Cara Alami Untuk Mencegah Dan Mengobati Flu

gejala penyakit flu

gejala penyakit flu

Penyakit influenza atau yang biasa disebut flu merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus yang sering terjadi pada system pernapasan, seperti hidung, tenggorokan serta paru-paru, sehingga mempengaruhi kerja organ pernapasan.

Penyakit flu adalah penyakit yang mudah sekali ditularkan sehingga cepat menyebar dari satu orang ke orang lain melalui berbagai macam cara, seperti berbagai minuman, berbagi alat makan, kontak secara langsung, batu maupun bersin.

Penyakit flu merupakan salah satu jenis penyakit yang disebabkan oleh virus RNA dari keluarga Orthomyxoviridae, yang lebih dikenal dengan nama virus influenza. Gejala yang sering muncul dari penyakit flu, meliputi menggigil, sakit kepala, nyeri otot, batuk-batuk, tubuh terasa lemah serta tubuh terasa tidak nyaman.

Penyakit flu sering dianggap sebagai penyakit ringan bagi masyarakat umum. Namun, apabila penyakit flu dibiarkan begitu saja nantinya akan mengganggu rutinitas anda dalam sehari-hari. Selain itu, anda juga bisa menyebarkan penyakit ini ke orang lain, secara sengaja maupun tidak sengaja.

Menurut para pakar kesehatan, cara terbaik untuk mencegah dan mengobati penyakit flu adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat. Berbagai cara alami untuk mencegah dan mengobati penyakit flu, meliputi:

  • Perbanyak konsumsi air putih

Selain mencegah terjadinya dehidrasi, air putih juga dapat digunakan untuk mencegah dan mengobati flu. Minumlah air putih sebanyak 8 gelas setiap hari. Cara seperti ini bertujuan untuk menjaga serta membersihkan tenggorokan dari kuman maupun virus yang dapat menyebabkan penyakit flu.

  • Minum air hangat

Sebisa mungkin kurangi minuman dingin dan perbanyak minum minuman hangat. Minuman hangat akan menghangatkan dan melegakan tenggorokan serta dapat mengurangi gejala flu, seperti hidung mampet. Selain itu uap dari minuman hangat juga dapat membantu mengencerkan lendir.

  • Perbanyak istirahat

Menurunnya system kekebalan tubuh akan mempermudah virus flu untuk menyerang, sehingga membuat tubuh anda menjadi cepat lelah dan terasa lemah. Maka dari itu, sebaiknya perbanyak istirahat dan bila perlu berhenti bekerja untuk sementara waktu, demi mengembalikan system kekebalan tubuh anda.

  • Perbanyak konsumsi sayur dan buah

Ketika kondisi tubuh mulai melemah, maka anda perlu memperbanyak konsumsi sayuran dan buah. Mengkonsumsi sayur dan buah akan sangat baik sekali untuk mengembalikan kondisi tubuh serta memprbaiki system kekebalan tubuh karena sayur dan buah mengandung banyak vitamin dan mineral penting yang baik untuk kesehatan tubuh.

  • Mengkonsumsi bawang
bawang putih

bawang putih

Untuk mencegah dan mengobati flu anda bisa mengkonsumsi bawang atau makanan yang mengandung bawang. Bawang sangat baik untuk mencegah dan mengobati flu. Bawang memiliki sifat antivirus yang kuat sehingga mampu memerangi virus flu yang ada di dalam tubuh. Selain itu, menghirup aroma bawang selama 3 sampai 5 menit dapat membantu mengeluarkan lendir dan cairan dalam hidung.

  • Terapi uap

Terapi uap merupakan salah satu cara yang baik dalam hal mengobati penyakit flu. Gunakan air panas lalu masukkan beberapa tetes minyak kayu putih. Selain itu anda juga bisa memasukkan bahan lain, seperti jahe maupun bawang ke dalam air panas tersebut, lalu hiruplah uapnya. Cara seperti ini baik untuk mengurangi lendir dalam rongga hidung serta menghangatkan system pernapasan atas.

  • Berkumur

Berkumur juga bisa dilakukan untuk mengobati penyakit flu. Berkumur merupakan cara yang baik untuk membersihkan berbagai bakteri maupun virus yang ada di dalam rongga mulut. Anda bisa berkumur dengan air hangat yang dicampur dengan sedikit garam, maupun jahe untuk membersihkan rongga mulut anda dari virus dan bakteri yang dapat menyebabkan flu.

  • Minum air mint

Air rendaman daun mint juga dapat mencegah dan mengobati penyakit flu maupun pilek. Air rendaman daun mint akan membantu melegakan dan menghangatkan tenggorokan. Selain itu anda juga bisa mengoleskan balsam atau minyak mentol di dekat lubang hidung. Cara seperti ini juga dapat melegakan pernapasan.

  • Mandi air hangat

Sebaiknya jangan mandi dengan air dingin selama anda terserang penyakit flu. Mandilah dengan menggunakan air hangat. Mandi dengan air hangat bertujuan untuk menghangatkan tubuh anda.

  • Konsumsi cabai

Cabai mengandung senyawa capsaicin yang sangat efektif untuk membersihkan rongga hidung. Ketika anda mengalami flu, sebaiknya konsumsilah cabai untuk membersihkan rongga hidung. Selain cabai anda juga bisa mengkonsumsi paprika.

  • Konsumsi rempah
jahe

jahe

Mengkonsumsi rempah-rempah yang menghangatkan juga dapat anda lakukan untuk mengobati flu. Rempah-rempah yang hangat seperti serai, jahe, merica dapat anda campurkan kedalam makanan anda untuk menghangatkan tubuh anda.

  • Konsumsi madu dan jahe

Anda bisa mencoba untuk minum ramuan madu dan jahe untuk menghangatkan dan mengobati penyakit flu yang anda alami. Rebuslah air dan beri parutan jahe, setelah itu masukkan ke dalam cangkir dan beri 1 sampai 2 sendok the madu. Minumlah ramuan ini selagi hangat.

  • Vitamin E dan seng

Konsumsilah makanan yang banyak mengandung vitamin E dan seng untuk mengembalikan kondisi tubuh dan mengobati flu. Makanan yang banyak mengandung vitamin E adalah kacangan-kacangan dan biji-bijian. Sedangkan untuk mendapatkan mineral seng anda bisa mengkonsumsi ikan, kerang maupun tiram.

  • Olahraga ringan

Melakukan olahraga ringan akan sangat baik untuk mencegah dan mengobati penyakit flu. Dengan berolahraga tubuh anda akan mengeluarkan keringat serta memperlancar peredaran darah. Selain itu berolahraga akan membantu memperkuat system pernapasan.