Cara Alami Mencegah Badan Bungkuk

Selama ini banyak kalangan yang melakukan kebiasaan sehari-hari yang ternyata bisa menyebabkan postur tubuh menjadi lebih bungkuk.

Bahkan jika dicermati terkadang ada seseorang yang memiliki postur badan yang jangkung namun tubuhnya bungkuk.

Maka dari itu tidak ada alasan untuk menghentikan kebiasaan buruk yang bisa membuat tubuh menjadi lebih bungkuk.

Tentunya kepercayaan diri akan luntur jika penampilan anda menjadi kurang menarik karena tubuh anda terlihat bungkuk.Cara Alami Mencegah Badan Bungkuk

Tubuh yang bungkuk disebabkan oleh melengkungnya tulang belakang sedangkan bagian leher tertekuk maju ke depan.

Bila seorang yang bungkuk berjalan maka akan terlihat bagai menunduk ke depan padahal sebenarnya postur tubuhnya memang bungkuk.

Berikut ini adalah Cara Alami Mencegah Badan Bungkuk yang bisa anda terapkan agar tubuh anda tidak bungkuk diantaranya :

  • Memperbaiki Posisi Tubuh Saat Tidur

    bahaya tidur terlalu lama

    bahaya tidur terlalu lama

Coba perhatikan posisi tidur anda selama ini, jangan-jangan posisi tidur anda selama ini salah dan jika dibiarkan hal ini bisa menjadikan tubuh anda menjadi bungkuk.

Ada kalanya seseorang pada saat tidur menggunakan bantal untuk menopang posisi kepala.

Kebiasaan ini ternyata bisa menciptakan jarak ruang yang cukup lebar pada antara punggung dan leher.

Posisi tidur yang tepat dan sehat adalah tulang belakang dan leher harus dalam kondisi sejajar.

Maka dari itu sebaiknya anda cukup menggunakan 1 bantal saja pada saat tidur.

Hal yang terlihat sepele namun penting adalah anda harus menggunakan bantal yang tidak terlalu keras namun juga tidak terlalu empuk.

Disarankan untuk tidur dalam kondisi menyamping dan telentang, serta hindari tidur dengan kondisi meringkuk dan tengkurap.

 

  • Perhatikan Posisi Saat Bersin

    penularan virus influenza

    penularan virus influenza

Setiap orang pasti seringkali mengalami bersin setiap saat, namun hal ini bisa lebih sering terjadi pada seseorang yang memiliki alergi.

Yang harus anda ketahui bahwa bersin ternyata bisa menambah resiko pada seseorang untuk mengalami sakit punggung.

Hal ini bisa terjadi karena pada saat bersih maka kondisi tubuh seseorang akan berguncang, sedangkan bagian leher akan terasa sakit.

Karena orang yang memiliki alergi akan cenderung lebih sering bersin maka hal ini bisa mengakibatkan bagian punggung mengalami bungkuk.

Di kala anda sedang akan bersin maka pastikan bahwa posisi tubuh anda dalam kondisi lutut ditekuk untuk mencegah terguncangnya leher dan tulang belakang.

 

  • Hindari Memakai Sepatu Hak Tinggi

Tampil modis dan menawan dalam penampilan terutama bagi kaum wanita boleh-boleh saja, namun jangan sampai menyiksa diri atau memaksakan diri misalnya dengan menggunakan high heels yang terasa tidak nyaman ketika digunakan.

Walaupun dengan menggunakan high heels maka postur tubuh akan terlihat lebih tinggi dari yang seharusnya dan tentunya hal ini bisa meningkatkan kepercayaan diri dari penggunanya.

Namun anda harus tahu bahwa kebiasaan menggunakan high heels bisa memicu resiko memiliki postur tubuh yang bungkuk hal ini bisa terjadi karena kaki anda akan menopang seluruh bagian tubuh anda.

Tentunya tumit kaki anda akan menjadi tumpuan dan mengalami tekanan yang luar biasa dan hal ini biasanya akan membuat anda menjadi merasa mudah capek, lelah, dan punggung menjadi bungkuk jika anda sering menggunakan high heels dalam jangka waktu yang lama.

