Cara Alami Untuk Memutihkan Gigi


gigi yang sehat

gigi yang sehat

Gigi yang tampak putih akan meningkatkan rasa percaya diri. Sekitar 71% wanita mengatakan bahwa mereka menilai seorang pria dari giginya. Maka dari itu, dengan senyum yang indah dari gigi yang putih akan membuat anda tampil lebih menarik.

Bahkan gigi yang putih juga akan membuat ekonomi anda semakin meningkat. Senyum yang indah dengan gigi yang putih bersih akan membuat anda semakin menonjol dari sekian banyak pelamar pekerjaan.

Memiliki gigi yang putih dan bersih menjadi budaya tersendiri dalam kehidupan saat ini. Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan gigi berubah warna. Kebanyakan karena kebiasaan buruk seperti konsumsi kopi maupun merokok.

Perubahan warna pada gigi juga bisa terjadi sebagai salah satu proses penuaan. Sama seperti keriput di wajah, banyak orang yang berusaha melawan perubahan warna pada gigi. Tentu saja ada beberapa metode untuk memutihkan gigi, seperti menyikat gigi, berkumur maupun melakukan perawatan gigi dengan biaya yang cukup lumayan.

Selain itu, ada juga beberapa cara alami yang bisa anda lakukan untuk memutihkan gigi. Berbagai cara alami tersebut, meliputi:

  • Kurangi pemakaian baking soda

Kurangi pemakaian pasta gigi yang mengandung baking soda. Baking soda memang memiliki kemampuan untuk memutihkan gigi. Namun, secara perlahan gigi anda akan mengalami kerusakan karena baking soda bersifat abrasive atau merusak. Gunakanlah pasta gigi biasa atau pasta gigi herbal yang tidak mengandung baking soda.

  • Kurangi makanan yang gelap

Sebisa mungkin kurangilah makanan yang gelap, seperti saus marinara, cokelat, kopi, maupun kecap. Makanan-makanan yang gelap dapat menyebabkan perubahan warna pada gigi, bila digunakan dalam waktu yang lama.

  • Minum air putih
air putih

air putih

Air putih sangat baik memperbaiki kondisi cairan dalam tubuh. Selain untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, minum air putih juga bisa memutihkan gigi. Air putih akan menjaga rongga mulut tetap dalam kondisi netral dan mengurangi bakteri-bakteri yang berlebihan dalam rongga mulut.

  • Kurangi minuman berenergi

Selain makanan gelap, minuman berenergi juga mampu merubah warna gigi. Minuman berenergi kebanyakan mengandung asam yang nantinya akan mengikis permukaan gigi anda. Jadi, selain gigi anda berubah warna, gigi anda akan menjadi lebih mudak rusak maupun keropos. Maka dari itu, sebaiknya jangan konsumsi minuman berenergi terlalu berlebihan.

  • Tukar sikat gigi anda dengan yang baru

Cara lain untuk memutihkan gigi adalah dengan menukar sikat gigi anda paling tidak setiap tiga bulan sekali. Umumnya, sikat gigi yang dipakai selama tiga bulan akan tampak berubah. Bulu-bulunya mulai membungkuk, sehingga kurang efektif untuk membersihkan gigi.

  • Berkumur dengan cuka apel

Berkumur dengan cuka apel mampu menyegarkan nafas serta memutihkan gigi. Berkumur dengan cuka apel akan menetralkan keasaman rongga mulut dan mengurangi bakteri-bakteri jahat yang mampu merusak gigi. Campurkan dua sendok makan cuka apel dengan setengah gelas air, lalu gunakan untuk berkumur secara rutin setiap pagi dan malam hari.

  • Mengkonsumsi strawberry
mengkonsumsi strawberry

mengkonsumsi strawberry

Mengkonsumsi strawberry mampu memutihkan gigi secara alami. Strawberry mengandung enzim yang disebut asam malat serta kandungan vitamin C yang tidak terlalu tinggi. Asam malat mampu memutihkan gigi, menghilangkan noda pada permukaan gigi serta merontokkan plak gigi. Cobalah untuk menggosok gigi anda dengan buah strawberry beberapa saat. Bisa juga dengan cara mengunyah strawberry secara perlahan untuk membersihkan gigi anda.

  • Menyikat lidah

Menyikat lidah bukan hanya dapat menyegarkan nafas, namun juga ikut membantu gigi anda menjadi lebih putih. Banyak bakteri yang menumpul di permukaan lidah, yang nantinya akan menyebabkan terjadinya perubahan warna pada gigi. Anda bisa menggunakan sikat gigi untuk menyikat lidah atau menggunakan sikat lidah khusus yang bisa dibeli di apotek.

  • Perbanyak konsumsi makanan segar

Memperbanyak konsumsi makanan segar, seperti buah dan sayuran juga mampu memutihkan gigi secara alami. Berbagai kandungan nutrisi dalam wortel, apel, maupun kembang kol mampu menjaga gigi anda tetap bersih dan putih.

  • Berkumur setelah mengkonsumsi jeruk

Mengkonsumsi jeruk, lemon maupun limau sangat baik untuk kesehatan karena mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Namun, buah jeruk, lemon maupun limau juga mampu mengikis enamel atau permukaan gigi. Dengan kondisi seperti ini, maka gigi anda perlahan-lahan akan berubah warnanya menjadi kekuningan. Maka dari itu agar kondisi rongga mulut tetap terjaga, sebaiknya berkumurlah dengan air setelah mengkonsumsi jeruk, lemon maupun limau.

  • Gunakan sedotan

Biasakanlah minum dengan menggunakan sedotan. Cara seperti ini akan mengurangi terjadinya kerusakan pada lapisan gigi anda. Menggunakan sedotan saat minum akan mengurangi kontak langsung dengan gigi. Setelah itu jangan lupa untuk berkumur dengan air putih atau menyikat gigi anda, agar gigi anda tetap bersih.