Cara Agar Tetap Bugar Selama Berpuasa

Puasa

Puasa

Banyak pakar kesehatan yang percaya bahwa puasa akan memberikan dampak yang baik bagi tubuh kita. Hal seperti ini telah diperkuat dengan berbagai macam penelitian yang membuktikan bahwa puasa akan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Meskipun puasa sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita, ketika kita berpuasa maka asupan kalori juga semakin terbatas sehingga kita perlu menyiasatinya dengan baik agar tubuh kita tetap bugar selama berpuasa.

Dr Saptawati Bardosono, seorang dokter spesialis gizi di Fakultas Kedokteran Univeritas Indonesia mengatakan bahwa, agar tubuh kita tetap bugar selama berpuasa tubuh kita harus mendapatkan asupan gizi yang memadai. Zat gizi yang paling penting untuk menunjang kebugaran kita selama berpuasa adalah protein serta karbohidrat.

Asupan protein serta karbohidrat akan sangat penting sekali selama berpuasa karena tubuh banyak kehilangan dua nutrisi tersebut. Bila kebutuhan akan protein serta karbohidrat tidak tercukupi maka fungi tubuh kita akan mengalami gangguan. Berbeda dengan lemak yang terkandung dalam tubuh kita tidak akan berkurang meskipun kita sedang berpuasa.

Penelitian telah membuktikan bahwa kadar protein serta karbohidrat akan mengalami penurunan yang drastis ketika kita sedang berpuasa namun lemak tidak akan ikut menurun. Lemak, akan disimpan lebih lama dalam tubuh kita jika dibandingkan dengan protein serta karbohidrat.

protein nabati

protein nabati

Maka dari itu, Dr Saptawati Bardosono menyarankan agar lebih banyak mengkonsumsi protein serta karbohidrat ketika kita sedang makan sahur maupun ketika kita berbuka puasa. Namun kita harus tetap memilih makanan yang mengandung protein serta karbohidrat yang rendah lemak agar kandungan lemak dalam tubuh kita tidak semakin bertambah.

Selain memperhatikan konsumsi protein serta karbohidrat, yang tidak kalah penting adalah asupan air. sebab, selama kita berpuasa, maka tubuh kita akan kehilangan banyak cairan dan mengalami dehidrasi tahap ringan.

Maka dari itu, ketika kita berbuka puasa, sebaiknya awali terlebih dahulu dengan cara minum air setelah itu baru mengkonsumsi makanan yang manis, seperti kurma.

Agar kita tetap dalam keadaan bugar selama berpuasa, sebaiknya kita juga tidak mengurangi aktivitas yang biasa kita lakukan. Hanya aja, sebaiknya yang paling perlu kita kurangi adalah intensitanya. Dan tidak lupa untuk tidak mengkonsumsi makanan maupun minuman dalam jumlah yang berlebihan ketika berbuka puasa maupun makan sahur karena nantinya akan membebani kinerja organ pencernaan.

Tidak makan serta minum selama berpuasa, tentunya akan sangat mempengaruhi kondisi tubuh kita. Kurangnya cairan serta berbagai asupan nutrisi akan membuat tubuh kita cepat lelah serta mudah lemas.

Satu-satunya cara adalah dengan makan serta minum. Namun tentunya kita perlu menunggu dulu sampai waktunya berbuka hingga waktu makan ahur.

Orang kebanyakan akan merasa seperti kehilangan nafsu makan ketika sedang menjalankan ibadah puasa. Minuman manis yang dikonsumsi ketika berbuka puasa sering kali sudah cukup untuk memuaskan dahaga selama berpuasa bahkan dapat menghilangkan rasa lapar dengan seketika.

Begitu juga ketika makan sahur, banyak orang yang merasa malas untuk makan karena masih mengantuk. Setiap orang membutuhkan kalori untuk menunjang kesehatan sel-sel dalam tubuhnya. Kalori yang dibutuhkan oleh pria adalah sebanyak 2100 kalori sedangkan wanita membutuhkan kalori sebanyak 1900 kalori.

Untuk memenuhi kebutuhan kalori dalam hal menunjang kesehatan dan kebugaran selama berpuasa, maka kita harus tetap makan ketika berbuka puasa maupun ketika makan sahur. Selain itu kita juga dapat mengkonsumsi kurma yang dipercaya dapat mengembalikan energi yang hilang selama berpuasa.

Jika pada saat makan sahur anda merasa malas untuk makan dan menggantinya dengan cara mengkonsumsi vitamin tertentu, maka hal seperti ini akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Vitamin tidak dapat menggantikan semua kebutuhan tubuh kita, karena tubuh kita memerlukan elemen maupun unsur lain yang hanya ada pada makanan yang kita makan.

Berbuka puasa sangat identik dengan takjil yaitu makanan maupun minuman yang kebanyakan memiliki rasa yang manis serta disajikan dalam bentuk dingin. Berbuka puasa dengan mengkonsumsi makanan maupun minuman yang manis serta dingin nantinya akan memicu kerja insulin karena adanya peningkatan kandungan gula dalam darah secara signifikan.

buka puasa

buka puasa

Jadi, sebisa mungkin jangan membiasakan diri untuk berbuka puasa dengan takjil yang manis serta dingin. Sebaiknya biasakanlah untuk berbuka puasa dengan minuman yang kandungan gulanya rendah serta hangat.

Selain itu, jangan lupa untuk selalu minum air putih yang cukup. Usahakan untuk sesuai dengan anjuran yang tepat yaitu minum air putih sebanyak 8 gelas perhari untuk menghindari terjadinya dehidrasi serta mengembalikan cairan yang hilang selama kita berpuasa.

Ada sebagian orang yang berpikir baha puasa akan menyebabkan kita mengalami kesulitan dalam berkonsentrasi, bahkan membuat otak kita tidak dapat berpikir dengan baik. Padahal selama kita berpuasa yang terjadi jutru sebaliknya, dengan berpuaa maka otak kita akan mampu bekerja dengan lebih baik.

Dengan berpuasa, maka dengan sendirinya kita membatasi asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu, puasa dapat meningkatkan ketahanan sel. Ketahan sel yang semakin meningkat ketika kita berpuasa akan berhubungan dengan semakin baiknya gen dalam tubuh kita karena keterbatasan kalori.

Puasa itu baik untuk semua orang, tidak memandang jenis kelamin serta kepercayaan tertentu. ebab, puasa akan memberikan dampak yang positif bagi kesehatan. Banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa puasa dapat membuat kesehatan semakin membaik. Bahkan paien yang dirawat di rumah sakit juga dianjurkan untuk berpuasa dan keadaannya jutru semakin membaik.

Selain dapat meningkatkan ketahanan sel, puasa juga dapat menurunkan tekanan darah, memperbaiki jaringan tubuh yang mengalami kerusakan, meningkatkan okisidasi lemak, menurunkan oksidasi karbohidrat serta meringankan inflamasi dalam tubuh. Puasa juga dapat menurunkan kolesterol sehingga dapat memperbaiki lemak darah yang nantinya membuat tubuh kita tetap sehat.