 

  • Hindari Sofa Empuk

Sebagian besar masyarakat kita biasanya lebih memilih sofa yang empuk jika dibandingkan dengan kursi kayu yang keras.

Tentunya cara pandang ini karena dinilai menggunakan sofa yang empuk lebih tepat jika digunakan untuk bersantai sambil menonton televisi.

Namun sayangnya penggunaan sofa yang empuk seperti ini justru bisa membuat postur tubuh anda menjadi lebih bungkuk.

Dengan mengangkat kaki atau menumpangkan kaki pada bagian tubuh yang lain ketika duduk di sofa justru bisa menambah resiko postur tubuh menjadi lebih bungkuk.

Duduk di sofa dalam jangka waktu yang lama bisa membuat punggung tertekan dan hal inilah yang bisa menyebabkan tubuh menjadi bungkuk.

Jika anda sering duduk berlama-lama maka sebaiknya gunakan kursi kayu supaya punggung anda tidak tertekan dan tubuh tidak menjadi bungkuk.

 

  • Posisi Punggung Lurus posisi duduk yang benar

Jika anda sering meluangkan waktu untuk duduk di depan komputer untuk bekerja maka anda harus memperhatikan posisi duduk anda.

Gunakan penyangga bagian punggung yang bisa menopang punggung anda supaya anda tidak beresiko mengalami bungkuk.

Jika selama bekerja di depan komputer anda sering membungkuk maka kebiasaan ini lama-lama akan membuat punggung anda akan benar-benar menjadi bungkuk.

 

  • Perhatikan Posisi Saat Menelepon atau Menerima Telepon menerima telpon

Jika anda bekerja di perkantoran maka biasanya anda akan sering menerima panggilan telepon atau melakukan panggilan telepon keluar.

Di saat anda melakukan panggilan telepon ini pastikan supaya posisi tubuh anda berada dalam posisi yang benar.

Jangan membungkuk ketika sedang menelepon meskipun hanya sebentar saja.

Ada baiknya jika menerima telepon apalagi dalam jangka waktu yang lama dilakukan dalam kondisi tubuh berdiri dengan punggung yang lurus.

 

  • Posisi Saat Menyetir

Bagi seseorang yang sudah terbiasa melakukan perjalanan jauh biasanya sudah mengetahui posisi duduk yang benar ketika sedang menyetir mobil.

Posisi kepala yang tepat bagi pengendara mobil adalah lurus dan tidak terlalu ke depan atau terlalu ke belakang.

Untuk posisi punggung pengendara mobil disarankan untuk dalam kondisi lurus dan tidak bungkuk.

Hal yang tidak kalah penting sebelum menyetir mobil adalah pastikan supaya posisi spion benar-benar dalam posisi yang pas dimana anda tidak harus menggerakkan tubuh ke kiri atau ke kanan hanya untuk melihat kendaraan lain yang ada di belakang ketika sedang melakukan perjalanan.

Jangan menyetir mobil dengan kondisi punggung yang bengkok dan bungkuk karena hal ini bisa menjadi kebiasaan buruk dan dampaknya adalah tubuh anda akan benar-benar menjadi bungkuk.

Maka dari itu biasakan menyetir mobil dengan kondisi punggung yang lurus dan tidak bengkok.

 

  • Olahraga manfaat-berenang-bagi-kesehatan

Dengan rutin berolahraga maka secara tidak langsung anda sudah melakukan pencegahan supaya badan anda tidak menjadi bungkuk.

Disarankan untuk melakukan olahraga renang jika anda ingin mencegah supaya postur badan anda tidak bungkuk.

Olahraga berenang sangat baik terutama jika anda masih berusia muda karena olahraga ini juga bisa memperbaiki postur tubuh.

Bagi yang sudah berusia 50 tahun ke atas berenang juga bisa memperbaiki postur tubuh yang bungkuk namun tingkat keberhasilannya tidak sebaik orang yang masih berusia di bawah 50 tahun.