Cara Alami Mengatasi Rambut Putih


Di jaman yang modern seperti saat ini, sepertinya sudah bukan menjadi hal yang sangat aneh bilamana ada anak muda yang rambutnya bermasalah misalnya tumbuhnya uban secara tidak wajar karena masih belum seharusnya untuk tumbuh.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan, misalnya dengan menyemir rambut karena memang biasanya terbukti efektif dan bisa menghilangkan uban dengan cepat.

Meski demikian, kelemahan dari menyemir rambut adalah biasanya Anda harus tetap melakukan penyemiran rambut di masa-masa berikutnya.

Maka dari itu tidak ada salahnya untuk mengatasi uban dengan menggunakan bahan-bahan alami, karena hasilnya juga terbukti efektif dan baik untuk jangka waktu yang lama.

Lagipula penggunaan bahan-bahan alami yang digunakan untuk perawatan rambut terbukti mudah dan aman karena tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi kesehatan.

Cara Alami Mengatasi Rambut Putih

Berikut ini adalah Cara Alami Mengatasi Rambut Putih, diantaranya :

  • Jahe 

    manfaat jahe untuk kesehatan

    manfaat jahe untuk kesehatan

Anda bisa menggunakan jahe untuk membantu melebatkan rambut, menghilangkan ketombe, menghitamkan rambut, menjadikan sirkulasi darah pada daerah rambut menjadi lancar dan menghambat pertumbuhan rambut putih.

Caranya yaitu siapkan jahe secukupnya, kemudian campur dengan madu atau susu setelah itu aduk sampai merata kemudian gunakan ramuan tersebut untuk dioleskan sambil dipijat ringan pada daerah rambut yang terdapat rambut putih.

Setelah itu diamkan selama setengah jam kemudian bilas dengan menggunakan air bersih, dan untuk menghilangkan bau jahe pada rambut maka Anda bisa keramas.

 

  • Daun Jambu

Caranya yaitu siapkan beberapa lembar daun jambu, kemudian haluskan hingga menjadi cairan yang kental lalu oleskan cairan tersebut secara merata pada rambut yang terdapat rambut putih.

Kemudian diamkan selama setengah jam lalu bilas rambut Anda dengan menggunakan air bersih.

Untuk mendapatkan hasil yang terbaik maka Anda bisa melakukan perawatan ini setidaknya 2-3 kali dalam seminggu.

 

  • Bunga sepatu

Caranya yaitu siapkan salah satu dari minyak zaitun, minyak kemiri atau minyak kelapa kemudian panaskan minyak tersebut.

Setelah itu masukkan beberapa bunga sepatu dan tunggu hingga lapisan bunga sepatu meresap dan menyatu dengan minyak.

Setelah cairan tersebut menyatu dengan baik, dinginkan secara alami kemudian oleskan cairan tersebut pada daerah rambut yang terdapat rambut putih sambil dipijat ringan.

Setelah itu tunggu selama setengah jam dan kemudian Anda bisa membilas rambut Anda dengan menggunakan air bersih.

 

  • Minyak kemiri

Minyak kemiri dikenal bisa membantu mengatasi rambut yang botak serta membantu menghitamkan warna rambut secara alami, namun di luar itu ternyata kemiri juga bisa membantu mengatasi rambut putih.

Caranya siapkan kemiri secukupnya lalu bakar hingga keluar minyaknya, kemudian letakkan kemiri tersebut pada tempat yang bersih lalu siapkan kain yang bersih, dan seratnya tidak terlalu rapat (sebaiknya menggunakan kaos bekas yang sudah tidak terpakai).

Masukkan kemiri pada kain atau kaos tersebut lalu tumbuk hingga menjadi halus, kemudian peras hingga keluar minyaknya.

Cara perawatannya yaitu oleskan cairan tersebut pada rambut seperti halnya Anda melakukan keramas, sambil dipijat ringan secara merata.

Diamkan selama 1 jam supaya cairan tersebut meresap dengan baik ke pori-pori kulit kepala, setelah itu bilas dengan menggunakan air bersih.

