Cara Alami Untuk Mencegah Jantung Lemah

organ jantung

organ jantung

Jantung lemah merupakan suatu kondisi dimana jantung tidak mampu bekerja secara normal sebagai akibat dari berkurangnya fungsi organ jantung dalam memompa darah. Umumnya jantung lemah dialami setelah seseorang mengalami sakit atau suatu kondisi tertentu yang menganggu kinerja jantungnya.

Seperti yang kita ketahui sebelumnya, organ jantung memiliki otot khusus untuk bekerja. Otot khusus ini memiliki kemampuan yang sangat terbatas karena sangat tergantung pada tekanan darah dalam tubuh kita.

Bila tekanan darah dalam tubuh kita terlalu tinggi, maka otot khusus pada jantung kita akan bekerja lebih berat dalam memompa darah.

Bila kita sering melatih otot tubuh kita, misalnya otot bagian tangan, maka otot pada bagian tangan kita akan semakin besar. Semakin besar otot tangan kita, maka kemampuan tangan kita akan semakin besar.

Namun, bila otot jantung kita semakin besar, maka kemampuannya dalam memompa darah ke seluruh tubuh justru semakin menurun. Menurunnya kerja otot jantung dalam emompa darah nantinya akan memperburuk bahkan dapat membahayakan nyawa seseorang.

Pasti akan timbul pertanyaan dalam benak anda, bagaimana caranya untuk mencegah jantung lemah? Cara untuk mencegah terjadinya jantung lemah hanya satu, yaitu menerapkan pola hidup sehat. Beberapa cara alami untuk mencegah kondisi jantung lemah, meliputi:

  • Memperbaiki pola makan

Makanan mampu mempengaruhi kesehatan kita secara langsung. Konsumsi makanan yang tidak menyehatkan nantinya akan mempengaruhi kesehatan tubuh kita, secara keseluruhan. Memperbanyak konsumsi buah dan sayur akan sangat baik bagi kesehatan tubuh kita, serta kesehatan organ jantung kita.

Jantung yang sehat akan melancarkan fungsi organ jantung untuk memompa darah. Selain itu mengkonsumsi kacang-kacangan serta biji-bijian, juga dapat menyehatkan jantung. Selain itu, jangan mengkonsumsi makanan secara berlebihan. Karena apapun yang kita konsumsi secara berlebihan pasti akan menyebabkan munculnya gangguan pada kesehatan.

  • Rajin berolahraga
lari pagi

lari pagi

Rajin berolahraga paling tidak 30 menit setiap hari adalah cara yang baik untuk mencegah jantung lemah. Berolahraga akan meningkatkan detak jantung serta mampu menurunkan tekanan darah. Selain itu, berolahraga juga akan meningkatkan kondisi fisik anda.

Ada banyak jenis olahraga yang bisa anda lakukan untuk mencegah jantung lemah, seperti senam aerobic, jalan kaki, bersepeda maupun berenang.  Selain berolahraga anda juga bisa melakukan aktivtas lain yang dapat membuat tubuh anda terus bergerak, misalnya berkebun.

  • Menghentikan kebiasaan buruk

Berbagai kebiasaan buruk seperti kebiasaan merokok serta minum minuman beralkohol mampu menyebabkan munculnya berbagai gangguan pada kesehatan tubuh kita. Selain menganggu kerja paru-paru, kebiasaan merokok juga mampu menyebabkan gangguan pada organ jantung.

Rokok mengandung banyak racun yang berbahaya yang memicu terjadinya aterosklerosis, atau pengerasan pada pembuluh coroner. Kondisi seperti ini nantinya akan menyebabkan terjadinya apa yang disebut dengan nama penyakit jantung coroner. Selain itu, CO2 serta nikotin dalam rokok mampu menyebabkan penyempitan pada pembuluh darah serta mengurangi kemampuan sel darah dalam memasok oksigen.

Alcohol juga mampu menganggu kerja system saraf yang berfungsi untuk mengatur pembuluh darah dalam tubuh kita. Bila kondisi seperti ini terjadi, maka akan menyebabkan munculnya penyakit  hipertensi. Hipertensi akan menyebabkan gangguan pada jantung, penyakit jantung serta stroke.

  • Menurunkan berat badan

Memiliki berat badan dalam kisaran normal akan membantu kerja serta memperkuat organ jantung. Selain itu, memiliki berat badan dalam kisaran normal juga ikut memperlancar peredaran darah serta mampu menurunkan tekanan darah.

Berat badan yang berlebihan akan membuat semua otot tubuh bekerja lebih keras, termasuk otot jantung dalam memompa darah keseluruh tubuh. Berat badan berlebihan juga dapat memicu terjadinya penyakit lain yang berbahaya, seperti diabetes, hipertensi serta stroke.

  • Kurangi konsumsi makanan berlemak
makanan berlemak yang berbahaya bagi kesehatan

makanan berlemak yang berbahaya bagi kesehatan

Lemak diperlukan oleh tubuh kita sebagai cadangan energy serta melarutkan berbagai vitamin yang penting bagi kesehatan tubuh kita. Mengkonsumsi makanan yang kaya lemak akan meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh kita serta menyebabkan terjadinya penimbunan lemak. Kondisi seperti ini nantinya akan membuat aliran darah dalam tubuh menjadi tidak lancar serta membahayakan kondisi organ jantung.

Maka dari itu, untuk mencegah jantung lemah, sebaiknya kurangi konsumsi makanan berlemak. Hal seperti ini akan memperbaiki profil kolesterol serta membuat organ jantung menjadi lebih sehat.

  • Waspada terhadap penyakit lain yang berhubungan dengan jantung

Kelebihan kolesterol serta diabetes merupakan factor resiko terjadinya penyakit jantung. Maka dari itu anda wajib memeriksa kadar kolesterol anda serta mencegah terjadinya penyakit diabetes. Selalu menjaga kondisi tubuh serta berkonsultasi dengan dokter ahli merupakan cara yang baik untuk mencegah terjadinya penyakit-penyakit yang berbahaya yang bisa mengganggu kerja jantung.