang menyebabkan kita sering pusing saat berpuasa. Bila kita sering mengkonsumsi makanan yang asin dalam jangka waktu lama, maka akan terjadi gangguan pada pembuluh darah, jantung serta otak.

  • Makanan yang menyebabkan gas
perut kembung

perut kembung

Ada beberapa jenis makanan yang sulit dicerna oleh lambung dan menyebabkan peningkatan gas dalam perut. Hal ini akan menyebabkan kita mengalami perut kembung yang terkadang disertai dengan rasa nyeri. Beberapa makanan seperti kubis, brokoli, kembang kol, bawang, serta pop corn, dapat menyebabkan peningkatan gas dalam perut.

  • Cukup istirahat

Cukup istirahat juga mampu menjaga kelancaran ibadah puasa kita. Sebisa mungkin jangan terlalu banyak begadang, karena waktu tidur dimalam hari saat bulan puasa hanya sedikit dan harus bangun ketika waktunya sahur. Jika kita pandai mengatur waktu untuk istirahat yang cukup, maka puasa kita akan tetap lancar dan tubuh kita juga menjadi lebih sehat.

  • Makanan pedas

Sebaiknya kurangi konsumsi makanan pedas selama berpuasa, demi kelancaran ibadah puasa kita. Cabai memang sangat bermanfaat bagi kesehatan kita. Namun, konsumsi makanan pedas secara berlebihan mampu menyebabkan gangguan pencernaan, panas dalam serta rasa panas di daerah perut dan ulu hati. Selain itu, mengkonsumsi makanan pedas dalam jangka panjang mampu menyebabkan terjadinya kerusakan pada dinding lambung yang nantinya akan menyebabkan tukak lambung.

  • Minuman yang mengandung kafein

Makanan dan minuman yang berkafein, seperti kopi maupun teh sebenarnya memiliki sifat diuretic. Hal seperti ini mampu memicu terjadinya buang air kecil secara terus menerus. Sehingga anda akan merasa cepat haus selama berpuasa. Sebaiknya ganti kopi maupun teh dengan minum air putih, jus buah segar atau air kelapa agar anda tidak mengalami dehidrasi selama berpuasa.

  • Minuman bersoda

Minuman bersoda umumnya mengandung kafein serta gula yang berlebihan. Minuman bersoda juga mampu menyebabkan peningkatan produksi gas dalam lambung. Hal seperti ini nantinya akan menyebabkan gangguan pada lambung serta membuat perut menjadi terasa tidak nyaman.

  • Minuman dingin

Selama bulan puasa seperti sekarang ini, banyak sekali orang yang menjual minuman dingin di pinggiran jalan. Minuman dingin memang terasa menyegarkan, namun mampu menyebabkan perut kita berkontraksi secara berlebihan yang terkadang disertai dengan rasa nyeri dan juga kram pada perut. Itulah sebabnya mengapa kita merasa perut kita seperti melilit setelah berbuka puasa dengan minuman dingin. Sebaiknya saat berbuka puasa, minumlah air hangat. Istirahatkan dulu selama 10 sampai 15 menit, baru setelah itu anda minum minuman dingin. Hal seperti ini akan membuat perut anda menjadi lebih tenang.

  • Olahraga

Meskipun kita sedang melaksanakan ibadah puasa, kita juga tetap berolahraga. Tanpa kita sadari, olahraga mampu membuat tubuh kita menjadi lebih fit dan sehat selama puasa. Lakukanlah olahraga kecil, seperti jalan-jalan sebentar setelah sholat subuh. Cukup selama 20 sampai 30 menit saja.