Cara Alami Mengatasi Rambut Bercabang

Tidak sedikit kaum wanita yang sudah mencoba berbagai produk perawatan rambut untuk mengatasi masalah rambut bercabang, namun ternyata usahanya masih tidak membuahkan hasil yang positif.

Seseorang yang memiliki rambut yang bercabang menandakan bahwa dirinya tidak memperhatikan kesehatan rambutnya dengan baik.

Ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab rambut bercabang diantaranya rambut sering terkena sengatan panas matahari, rambut kekurangan nutrisi, efek penggunaan berbagai alat styling rambut, dan sebagainya.

Ada kalanya penggunaan catok rambut dan penggunaan hairdryer bisa menyebabkan rambut menjadi bercabang maka dari itu ada baiknya anda bisa menghindari penggunaan alat tersebut untuk menjaga kesehatan rambut anda.

Wanita yang memiliki rambut panjang biasanya memiliki keluhan rambut bercabang, sedangkan masalah lain yang bisa menimpa wanita beramput panjang adalah munculnya ketombe, rambut terlihat mengembang dan mengalami kerontokan rambut.

Ada kalanya bagi yang memiliki masalah rambut panjang maka mereka akan mengambil jalan pintas dengan melakukan perawatan rambut di salon kecantikan, padahal jika dilihat dari segi kesehatan rambut dalam jangka waktu yang panjang hal ini tidaklah baik bagi kesehatan rambut karena penggunaan produk perawatan rambut yang menggunakan bahan kimia.

cara-alami-mengatasi-rambut-bercabang

Cara Alami Mengatasi Rambut Bercabang

Jika memang anda ingin mengatasi masalah rambut bercabang maka ada baiknya anda menggunakan cara alami supaya tidak mengalami masalah baru di kemudian hari akibat efek samping bahan kimia pada produk perawatan rambut biasa.

Mengatasi rambut bercabang dengan cara alami sudah terbukti aman namun tetap efektif dan bahannya pun cukup mudah untuk diperoleh seperti buah alpukat, telur, madu, minyak zaitun dan sebagainya.

 

Berikut ini merupakan cara alami mengatasi rambut bercabang diantaranya :

  • Menggunakan minyak zaitun
    manfaat minyak zaitun

    manfaat minyak zaitun


Selain dikenal memiliki manfaat untuk kesehatan kulit ternyata minyak zaitun juga memiliki manfaat lain yaitu untuk kesehatan rambut termasuk untuk mengatasi masalah rambut bercabang.

Cara penggunaan minyak zaitun untuk mengatasi rambut bercabang cukup mudah yakni dengan membalurkan minyak zaitun ke kulit kepala dan lakukan secara merata.

Kemudian diamkan sekitar 5 menit setelah itu gunakan shampoo untuk membilas kulit kepala secara merata sampai bersih.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari minyak zaitun untuk mengatasi rambut bercabang maka anda bisa melakukan perawatan ini setidaknya seminggu dua kali.

 

  • Campuran minyak zaitun, madu dan telur

Cara kedua untuk mengatasi rambut bercabang anda bisa menggunakan ramuan yang terbuat dari kombinasi antara minyak zaitun, madu dan telur.

Caranya yakni dengan menyediakan 3 sendok makan minyak zaitun, 1 sendok makan madu dan 1 butir kuning telur kemudian campur ketiga bahan tersebut hingga benar-benar merata.

Gunakan ramuan bahan campuran tadi untuk dioleskan ke kulit kepala secara merata sambil dipijat secara lembut dan perlahan.

Kemudian gunakan penutup rambut atau shower cap untuk membungkus kulit kepala anda dan diamkan selama 40 menit.

Setelah itu buka pembungkus kulit kepala dan bilas rambut anda dengan menggunakan air bersih.

 

  • Campuran alpukat dan minyak zaitun

    buah alpukat

    buah alpukat

Basahi rambut anda terlebih dahulu sebelum menggunakan campuran alpukat dan minyak zaitun untuk mengatasi rambut bercabang.

Kemudian siapkan bahan-bahannya yaitu 1 buah alpukat yang telah dihaluskan kemudian campur dengan 1/2 sendok teh minyak zaitun.

Oleskan campuran alpukat dan minyak zaitun tersebut ke kulit kepala secara merata dan diamkan selama 1/2 jam.

Setelah itu bilas rambut anda dengan menggunakan air bersih.

 

  • Pepaya dan yoghurt

Buah pepaya dan yoghurt ternyata memiliki manfaat yang sangat baik untuk mengatasi masalah rambut bercabang.

Sediakan buah pepaya secukupnya kemudian haluskan kemudian campur secara merata dengan 1/2 sendok teh minyak zaitun.

Oleskan kedua bahan ramuan campuran tersebut ke kulit kepala secara merata kemudian diamkan selama 15 menit setelah itu bilas dengan menggunakan air bersih.

 

  • Campuran yoghurt, madu dan lemon

Siapkan terlebih dahulu bahan-bahannya yakni 2 sendok makan yoghurt, 2 sendok makan madu dan perasan lemon secukupnya.

Kemudian campur ketiga bahan tersebut secara merata setelah itu oleskan pada kulit kepala dan rambut secara merata.

Untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal sebaiknya jangan langsung dibilas setelah rambut diolesi dengan ramuan tersebut, setidaknya diamkan terlebih dahulu selama 15 menit baru kemudian bilas rambut anda dengan menggunakan air bersih.

 

  • Jangan basahi rambut dengan air hangat

Hal yang terlihat sepele adalah bahwa ternyata air hangat bisa menghilangkan minyak alami pada rambut padahal minyak alami pada rambut berfungsi sebagai pelembab alami rambut.

Maka dari itu usahakan supaya tidak terlalu sering mandi dengan menggunakan air hangat saat sedang mandi, kalaupun anda ingin mandi air hangat setidaknya usahakan supaya air hangat tidak mengenai rambut anda.

 

  • Hindari pemakaian alat styling rambut alat-catok-rambut

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa penyebab utama dari rambut bercabang biasanya disebabkan oleh penggunaan hair styling rambut.

Maka dari itu usahakan untuk sama sekali tidak menggunakan alat pengering rambut atau alat catok rambut yang bisa membuat rambut anda menjadi bercabang.

Perawatan rambut seperti rebonding juga bisa menyebabkan rambut anda menjadi bercabang.

Dengan menghindari penyebab rambut bercabang maka anda sudah melakukan upaya pencegahan rambut bercabang.