 

  • Bawang merah bawang merah

Caranya siapkan bawang merah secukupnya kemudian lembutkan hingga benar-benar menjadi halus, lalu oleskan cairan tersebut pada daerah rambut yang berwarna putih.

Berikutnya bungkus rambut atau kepala Anda dengan menggunakan shower cap dan tunggu selama setengah jam.

Setelah itu bilas rambut Anda dengan menggunakan air bersih.

Anda bisa keramas dengan menggunakan shampo untuk menghilangkan aroma bawang merah pada rambut Anda.

Untuk mencegah supaya rambut putih tidak mudah tumbuh maka Anda bisa melakukan perawatan ini setidaknya satu kali dalam sebulan.

 

  • Teh hitam

Kandungan antioksidan dan kafein yang tinggi pada teh hitam selain bisa memberikan asupan nutrisi, juga sangat efektif untuk memberi warna kelabu pada rambut.

Gunakan larutan kopi untuk mencuci rambut Anda setidaknya sekali dalam setiap dua hari untuk mengembalikan warna hitam pada rambut Anda yang berwarna putih.

Pijat rambut yang telah diolesi dengan teh hitam, sambil dipijat lembut kemudian diamkan selama setengah jam lalu bilas dengan menggunakan air bersih.

 

  • Madu

Anda bisa menggunakan madu sebagai bahan creambath dan mengembalikan warna hitam rambut Anda.

Untuk menambah kuat fungsi oksidannya maka Anda bisa menambahkannya dengan sedikit perasan air lemon.

Cuci rambut Anda, kemudian olesi dengan mau secara merata pada rambut dan diamkan selama setengah jam sebelum akhirnya dibilas.

 

  • Minyak Wijen 

    manfaat biji wijen untuk kesehatan

    manfaat biji wijen untuk kesehatan

Siapkan wijen sekitar 1 kilogram, kemudian bersihkan sebelum akhirnya disangrai sekitar 10 menit dan jaga supaya jangan sampai gosong.

Blender biji wijen yang telah disangrai tersebut sampai mengeluarkan minyak.

Kemudian oleskan minyak wijen tersebut pada kulit kepala secara merata dan diamkan selama semalaman.

Di pagi harinya Anda bisa membersihkan rambut Anda dengan membilasnya dengan air bersih.

 

  • Minyak Kelapa

Terkecuali madu, minyak kelapa serta minyak kemiri memang sejak dari jaman dulu di pakai sebagai bahan alami perawatan rambut.

Bukan sekedar itu, beberapa produk perawatan rambut saat ini juga memakai bahan alami minyak kelapa serta minyak kemiri.

Hal semacam ini karena kandungan vitamin E, vitamin K, serta zat besi pada minyak kelapa serta kemiri begitu berguna merangsang perkembangan serta pergantian sel di batang rambut.

Langkah menyingkirkan uban dengan minyak kelapa cukup mencampurkan sedikit perasan air lemon, serta berikan dengan cara rata serta pijat lembut pada rambut serta batang rambut.

Sesudah 10 menit baru basuh dengan air bersih supaya uban cepat memudar, maka disarankan untuk melakukan perawatan itu setidaknya satu minggu 2 kali.

 

  • Minyak Jarak

Minyak jarak juga bisa berfungsi sebagai obat penghitam rambut dan hingga saat ini bisa saja sebagian orang cuma mengetahui minyak urang-aring, minyak kemiri, serta minyak wijen saja yang bisa menghitamkan rambut secara alami.

Padahal minyak kastor juga efektif untuk mengatasi uban dan juga bisa menghitamkan rambut dengan secara alami. Anda dapat memakai minyak jarak sebagai perawatan rambut keseharian.

Cara menghilangkan rambut putih menggunakan uban secara alami, caranya yaitu oleskan minyak kastor atau minyak jarak secara merata pada rambut lalu diamkan selama setengah jam, kemudian bersihkan rambut Anda bisa menggunakan shampo.