Cara Alami Mengatasi Rambut Kering

Setiap pria terutama kaum wanita di Indonesia biasanya mendambakan ingin memiliki rambut yang hitam, lebat dan berkilau.

Namun bagaimana bila ternyata rambut anda kering ??

cara-alami-mengatasi-rambut-kering

Tentunya penampilan keseharian anda akan menjadi tidak nyaman, apalagi rambut yang kering biasanya sering mengembang, kusam dan sulit untuk diatur.

Untuk mengatasi masalah tersebut sebenarnya anda bisa saja pergi ke salon rambut terdekat, walaupun mungkin harus keluar uang yang agak banyak.

Namun bisa saja anda memiliki kendala jadwal kerja yang sibuk, tidak mau keluar rumah, sedang menghemat pengeluaran, dan sebagainya yang menjadikan anda tidak mau berangkat menuju ke salon rambut.

Ada beberapa cara alami yang bisa anda gunakan untuk mengatasi rambut kering, yang pastinya aman karena tidak menggunakan bahan kimia yang berbahaya.

Bila sebelumnya telah kami bahas informasi mengenai penyebab rambut kering, maka pada kali ini akan kami bahas informasi mengenai Cara Alami Mengatasi Rambut Kering.

Berikut ini adalah Cara Alami Mengatasi Rambut Kering diantaranya :

  • Menggunakan Kuning Telur kuning telur

Langkah awal adalah persiapkan 1 butir telur ayam kemudian pecahkan. Setelah itu pisahkan dengan hati-hati kuning telur dari putih telur, pisahkan keduanya ke 2 wadah yang berbeda kemudian kocok kuning telur hingga merata.

Masukkan 1 sendok makan air bersih ke dalam kuning telur yang sudah dikocok hingga rata, setelah itu masukkan putih telur ke dalam kuning telur yang sudah dikocok.

Cara penggunaan ramuan ini yaitu basahi rambut anda terlebih dahulu kemudian remas-remas dengan lembut dan merata.

Setelah itu oleskan sedikit demi sedikit ramuan telur tadi ke rambut anda sambil dipijit dengan lembut hingga mengeluarkan busa.

Lakukan pijatan hingga merata ke seluruh permukaan rambut dan setelah itu bilas rambut anda dengan air bersih.

 

  • Tepung dan Minyak Kelapa

Sediakan tepung terigu secukupnya dan 1 sendok makan minyak kelapa kemudian campur kedua bahan ini hingga merata.

Campuran tepung tadi anda campur lagi dengan santan kemudian oleskan ke permukaan kulit kepala dan gosok secara merata dengan lembut.

Diamkan di kulit kepala selama 5 menit kemudian bilas dengan menggunakan air bersih hingga benar-benar bersih.

Kemudian anda bisa keramas dengan menggunakan shampoo yang biasa anda gunakan sehari-hari.

Namun anda harus berhati-hati pada saat melakukan keramas karena keramas harus dilakukan dengan pelan-pelan, dan bila keramas dilakukan dengan terlalu keras maka akibatnya malah bisa menjadikan rambut anda rontok, kering dan memicu munculnya ketombe.

Hal lain yang harus anda perhatikan pada saat keramas adalah jari anda harus terbebas dari kuku yang panjang karena jari kuku bisa membuat rambut anda patah dan menimbulkan iritasi pada kulit kepala.

Yang tidak kalah penting adalah setelah keramas atau mandi jangan menyisir rambut anda, namun bila anda masih tetap ingin menyisir rambut maka ada baiknya jika menunggu hingga rambut agak kering atau gunakan sisir rambut yang tidak keras.

 

  • Amla buah-amla

Amla (Phyllanthus emblica) yang memiliki ciri pohon mirip cerme bisa anda gunakan untuk merawat rambut anda.

Caranya cukup mudah yakni dengan 1 cangkir bubuk amla kemudian tambahkan 2 sendok minyak jarak dan 1 butir telur, setelah itu campur semua bahan tersebut sampai benar-benar merata.

Bila bahan tersebut sudah tercampur dengan merata dan halus maka tinggal dioleskan pada kulit kepala atau rambut hingga merata lalu diamkan selama setengah jam, setelah selesai anda bisa keramas.

 

  • Minyak Zaitun

Kandungan vitamin E dan antioksidan pada minyak zaitun bisa membantu melembabkan rambut anda yang kering dan rusak.

Oleskan minyak zaitun secukupnya ke kulit kepala kemudian pijat dengan lembut sampai merata ke seluruh permukaan kulit kepala selama setengah jam, setelah selesai bilas dengan menggunakan air bersih.

 

  • Hindari Mengikat Rambut

Kebiasaan mengikat rambut pada saat tidur atau istirahat memang bisa membuat anda merasa lebih bebas dan tidak terganggu namun kebiasaan ini sebenarnya bisa mengganggu kesehatan rambut anda.

Kebiasaan mengikat rambut pada saat tidur bisa membuat rambut anda menjadi lebih mudah rontok dan kering jadi bila anda ingin rambut anda sehat dan terlihat terawat maka hentikan kebiasaan mengikat rambut pada saat tidur.

 

  • Menggunakan Lemon

    lemon

    lemon

Lemon yang biasanya dijadikan bahan minuman bisa anda gunakan untuk menjadikan rambut anda berkilau, tidak kering dan sehat.

Caranya cukup mudah yakni dengan menyiapkan 2 sendok teh lemon segar, 2 sendok teh minyak biji almond atau minyak kastroli dan 1 sendok teh madu, setelah itu aduk semua bahan ini hingga tercampur rata.

Setelah itu oleskan campuran bahan ini ke semua bagian rambut mulai dari akar, batang hingga ujung rambut.

Kemudian diamkan selama 90 menit dengan menggunakan handuk hangan dan setelah selesai bersihkan rambut anda dengan menggunakan shampoo.

Lakukan perawatan ini setidaknya sekali dalam 2 minggu maka rambut anda akan sehat, berkilau dan terhindar dari kering.

 

  • Alpukat

    alpukat

    alpukat

Selain bisa digunakan sebagi bahan untuk es campur atau es jus, alpukat juga bisa digunakan untuk perawatan rambut termasuk dengan mencegah rambut kering.

Cara penggunaannya cukup mudah yakni siapkan daging alpukat secukupnya kemudian haluskan daging alpukat tersebut.

Daging alpukat yang sudah halus bisa anda oleskan pada seluruh bagian rambut anda mulai dari akar, batang sampai ujung rambut.

Diamkan sekitar 20 menit setelah itu gunakan air bersih untuk membersihkannya.

 

Selamat mencoba !!