Cara Alami Untuk Mencegah Hiperlipidemia

gambaran hiperlipidemia

gambaran hiperlipidemia

Hiperlipidemia adalah suatu kondisi di mana lipid serta lipoprotein dalam tubuh berada dalam tingkat yang sangat tinggi. Hal seperti ini tentunya akan menimbulkan berbagai macam komplikasi pada kesehatan, umumnya berkaitan dengan system kardiovaskular.

Terjadinya hyperlipidemia dikarenakan oleh dua factor utama, yaitu factor genetic serta factor gaya hidup. Biasanya hyperlipidemia terjadi secara bersamaan dengan adanya penyakit diabetes.

Untungnya, hyperlipidemia masih bisa dikelola dengan baik tanpa harus menggunakan obat-obatan tertentu maupun dengan cara operasi.

Pokok permasalahan pada kasus hyperlipidemia adalah pada tingkat kepadatan dari lipid serta lipoprotein dalam tubuh, sehingga pengidap hyperlipidemia diharuskan untuk berhati-hati dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi.

Beberapa kasus hyperlipidemia yang parah, yang umumnya berkaitan dengan adanya gangguan pada system kardiovaskular, maka dokter akan memberikan obat tertentu jenis statin, fibrat dan sterol, agar tingkat kepadatan lipid serta lipoprotein dalam tubuh si pasien dapat berkurang.

Sayangnya, penggunaan obat-obatan tertentu dalam jangka panjang nantinya akan berdampak buruk pada kesehatan. Selain itu penggunaan obat-obatan tertentu tanpa mengelola makanan yang akan dikonsumsi juga tidak akan memberikan efek yang baik untuk kesehatan.

Berbagai cara alami untuk mencegah hyperlipidemia, meliputi:

  • Perbanyak serat

Hal yang paling umum dalam mengelola hyperlipidemia adalah memperbanyak konsumsi makanan berserat. Serat makanan mampu menyeimbangkan kadar lipid, meningkatkan kesehatan jantung serta memperbaiki system pencernaan. makanan berseray juga ikut mengendalikan pelepasan serta penyerapan nutrisi dalam tubuh.

  • Minyak zaitun
minyak zaitun

minyak zaitun

Metode diet Mediterania dipercaya mampu meningkatkan kesehatan organ jantung serta menjaga keseimbangan lipid dalam tubuh. Minyak zaitun kaya akan oleat yang nantinya akan ikut mengurangi kadar kolesterol jahat atau LDL dalam aliran darah. Hal ini nantinya juga akan mencegah terjadinya ateroklerosis serta kemungkinan terjadinya penyakit stroke.

  • Ikan

Ikan yang berminyak, seperti salmon maupun tuna, merupakan jenis makanan yang kaya akan lemak omega 3. Kolesterol tidak selalu buruk bagi kesehatan, selama kadarnya tetap dalam keadaan seimbang. Kolesterol yang seimbang akan membuat tubuh kita tetap sehat dan berfungsi dengan baik. selain mengkonsumsi ikan, anda juga bisa mengkonsumsi minyak ikan yang kaya akan lemak omega 3. Hal seperti ini akan baik sekali untuk mengelola hyperlipidemia maupun mencegah hyperlipidemia.

  • Kacang-kacangan

Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa mengkonsumsi kacang-kacangan mampu mengurangi kadar kolesterol jahat atau LDL dalam tubuh manusia. Mengkonsumsi kacang-kacangan dalam porsi kecil paling tidak 1 minggu sekali secara rutin akan ikut menstabilkan kadar kolesterol.

  • Kedelai

Kedelai adalah makanan yang baik sekali untuk kesehatan sebagai pengganti daging merah. Daging merah kaya akan protein, namun dapat meningkatkan kadar kolesterol maupun lipid dalam tubuh kita. Mengkonsumsi kedelai telah terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol dan lipid dalam tubuh kita, sehingga kita akan terbebas dari masalah kesehatan seperti hyperlipidemia.

  • Kurangi makanan yang mengandung lemak jenuh

Makanan yang mengandung lemak jenuh nantinya akan meningkatkan kadar kolesterol jahat atau LDL serta lipid dalam tubuh kita. Menjauhi makanan seperti ini juga sepertinya tidak mungkin, karena tubuh kita tetap membutuhkan lemak. Jadi, sebaiknya kurangilah makanan yang mengandung lemak jenuh untuk mengelola hyperlipidemia. Sebaliknya, kita diharuskan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak tak jenuh ganda. Lemak tak jenuh ganda justru mampu meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL dalam tubuh kita. Ganti minyak goreng atau mentega dengan minyak kedelai atau minyak biji bunga matahari.

  • Olahraga secara rutin

Olahraga merupakan pelengkap dan mampu menjaga kesehatan tubuh kita secara keseluruhan. Mengkonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan dan ditambah dengan olahraga, maka hasilnya akan semakin baik bagi kesehatan kita. olahraga nantinya akan meningkatkan metabolism tubuh, mencegah terjadinya obesitas serta mencegah diabetes. Obesitas dan diabetes merupakan hal yang mampu memicu terjadinya hyperlipidemia.

  • Minum air putih
air putih

air putih

Tubuh kita mayoritas berisi cairan. Minum air putih akan mencegah terjadinya dehidrasi dan membuat tubuh kita tetap berfungsi dengan baik. Minum air putih juga akan merangsang buah air kecil. Berbagai macam racun, lemak, garam serta cairan yang berlebihan dalam tubuh akan dikeluarkan saat kita buang air kecil. Hal ini nantinya akan membuat tubuh kita terbebas dari racun serta lemak berlebihan yang buruk sekali bagi kesehatan kita.

  • Teh hijau

Teh hijau mengandung catechin dan antioksidan lainnya yang mampu mencegah terjadinya penyakit kronis, meningkatkan metabolism tubuh, detoksifikasi tubuh serta menjaga kestabilan kolesterol dalam tubuh kita. maka dari itu, sebaiknya minumlah teh hijau secara rutin untuk mengelola maupun mencegah terjadinya hyperlipidemia.

  • Kurangi susu sapi

Dengan cara mengurangi susu sapi, maka kadar kolesterol jahat dalam tubuh kita akan ikut berkurang. Ada baiknya untuk mengganti susu sapi dengan susu almond maupun susu kedelai. Mengkonsumsi susu almond maupun susu kedelai  justru mampu meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL dalam tubuh kita, karena adanya kandungan lemak omega 3 didalamnya.

  • Mengkonsumsi sayuran

Mengkonsumsi sayuran adalah yang sangat baik dalam memperbaiki kondisi tubuh serta mengelola hyperlipidemia. Sayuran merupakan makanan yang kaya serat dan juga rendah lemak, sehingga sangat baik sekali untuk menyeimbangkan kadar kolesterol dan lipid dalam tubuh.