Cara Alami Untuk Melegakan Sakit Tenggorokan

sakit tenggorokan

sakit tenggorokan

Sakit tenggorokan merupakan salah satu penyakit yang cukup menyiksa. Sakit tenggorokan akan menyebabkan munculnya rasa sakit yang luar biasa saat menelan sesuatu, sehingga orang yang mengalami sakit tenggorokan cenderung nafsu makannnya berkurang.

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Menghindari beberapa hal yang dapat menyebabkan sakit tenggorokan akan sangat bagus sekali. Menghisap permen pelega tenggorokan mampu melegakan tenggorokan yang sakit serta merangsang produksi air liur. Sebaiknya pilihlah permen pelega tenggorokan yang bebas gula.

Kafein dan alcohol dapat menghambat kemampuan tubuh kita dalam melawan infeksi maupun iritasi yang menyebabkan sakit tenggorokan. Sebaiknya hindari konsumsi kafein maupun alcohol saat anda mengalami sakit tenggorokan.

Ada beberapa cara alami untuk melegakan sakit tenggorokan, meliputi:

  • Berkumur dengan air garam

Berkumur dengan air hangat yang dicampur dengan garam mampu mengurangi rasa sakit pada tenggorokan. Ketika kita mengalami sakit tenggorokan, maka sel-sel dalam selaput lendir di tenggorokan akan mengalami peradangan dan membengkak. Berkumur dengan air garam hangat akan mengurangi pembengkakan. Garam berfungsi untuk menarik keluar kandungan air yang nantinya akan menyusutkan sel-sel yang membengkak dan meredakan rasa sakit di tenggorokan. Hal ini juga mempu membersihkan lendir yang berlebihan serta mencegah terjadinya hidung tersumbat.

  • Minum air lemon dan madu

Campuran air lemon hangat dengan madu juga mampu melegakan tenggorokan. Air lemon memiliki sifat anti bakteri serta mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Sedangkan madu akan engurangi rasa sakit berlebihan pada tenggorokan.

  • Cuka apel
cuka apel

cuka apel

Mengkonsumsi cuka apel juga bisa melegakan sakit tenggorokan. Campur 2 sendok makan cuka apel dengan air hangat dan minumlah tiap pagi dan sore hari. Mencampur cuka apel dengan beberapa potong bawang putih juga bisa dilakukan untuk melegakan sekaligus melawan sumber dari sakit tenggorokan.

  • Bawang putih

Mungkin hal seperti ini terdengar aneh dan sedikit menjijikkan. Namun, bawang putih memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi yang sangat baik sekali untuk melegakan sakit tenggorokan khususnya karena infeksi. Menghisap beberapa potong bawang putih seperti halnya menghisap permen akan membuat tenggorokan anda menjadi lega dan mengurangi pembengkakan pada tenggorokan anda. Bawang putih mengandung senyawa alicin yang mampu membunuh bakteri yang menyebabkan radang dan sakit pada tenggorokan.

  • Penguapan

Uap mampu meringankan sakit tenggorokan, khususnya sakit tenggorokan yang terjadi karena suhu udara yang terlalu kering. Anda bisa melakukan penguapan sendiri di rumah.  Rebus satu panci air kemudian tmabahkan dengan beberapa tetes minyak kayu putih, kemudian hisap uap yang keluar selama beberapa menit. Selain melegakan sakit tenggorokan, cara seperti ini juga mampu melegakan pernapasan.

  • Bubuk cabai

Mengkonsumsi air hangat yang dicampur dengan bubuk cabai juga mampu melegakan sakit tenggorokan. Mungkin cara seperti ini terdengar gila, namun sepertinya layak untuk dicoba. Seperti halnya cabai, bubuk cabai mengandung capsaicin yang mampu mengurangi rasa sakit yang tidak bisa diatasi dengan menggunakan obat. Selain itu, capsaicin juga akan membantu mengencerkan dahak yang nantinya juga akan membantu melegakan tenggorokan.

  • Teh licorice

Minum teh akar licorice mampu mencegah terjadinya sakit tenggorokan serta melegakan sakit tenggorokan.  Teh akar licorice bersifat anti virus serta anti inflamasi, sehingga mampu mengurangi pembengkakan maupun iritasi serta menenangkan selaput lendir pada tenggorokan anda.

  • Baking soda

Baking soda sering dianggap sebagai obat rumahan yang mudah, murah dan cukup efektif untuk sakit tenggorokan. Sebab, baking soda memiliki sifat antibakteri yang mampu membunuh bakteri-bakteri yang menyebabkan sakit pada tenggorokan. Anda bisa mencampur baking soda dan garam dengan segelas air hangat. Anda bisa menggunakan ramuan tersebut untuk berkumur.

  • Mengunyah cengkeh
cengkeh

cengkeh

Cengkeh telah digunakan sejak jaman dahulu kala dalam ilmu pengobatan ala China. Cengkeh banyak digunakan untuk meringankan rasa sakit di mulut,seperti sakit gigi maupun sakit tenggorokan. Cengkeh mengandung senyawa euganol yang mampu mengurangi rasa sakit serta membunuh berbagai bakteri yang menyebabkan timbulnya rasa sakit.

  • Air buah delima

Buah delima mengandung banyak vitamin dan mineral yang penting bagi kesehatan tubuh kita. Delima mengandung antioksidan alami serta mengandung astringent yang akan membasmi mikroorganisme penyebab sakit tenggorokan dan melegakan sakit tenggorokan. Rendam buah delima yang sudah dipecah atau dipotong-potong dalam 1 liter air, dan gunakan airnya untuk minum maupun untuk berkumur.

  • Teh chamomile

Teh chamomile merupakan salah satu obat alami untuk sakit tenggorokan. Teh chamomile memiliki senyawa alami yang mampu membunuh bakteri serta mengurangi terjadinya peradangan. Selain itu, teh chamomile juga memiliki sifat antispasmodic yang nantinya akan membuat anda menjadi lebih rileks.

  • Jahe

Jahe mampu mengurangi terjadinya peradangan serta mengusir rasa sakit di tenggorokan. Selain itu, jahe juga mampu mengeluarkan lendir berlebihan dalam system pernapasan anda dan lendir berlebihan dalam tenggorokan. Minum air hangat yang dicampur dengan jahe akan membuat tenggorokan anda menjadi lebih nyaman dan akan mempercepat proses penyembuhan.