Cara Alami Mengatasi Hidung Tersumbat


Memasuki musim pancaroba ini biasanya kondisi fisik seseorang cenderung mengalami penurunan.

Belum ditambah dengan berbagai jenis penyakit yang mengancam misalnya seperti pilek, batuk, flu dan hidung tersumbat.

Gangguan hidung tersumbat pada umumnya akan mengganggu pernapasan seseorang dimana hal ini akan membuat bernapas menjadi sulit dan tidak tenang.

Kondisi ini tentunya akan sangat mengganggu terutama pada saat menjelang tidur, sehingga masalah ini jika tidak segera ditangani maka bisa mengganggu waktu istirahat Anda dan jika dibiarkan akan mengganggu aktifitas keseharian atau pekerjaan Anda.

Siapa saja bisa mengalami kondisi hidung tersumbat, entah itu orang dewasa, anak-anak ataupun bayi.

Untuk orang dewasa mungkin masalah tersebut bisa segera ditangani, namun berbeda dengan bayi dimana kondisi ini cukup sulit untuk dikenali apakah bayi tersebut mengalami kondisi hidung tersumbat atau tidak, karena tentu saja bayi masih belum bisa mengutarakan masalahnya secara langsung kepada orang tuanya.

Hidung tersumbat biasanya merupakan efek samping dari pilek serta flu, dimana ingus ataupun lendir yang semestinya keluar dari hidung namun pada saat tersebut mengendap atau tertahan pada hidung, sehingga hal ini akan membuat Anda mengalami kesulitan untuk bisa bernapas dengan baik.

Ada kalanya hidung yang tersumbat hanya pada sebelah kiri atau kanan saja, namun bisa saja hidung yang tersumbat bisa terjadi pada kiri dan kanan sekaligus.

Nah, pastinya pada saat kedua lubang hidung tersumbat Anda akan merasa kesal karena kondisi ini akan membuat Anda tidak bisa bernapas.

Sebenarnya jika hidung tersumbat, Anda bisa saja segera mengatasinya dengan membeli obat di toko obat atau apotek untuk mengatasinya masalah tersebut.

Akan tetapi dalam jangka waktu yang lama apabila terlalu sering mengonsumsi obat-obatan kimia juga pada dasarnya tidak baik bagi kesehatan tubuh.

Padahal sebenarnya masih ada cara alami yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi hidung tersumbat, dan cara ini bisa dilakukan untuk orang dewasa, anak-anak ataupun bayi sekalipun.

Cara Alami Mengatasi Hidung Tersumbat

Berikut ini adalah Cara Alami Mengatasi Hidung Tersumbat, diantaranya :

  • Banyak minum minuman hangat

Anda bisa membuat air panas, kemudian biarkan beberapa saat supaya air panas tersebut berubah menjadi air hangat.

Namun jika Anda tidak sabar menunggu, maka Anda bisa mencampur 1/2-1/3 gelas yang berisi air panas dan sisanya diisi dengan air biasa supaya berubah menjadi air hangat.

Setelah itu Anda bisa minum air hangat tersebut untuk menghilangkan masalah hidung tersumbat ataupun mengencerkan lendir yang menyumbat saluran pernapasan.

Anda bisa mengombinasikan air hangat tersebut dengan bahan-bahan lain yang sesuai dengan selera Anda, misalnya mint tea hangat, lemon tea hangat, jahe hangat, teh hangat ataupun bahan lain yang mengandung dekongestan dan antiseptik alami untuk menjadikan pernapasan lancar kembali.

 

  • Menghirup uap air hangat

Anda bisa mengatasi masalah hidung tersumbat dengan cara menghirup uap air hangat.

Selain bisa membantu mengatasi masalah hidung tersumbat, menghirup uap air hangat juga bisa menjadikan lendir yang menyumbat hidung lebih encer, sehingga pernapasan Anda bisa menjadi lebih baik.

Cara membuat uap air hangat yaitu Anda bisa merebus air sampai mendidih kemudian pada saat air telah terlihat mendidih, matikan api.

Setelah itu Anda bisa menghirup uap air hangat, namun sebaiknya Anda berhati-hati dan jaga jarak supaya jangan terlalu dekat dengan panci yang berisi air panas tersebut.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik Anda bisa mencampurkan uap air hangat dengan beberapa tetes minyak kayu putih.

 

  • Mengompres hidung dengan air hangat mengompres hidung

Anda bisa mengatasi masalah hidung tersumbat dengan cara mengompres hidung dengan air hangat.

Caranya yaitu sediakan sapu tangan atau handuk kecil yang bersih, kemudian celupkan ke wadah yang berisi air hangat.

Setelah itu letakkan sapu tangan atau handuk tersebut pada hidung Anda yang tersumbat.

Cara ini, yaitu mengompres hidung dengan handuk yang telah dicelupkan ke air hangat juga efektif untuk diterapkan pada bayi yang mengalami masalah hidung tersumbat.

 

  • Membuang cairan hidung (ingus)

Jika bayi ataupun Anda mengalami kondisi hidung tersumbat maka sebaiknya segera keluarkan ingus yang ada di dalam hidung supaya saluran pernapasan tidak tersumbat.

Namun apabila Anda ingin mengeluarkan ingus yang ada di dalam lubang hidung bayi atau anak kecil, maka ada baiknya untuk menggunakan alat penghisap cairan hidung atau aspirator yang tersedia dan dijual bebas di apotek.

 

  • Menghangatkan badan

Menghangatkan badan merupakan salah satu cara yang mudah untuk dilakukan dimana cara ini bisa dilakukan dengan tujuan mengatasi hidung tersumbat.

Namun pada saat melakukan cara itu ada baiknya untuk mematikan kipas angin ataupun AC di dalam ruangan, selain itu Anda juga bisa menyelimuti badan.

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk menghangatkan badan demi menghilangkan masalah hidung tersumbat adalah dengan mandi atau berendam air hangat.

 

  • Semprotan saline semprotan saline

Larutan saline yang kemudian akan disemprotkan pada hidung akan membantu mengencerkan lendir dan meredakan hidung tersumbat.

Anda bisa mendapatkan semprotan saline di apotek terdekat karena produk ini dijual bebas di pasaran.

 

  • Mengonsumsi bawang putih

Cara mengatasi hidung tersumbat secara oral namun tidak meminum obat adalah dengan memakan atau mengunyah langsung bawang putih.

Bawang putih berperan sebagai agen anti-bakteri dan anti-jamur yang berguna untuk memberangus bakteri penyebab hidung tersumbat.

 

  • Mengonsumsi makanan pedas

Dengan mengonsumsi makanan pedas maka Anda bisa membuat lendir yang ada pada lubang hidung mudah untuk keluar, terutama pada saat Anda mengalami kondisi kepedasan atau berkeringat karena kepedasan.

 

  • Tidur dengan bantal tambahan 

Anda bisa membuat kepala Anda dalam posisi yang miring dengan cara tidur dengan menggunakan bantal tambahan atau 2 bantal di kepala Anda dimana posisi kepala yang seperti ini akan membantu pernapasan ketika Anda hendak tidur.

 

  • Memijat hidung dengan ringan

Memijat bagian atas hidung menggunakan jempol dan telunjuk akan membantu hidung Anda agar lega. Cukup dengan memijat ringan atas hidung Anda dengan gerakan memutar hingga hidung terasa lega.